PENERAPAN POLA NABR DAN TANGIM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH AL-KALAM MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UMM
Abstrak
Penerapan pola Nabr dan Tangim dalam meningkatkan memampuan maharah al-Kalam Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa dengan menggunakan Nabr (Tekanan), dan Tangim (Intonasi) yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Salah satu pemanfaatan juga adalah dapat membantu mahasiswa dalam memahami mata kuliah maharah al-kalam dalam waktu yang singkat. Metode pelaksanaan pendampingan diawali dengan Sosialisasi dengan mahasiswa. Tahapan selanjutnya ialah penyusunan handout Nabr dan Tangim. Tahap pelaksanaan pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) kali pertemuan. Selanjutnya, evaluasi akhir akan dilaksanakan kepada peserta pendampingan dalam bentuk Praktek. Tahap akhir yaitu analisis keterlaksanaan pendampingan . Hasil Pengabdian yang dilaksanakan oleh pengusul bahwa sekitar 30 Mahasiswa mampu berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar yang sesuai dengan situasi dan kondisi.
The application of Nabr and Tangim patterns in improving the ability of maharah al-Kalam Students of Arabic Language Education Program of Muhammadiyah University of Malang aims to improve students' Arabic language skills in accordance with the situation and conditions. One of the uses is also to help students in understanding the course maharah al-kalam in a short time.The method of implementation of mentoring begins with Socialization with students. The next stage is the preparation of Nabr and Tangim handouts. The training stage is held for 10 (three) meetings. Furthermore, the final evaluation will be conducted to the participants in the form of practice. The final stage is the analysis of the implementation of mentoring. The results of the devotion carried out by the author that about 30 students are able to speak Arabic well and correctly in accordance with the situation and conditions.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anis, I. (1979). Al Ashwat al Lugowiyah.
Maktabah Anjalu.
Book, S., & Sibawaih, K. (n.d.). Al ashwat al
lughawiyah inda sibawaih.
M. Nur Sholihin. (2020). Peran Ilmu Al-
Ashwat dalam Pelafalan Huruf Hijaiyah (KajianTeoritik Linguistik Terapan). Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 110–127.
Malla, A. B. (2017). Al - Aswat indal Arab
baina Al - Qadim wal Hadits. 16(2), 66–68.
Marlina, L., Ag, M., & Ashwat, P. I. (n.d.).
Pengantar ilmu ashwat.
Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-
Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03
Muhammad Basyar, K. (1980). Ilmu Lughoh
al Am. Daarul Ma’arif.
Rosyidi, A. W. (2016). Penerapan Pola Nabr
Dan Tanghim Dalam Maharah Al Kalam Mahasiswa Indonesia. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 11(1), 45. https://doi.org/10.18860/ling.v11i1.3438
Sinjai, I. (2020). Pengaruh ilmu ashwat
terhadap keterampilan berbicara mahasiswa pendidikan bahasa arab di iaim sinjai. 2(2), 25–32.
Sugiyono. (n.d.). Pedoman Penelitian Bahasa
Lisan: Fonetik. Departemen Pendidikan Nasional: Pusat Bahasa.
Umam, C. (1980). Aspek-Aspek Fundamental
Dalam Mempelajari Bahasa Arab. Al Ma’arif.
Zahroh, h., & fitriani, n. (2020). Identifikasi
posisi an-nabr dalam kartun muhsin wa mahasin episode at-tafakhur. 229–248.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.32811
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: