Abstrak
TOEFL (Test of English Foreign Language) sering dijadikan salah satu prasyarat kelulusan akademik, pendaftaran beasiswa, melamar pekerjaan dan tujuan akademik atau non-akademik lainnya. Rata rata persyaratan minimal nilai TOEFL yang diminta minimal berkisar dari 450 – 550. Sayangnya masih banyak mahasiswa atau masyarakat umum yang kesulitan untuk mencapai persyaratan nilai minimal TOEFL. Oleh karena itu tim dosen Bahasa Inggris Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya berinisiatif untuk melakukan pengbdian masyarakat berupa pelatihan TOEFL. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa Universitas Brawijaya atau masyarakat umum yang butuh untuk meningkatkan atau mencapai nilai TOEFL yang ditargetkan sebagai prasyarat akademik. Adapun bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan dan simulasi TOEFL Equivalent Test yang difokuskan pada penyampaian strategi untuk mengerjakan soal TOEFL serta tips dan trik untuk mencapai passing grade yang menjadi prasyarat. Kegiatan pengabdian ini akan diadakan secara daring melalui platform Zoom Meeting agar memudahkan peserta yang berada di luar Universitas Brawijaya atau kota Malang mengikuti pelatihan ini. Durasi pengabdian masyarakat ini kurang lebih tiga bulan, meliputi pembuatan draft materi pelatihan, pelatihan TOEFL secara intensif, dan simulasi TOEFL. Hasil dari pelatihan ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta merasa terbantu dengan pemberian materi strategi TOEFL yang sekaligus dipraktekkan melalui simulasi TOEFL. Kedepannya pelatihan serupa akan diadakan lagi dengan materi yang lebih intensif.
Kata Kunci
bahasa Inggris; keterampilan bahasa; pelatihan TOEFL
Referensi
Herwandar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi ”TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3), 179. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Philips, D. (2004). Longman introductory course for the TOEFL test: The paper tests. New York: Pearson Education.
Sudirman, A. (2020). Peningkatan kompetensi Bahasa Inggris bagi dosen-dosen Unma Banten melalui pelatihan “TOEFL strategies and predictions.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271–278. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/441
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 36. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Zimmermann, J., von Davier, A. A., Buhmann, J. M., & Heinimann, H. R. (2018). Validity of GRE General Test scores and TOEFL scores for graduate admission to a technical university in Western Europe*. European Journal of Engineering Education, 43(1), 144–165. https://doi.org/10.1080/03043797.2017.1343277