WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU BAHASA JAWA SMA DAN SMK DI KOTA SEMARANG
Abstrak
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru-guru bahasa Jawa masih merasakan kesulitan menyusun karya ilmiah, padahal menulis karya tulis ilmiah merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru dalam rangka memperolah angka kredit kenaikan jabatan dan peningkatan kualitas pengelolaan kelas. Berkaitan dengan kondisi tersebut, tim pengabdi berupaya untuk menjadi fasilitator terhadap permasalahan yang dihadapi oleh guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa SMA dan SMK Kota Semarang untuk mengadakan program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop. Tujuan program ini adalah meningkatkan pemahaman guru tentang menulis artikel ilmiah dengan topik pengajaran bahasa Jawa serta cara mengirimkan artikel jurnal tersebut melalui OJS (Open Journal System). Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Keberhasilan kegiatan workshop diukur dengan indikator pemahaman sistematika jurnal, kemampuan menulis pendahuluan, kemampuan menulis hasil dan pembahasan, kemampuan menulis kesimpulan, dan kemampuan mengirim artikel jurnal secara online melalui sistem OJS. Hasilnya terjadi peningkatan kemampuan guru dalam 5 indikator di atas sebesar 26%. Rata-rata kemampuan awal sebelum mengikuti kegiatan workshop adalah 5,6 menjadi 7,6 setelah mengikuti kegiatan workshop.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
(2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.34850
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: