KIAT-KIAT HIDUP SEHAT DAN BELAJAR DENGAN SENANG DAN SEMANGAT DI MASA PANDEMI COVID 19 BAGI SISWA SD DAN SMP
Abstrak
Sejak virus Corona melanda hampir seluruh negara di dunia pemerintah melakukan mengeluarkan peraturan-peraturan untuk mengubah kegiatan pembelajaran menuju sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pada dasarnya semua masyarakat Indonesia memahami betul bahwa kesehatan merupakan prioritas utama tetapi pada kenyataannya, dengan model PJJ ini muncul kendala-kendala, baik dari siswa, orang tua siswa, maupun guru. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema belajar dengan perasaan senang dan penuh semangat dengan tetap hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Masyarakat sasaran adalah siswa sekolah dasar dan sekolah menengah. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan alternatif-alternatif yang dapat dilakukan dalam proses belajar mengajar (PBM) agar para siswa tidak merasa tertekan dan bosan. Metode yang dilakukan metode pendidikan masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan juga pelatihan kepada para siswa sebagai mitra. Aktivitas yang dilakukan bersama mitra dilakukan secara onlein atau blended. Hasil yang diperoleh mitra sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan. Hal yang perlu diperhatikan dalam PJJ bahwa tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikolosial perlu di pertimbangankan. Olah raga ringan dan games edukatif sangat efektif dalam menghilangkan rasa kelelahan dan kejenuhun para siswa,
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Desmita. (2009). Psikolohi Perkembangan Peserta Didik, Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Teraampil - Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 2 Nomor 1, ISSN 2355-1925, 115-125.
gurupendidikan. (2021, Maret 3). grup guru pendidikan. Retrieved from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendidikan: GuruPendidikan.CO.ID
kemdikbud. (2021, Maret 10). Rumah Belajar. Retrieved from https://belajar.kemdikbud.go.id/: https://belajar.kemdikbud.go.id
kompas, n. (2018, Mei 4). https://nasional.kompas.com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2018/05/04/20442371/indonesia-daftarkan-16056-pulau-bernama-ke-pbb).: https://nasional.kompas.com
Madziatul, Churiyah; Sholikan; Filianti; Sakdiyyah, Dewi Ayu. (2002). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. Malang. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding State University of Malang, 497.
N., M. (2020). Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Terapan Universitas Indonesia, 2(2)., 14-19.
Sofiatin, Y. (2021, Februari 6). Hidup Sehat di Masa Pandemi. (N. Purnomowulan, & M. K. 35, Interviewers)
Susmiati, E. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan-http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index, 210-215.
Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter bagi Remaja. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 256-269.
Wijayanti, P. A. (2021, Februari 6). Belajar Senang, Hidup Lebih Bahagia, Nilai yang Lebih Baik. (N. M. Purnomowulan, Interviewer)
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v10i3.32574
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: