KOMIK SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN UNTUK PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran jarak jauh siswa sekolah di tahun 2020 yang dianggap kurang efektif, menyebabkan pemerintah berencana untuk memulai sekolah tatap muka ditahun ajaran baru 2021/2022. Sejumlah protokol kesehatan perlu disosialisasikan pada siswa sekolah dasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan protokol kesehatan dalam rangka persiapan pembelajaran tatap muka di Kabupaten Sumedang. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa sekolah dasar, orang tua siswa, guru, dan perangkat desa di Desa Citali Kabupaten Sumedang. Sosialisasi protokol kesehatan ini menggunakan metode storytelling melalui media komik. Untuk mengukur bertambahnya pengetahuan siswa kami melakukan test sebelum dan sesudah kegiatan. Focus Group Discussion digunakan untuk mengetahui tanggapan orang tua, guru dan perangkat desa terkait komik sebagai metode promosi kesehatan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengetahuan siswa mengenai protokol kesehatan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah bertambah walau tidak signifikan. Guru, orang tua serta tokoh masyarakat memberikan tanggapan positif pada komik “Sehat ceria di Masa Pandemi” sebagai media promosi protokol kesehatan bagi siswa Sekolah Dasar. Simpulan dari penelitian ini adalah komik sebagai media sosialisasi protocol kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan yang baik sebesar 90,1% dan cukup baik sebesar 9,1% bagi anak anak serta meningkatkan kesadaran anak-anak dalam menjalankan protokol kesehatan untuk persiapan pembelajaran tatap muka.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ansari, Rasid., Suwarni, Linda., Selviana, Rachmawati, M. (2020). Media Komik Sebagai Alternatif Media Promosi Kesehatan Seksualitas Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(1), 10–14.
Arum, A. E., & Susilaningsih, E. (2020). Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. (pp. 438- 434). UNNES.
Brunner & Suddarth. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal , Alih Bahasa : Waluyo Agung, Yasmin Asih, Juli, Kuncara, I Made Karyasa. Jakarta : EGC.
Green, M. (2004). Storytelling in teaching. American Psychology Society Observer, 77(4), 1–8.
Kemdikbud RI. (2020, September 2). Youtube Kemdikbud RI. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=0WQJR2-F8eo
Kemendikbud RI. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat coronavirus disease (covid-19). Kementerian Pendidikan Republik indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coroa Virus Disease 2019` . Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021, April 20). Main: Blog. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/dampak-negatif-satu-tahun-pjj-dorongan-pembelajaran-tatap-muka-menguat
Novari, A. F. (2020). Optimalisasi Minat Baca Anak Desa Medalsari di Masa Pandemi Melalui Story Telling. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 646–655.
Palgunadi, I. N. P. T. (2020). Komik Sarana Promosi Kesehatan Untuk Mengubah Cara Menggosok Gigi Anak Sekolah Dasar. Webinar Nasional Universitas Maharaswati “ Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi Covid 19,” 41–48.
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 9-15. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/JPM/article/view/732
Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021, September 3). Peta Sebaran. Retrieved from https://covid19.go.id/peta-sebaran
Schell, E. (2004). The art of storytelling. Colonial Williamsburg Teacher Gazette, 6(2). Retrieved From http://www.history.org/history/teaching/enewsletter/archives/enews0204.cfm
Setiawan, Eko. Dewi, Mutiara Sari., Ummah, Salimatul. (2020). Storytelling Melalui Daring Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 163–173.
Supariasa, I. D. N. dkk. (2013). Penilaian Status Gizi (Edisi Revisi). Buku Kedokteran EGC.
Syani, A. (2007). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardiah, D. (2017). Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca dan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Wahana Didaktika, 15(2), 42–56.
Zacher, J. (2006). I know about the Holocaust! Reading and identity in a diverse fifth-grade classroom. The California Reader, 40(1), 26–32.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.35630
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: