PENGUATAN LITERASI DIGITAL BERBASIS AI GURU BAHASA INGGRIS SMA KABUPATEN PEKALONGAN
Abstrak
Studi tentang penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pengajaran bahasa Inggris telah menyoroti potensinya untuk meningkatkan pembelajaran. Namun, dari hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 79% guru Bahasa Inggris anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Pekalongan belum mengadopsi teknologi ini. Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penggunaan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Bentuk Pengabdian berupa pelatihan kepada guru-guru MGMP Bahasa Inggris SMP yang dilaksanakan pada 5 Maret 2023 di Aula SMK Muhammadiyah Kajen dengan topik tentang tantangan dan peluang penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pelaksanaan pengabdian melibatkan tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan laporan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa setelah mengikuti penelitian, guru menunjukkan kesadaran dan adopsi positif terhadap teknologi AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ditunjukkan dengan jawaban survei pasca pelatihan 93% peserta akan menggunakan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil pengabdian ini Ini diharapkan akan meningkatkan kualitas dan inovasi pembelajaran Bahasa Inggris terutama di sekolah-sekolah SMP di Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cojean, S., Brun, L., Amadieu, F., & Dessus, P. (2023). Teachers’ attitudes towards AI: what is the difference with non-AI technologies? The 45th Annual Meeting of the Cognitive Science Society, 2069–2076. https://escholarship.org/uc/item/0r55s1jb
Harmawan, T. A., & Makmur, A. (2023). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Aplikasi Chatgpt sebagai Salah Satu Media Pendukung Pembelajaran. Perspektif Ilmu Pendidikan, 37(2), 130–138.
Huang, L. (2022). An empirical study of integrating information technology in English teaching in artificial intelligence era. Scientific Programming, 2022.
Jiang, D., Pei, Y., Yang, G., & Wang, X. (2022). Research and analysis on the integration of artificial intelligence in college English teaching. Mathematical Problems in Engineering, 2022.
Khan, U. A. (2023). The unstoppable march of artificial intelligence: The dawn of large language models.
Liu, A., & Kong, D. (2021). Research on the teaching mode of college English based on artificial intelligence. Journal of Physics: Conference Series, 1848(1), 12117.
Lo, C. K. (2023). What is the impact of ChatGPT on education? A rapid review of the literature. Education Sciences, 13(4), 410.
Mccarthy, J. (2004). What is artificial intelligence? (this source different from the thesis group). Computer Science Department, Stanford University, 1–14. http://www-formal.stanford.edu/jmc/
O’Farrell, J., & Weaver, C. (2024). Technology and Transformation: Redefining Higher Education for Generations Z and Alpha. Available at SSRN 4833043. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4833043
Shidiq, M. (2023). The use of artificial intelligence-based chat-gpt and its challenges for the world of education; from the viewpoint of the development of creative writing skills. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 1(1), 353–357.
Solihat, R. K., & Wulandari, H. (2023). Persepsi Guru PAUD Terhadap Artificial Intelligence di Kota Purwakarta. Jurnal Golden Age, 7(2).
Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745–26757.
Yong, Q. (2020). Application of artificial intelligence to higher vocational English Teaching in the Information Environment. Journal of Physics: Conference Series, 1533(3), 32030.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v14i1.59346
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: