PELATIHAN REVIEW POHON KINERJA DAN EVALUASI PENYUSUNAN LKJIP ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI KABUPATEN SUKOHARJO
Abstrak
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah adalah instrumen untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas, fungsi dan peran OPD dalam pengelolaan sumberdaya dan sumber dana serta kewenangan yang ada yang dipercayakan kepada publik guna pencapaian tujuan organisasi. Permasalahan yang dihadapi kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah adalah dalam tiga tahun terakhir berada di ranking paling bawah penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah Jawa Tengah selama beberapa tahun terakhir dan bertekad menaikkan posisi menjadi nilai B. Penanggung jawab pembinaan Perangkat daerah supaya nilai akuntabilitas kinerja baik adalah bagian organisasi Sekretariat Daerah. Oleh karena itu, Tim Pengabdi bermitra untuk membantu meningkatkan kapasitas staf perencana di Perangkat Daerah. Metode yang digunakan adalah teknik “Participatory Community Problem Based Solving”. Teknik pelatihan terdiri dari: (i) penyampaian materi untuk membekali konsep; (ii) bedah kasus salah satu indikator kinerja utama daerah; (iii) praktik bersama menyusun pohon kinerjanya; (iv) praktik di tim kelompok kerja berdasar rumpun urusan; (v) peserta mempresentasikan hasil kerja; (v) narasumber (tim pengabdi) memberikan review atas hasil kerja kelompok. Output dari pelatihan adalah: (i) dihasilkan cascading kinerja; (ii) dihasilkan sampel narasi evaluasi capaian 1 indikator kinerja utama perangkat daerah tahun N-1. Simpulan, hasil pengabdian ini meningkatkan pengetahuan peserta tentang bagaimana menyusun pohon kinerja Perangkat daerah berbasis Logicl Framework. Disamping itu juga meningkatkan keterampilan peserta menyusun narasi capaian kinerja pada dokumen Laporan Kinerja Instansi Perangkat Daerah.
Government Agencies Performance Report is an instrument to account for the implementation of the duties, functions and roles of OPD in managing resources and sources of funds and existing authorities entrusted to the public in order to achieve organizational goals. The problem faced by Sukoharjo Regency, Central Java Province, is that in the last three years it has been at the bottom of the Central Java Government Performance Accountability System assessment for the past few years and is determined to increase its position to a B value. part of the Regional Secretariat organization. Therefore, the Service Team partnered to help increase the capacity of planning staff in the Regional Apparatus. The method used is the "Participatory Community Problem Based Solving" technique. The training techniques consist of: (i) delivery of materials to equip concepts; (ii) examine the case of one of the main regional performance indicators; (iii) joint practice of compiling a performance tree; (iv) practice in working group teams based on family of affairs; (v) participants present their work; (v) resource persons (service team) provide a review of the results of group work. The training materials consist of: (i) reviewing the logical framework of the performance tree and business processes for achieving regional strategic targets; (ii) measuring performance achievements; (iii) narrate the measurement results to a performance report document as a means of communication of accountability to the public. The outputs of the training are: (i) generated cascading performance; (ii) a sample narrative of the evaluation of the achievement of 1 main performance indicator of regional apparatus is produced in N-1. In conclusion, it is necessary to follow up in the form of regular desk evaluations for each OPD to ensure there is an improvement in skills in compiling narratives of performance achievements in the Performance Reports of Regional Apparatus Agencies.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Indonesia. 2014. Pemerintah Republik Indonesia. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: Pemerintah Pusat
Indonesia. 2017. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Permen PAN & RAB Nomor 53 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2022. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat edisi IX tahun 2022, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2022
Wicaksono, R.B.E.2022. Pemkab Sukoharjo Evaluasi Besar-Besaran demi Dongkrak Peringkat SAKIP, 14 Januari. (Available: https://www.solopos.com/pemkab-sukoharjo-evaluasi-besar-besaran-demi-dongkrak-peringkat-sakip-1236538)
Wicaksono, R.B.E. 2020. 2 Tahun Akuntabilitas Kinerja Pemkab Sukoharjo Terendah Se-Jateng, Warga: Jangan Sampai Hattrick! (Available: https://www.solopos.com/2-tahun-akuntabilitas-kinerja-pemkab-sukoharjo-terendah-se-jateng-warga-jangan-sampai-hattrick-1048997)
Wahyunengseh, R.D. et al. 2018. “Mapping Efektivitas Kinerja Kegiatan terhadap Pencapaian Indikator Kinerja Program Kota Magelang Tahun 2018, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Magelang, 2018, tidak dipublikasikan.
Kementerian PAN dan RB. 2021. Juli 27. Presiden Jokowi Luncurkan BerAKHLAK untuk Percepatan Transformasi ASN. (online). Available : https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/presiden-jokowi-luncurkan-berakhlak-untuk-percepatan-transformasi-asn
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.40766
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: