OPTIMALISASI PENJUALAN BAHAN PANGAN OLEH PETANI DAN UMKM DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DIGITAL
Abstrak
Berkembangnya teknologi menjadikan pola kehidupan masyarakat berubah, penjualan bahan pangan memasuki era baru yang dilakukan secara online. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi petani dan UMKM untuk mengoptimalkan penjualan dengan memanfaatkan platform di smartphone dan komputer. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2021 sampai dengan 10 Agustus 2021 adalah untuk meningkatkan kewirausahaan petani dan UMKM melalui teknologi digital supaya dapat menjual produk pertaniannya secara mandiri. Metode Pendekatan terhadap pengabdian ini melalui kombinasi 2 (dua) metode, yaitu sebagai berikut: (1) Substitusi Ipteks dan pendidikan masyarakat dengan in-house training. Hasil pengabdian, yaitu pengoptimalan penjualan bahan pangan dengan memanfaatkan platform: situs, jejaring sosial, lokapasar, dan aplikasi pesan. Untuk penggunaan platform yang tepat dilakukan pemetaan berdasarkan klasifikasi kuantitas penjual dan memilih aplikasi yang tingkat penggunanya besar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ani Mardatila. (2021). Mengenal Pengertian Website, Ketahui Jenis dan Fungsinya. https://www.merdeka.com/sumut/pengertian-website-fungsi-beserta-jenis-jenisnya-kln.html, diakses 1 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB.
Jurnal Dharmakarya, (2017). Pedoman Penulis,”, hlm. 2.
Monavia Ayu Rizaty. (2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa, diakses 1 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB.
Raposo, M., & Paço, A. (2011). Entrepreneurship Education: Relationship Between Education And Entrepreneurial Activity. Psicothema, hlm. 453-457.
Robert Marco. (2017). Analisis sistem informasi e-marketplace pada Usaha kecil menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan. Jogjakarta: Jurnal Ilmiah DASI Vol. 18. No. 2. Hlm .48.
Shaheen, Sadia dan Qaisar Ali Malik. (2012). The Impact of Capital Intensity, Size of Firm and Profitability on Debt Financing in Textile Industry of Pakistan. Interdiciplinary Jurnal of Contemporary Research in Bisnis, Vol.3, No.10, pp. 1061-1066.
Syakur Usman (2021). Hebat, Jumlah Pengguna Domain .id Tertinggi di ASEAN. https://www.merdeka.com/teknologi/hebat-jumlah-pengguna-domain-id-tertinggi-di-asean.html, diakses 1 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB.
Viva Budy Kusnandar. (2021). Indonesia Pengguna Facebook Terbesar Kedua di Asia Setelah India. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/13/indonesia-pengguna-facebook-terbesar-kedua-dia-asia-setelah-india, diakses 1 Oktober 2021, pukul 09.00 WIB.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.36093
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: