PENGUATAN UMKM MELALUI PENGEMBANGAN PENGOLAHAN HASIL LAUT DI DESA KADUARA BARAT KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN
Abstrak
Usaha mikro kecil dan menengah merupakan bidang usaha yang berkontribusi besar bagi perekonomian nasional. Desa Kaduara Barat memiliki potensi ekonomi yang besar di mana terdapat kurang lebih 800 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tercatat di desa tersebut. Namun, sebagian besar UMKM di desa Kaduara Barat masih belum berkembang secara optimal karena keterbatasan pengetahuan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan benar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas kewirausahaan mereka dalam memasarkan produk berupa pengolahan ikan laut untuk meraih kesuksesan di pasar. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan metode Asset Based Community Development (ABCD) yang di dalamnya berisi pelatihan dan pendampingan. Hasil dari pengabdian ini adalah pelaku UMKM mampu menyusun strategi bisnis dan memasarkan produknya secara digital dengan optimal sehingga mereka bisa memperluas jangkauan pasarnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananda, W., Riono, S. B., Syaifulloh, M., & Utami, S. N. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 08–14.
Astrina, F., Afrida, A., Welly, Ningsih, N. H., Yanti, D., Yuliachtri, S., & Mirosa, P. (2021). Pelatihan Kewirausahaan, Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu II. Suluh Abdi : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 113–122.
Atmojo, M. E., & Kusumo, M. P. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 378–385. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8214
BPS. (2023). Kabupaten Pamekasan Dalam Angka. BPS.
Dewi, M. W., Kusuma, I. L., Kristiyanti, L., Fitria, T. N., & Budiyono, B. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Tasikmadu Karanganyar. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.4304
Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310
Harinie, L. T., Hukom, A., & Juma’eh, J. (2020). Pendampingan dalam Memasarkan Produk Hasil Usaha UKM melalui Penggunaan Media Sosial di Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–59. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.179
Hidayat N, R., & Andarini, S. (2020). Strategi Pemberdayaan UMKM Di Pedesaan Berbasis Kearifan Lokal Di Era Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Bisnis Indonesia (JBI).
Maulana, A., Novalia, N., Rosa, A., & Yunita, D. (2021). Peningkatan Kapasitas Wirausaha Desa Melalui Pelatihan Pembuatan Rencana Bisnis. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 133–142. https://doi.org/10.35912/jpm.v2i3.674
Mulyana, N., & Ishartono, I. (2018). Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 31. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i1.16026
Nurwanti, Y. D., Rosita, M., Chainaris, N. W., Indriyani, S., Sarjono, T., Andryanza, W. D. C., Pangestu, Y. D., & Aditia, R. (2022). Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kadokan. WASANA NYATA, 6(2), 137–147. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1305
Prabowo, M. A., Robin, M., Rohman, F., Permana, G., Qomaruddin, M. T., Rahma, D., & Hidayani. (2023). Peran Pengabdian Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 30–34.
Priyatna, C. C., Prastowo, F. A. A., & Syuderajat, F. (2020). Digital marketing untuk usaha mikro kecil menengah (Studi kasus pada Coffeestrip Bandung). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(4), 283-288.
Saepuloh, A., Suryani, Y., & Halimah, H. (2023). Pendampingan UMKM Sale Pisang Melalui Strategi Repackaging, Rebranding, Dan Digital Marketing. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 187–192. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.19498
Singh, R. P. (2008). The Shortage of Academically Trained Entrepreneurship Faculty: Implications, Challenges, and Opportunities. Journal of entrepreneurship education, 11.
Siregar, G., Arda, M., Damanik, W. S., Saragih, S. A., Popy, & Zulham, M. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Kelompok Tani Keloria. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 60–63.
Sulistyanto, A., Dwinarko, Syafrizal, T., & Mujab, S. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jurnal Abdidas, 2(1), 34–40. https://doi.org/: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199
Wibowo, A., Dianta, K., Effendi, M. S., Kuncoro, H., Saptono, A., & Mukthar, S. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pemasaran UMKM Berbasis Digital Di Desa Cisaat. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16. https://doi.org/10.25273/dedukasi.v2i1.12968
Yuniarti, A., Nurwana, A., & Jamaluddin, A. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Pammana Kabupaten Wajo. Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 34–40.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v13i2.50468
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: