PENGUATAN KOMPETENSI MENULIS ARTIKEL ILMIAH BERBASIS HASIL PTK UNTUK GURU BAHASA DI SMA KABUPATEN BANDUNG DAN SEKITARNYA
Abstrak
Penulisan karya ilmiah merupakan upaya penting untuk meningkatkan kemampuan guru dan menjadi syarat utama bagi kenaikan jenjang karir guru di Indonesia, sesuai dengan PP Nomor 74 tahun 2008. Namun, terdapat kendala bagi banyak guru dalam menuangkan hasil penelitian mereka ke dalam artikel ilmiah. Faktor-faktor seperti kurangnya kebiasaan menulis, ketidakpahaman tentang konsep penulisan, minimnya motivasi, keterbatasan waktu, dan kurangnya referensi membuat guru kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru bahasa di SMA dalam menulis artikel ilmiah yang siap publikasi. Melalui metode pelatihan exploratory mixed methods, kegiatan ini memandu guru dalam mengembangkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi artikel ilmiah. Data yang dikumpulkan meliputi tahap pra-pelatihan, pelatihan, dan pasca-pelatihan, dengan kegiatan dilaksanakan secara daring untuk mengakomodasi guru dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Hasil pra-pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum berpengalaman dalam mempublikasikan artikel. Sesi pelatihan berfokus pada penulisan artikel ilmiah dan melibatkan diskusi aktif tentang penelitian PTK dan tantangan dalam menulis laporan penelitian. Kendala utama yang dihadapi adalah terkait dengan referensi. Setelah pelatihan, guru berhasil menghasilkan draf artikel ilmiah dengan pendampingan dosen. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru bahasa SMA untuk menulis artikel ilmiah berbasis penelitian PTK.
Writing scientific papers is an important effort to enhance teachers' capabilities and is a primary requirement for career advancement in Indonesia, as per Government Regulation No. 74 of 2008. However, many teachers face challenges in translating their research findings into scientific articles. Factors such as infrequent writing habits, lack of understanding of writing concepts, limited motivation, time constraints, and a shortage of references hinder teachers in scientific article writing. This community service activity aims to strengthen the competencies of high school language teachers in writing publishable scientific articles. Through exploratory mixed methods training, this activity guides teachers in developing their Classroom Action Research (CAR) findings into scientific articles. Data collected includes pre-training, training, and post-training phases, with activities conducted online to accommodate teachers from various regions in West Java. Pre-training results show that most teachers lack experience in publishing articles. The training sessions, focusing on scientific article writing, involved active discussions about CAR research and challenges in research report writing. The main obstacle faced was related to references. Post-training, teachers successfully produced drafts of scientific articles with faculty guidance. These results indicate that the training effectively improves the competencies of high school language teachers in writing scientific articles based on CAR research findings.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agdia, P., & Syafei, R. (2020). Kinds of writing difficulties in academic writing faced by english teachers of SMKN 8 padang. Journal of English Language Teaching, 9(2), 417–427.
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2018). Core Mixed Methods Designs: In Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publications.
Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas pada guru SMP. Jurnal ABDI, 2(2),7-17. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.
Emaliana, I. (2020). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Haryati, I., Santoso, I., Sudarmaji, Rikfanto, A., Mulyati, R. E. S., & Megawati, S. (2022). Upaya meningkatkan kompetensi guru-guru bahasa jerman melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214
Herr, K., & Anderson, G. L. (2015). The Action Research Dissertation: A Guide for Students and Faculty (2nd Edition). Sage Publications.
Hyland, K. (2009). Academic Discourse: English in A Global Context. Continuum.
Koryati, D., Pratita, D., Fatimah, S., Barlian, I., & Mardetini, E. (2019). Pendampingan penulisan proposal penelitian tindakan kelas dan artikel ilmiah bagi guru di SMAN 3 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 139–147. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.10171
Máirín, G., Sullivan, B., Roche, M., & McDonagh, C. (2023). Action Research for the Classroom: A Guide to Values- Based Research in Practice. Routledge.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru bagi guru profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.
Scanlon, L. (2018). The Role of Research in Teachers’ Work. Routledge.
Setiadi, R. (2016). Kemampuan menulis akademik guru mata pelajaran non-bahasa Di Jawa Barat. Litera, 15(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/ltr.v15i1.9766
Suyanto, & Jihad, A. (2014). Cara Cepat Belajar Menulis Karya Ilmiah. Multi Presindo.
Swales, J. M. (2004). Research Genres: Explorations and Applications. Cambridge University Press.
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234
Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari,
S. (2021). Analisis kesulitan guru SD di Lombok Utara dalam penyusunan karya ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692
Yanti, N., Hiasa, F., & Arono, A. (2018). Pelatihan penulisan karya ilmiah pada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Di SMA/SMK Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 16(1), 81–88. https://doi.org/10.33369/dr.v16i1.4829
Zaini, F. K., Sa’dullah, A., & Sulistiono, M. (2021). Implementasi hybrid learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 103-112.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v13i3.51303
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: