SOSIALISASI APLIKASI KAHOOT, MENTIMETER DAN SKETCHFAB UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI MTs TARBIYATUL FALAH BEKASI
Abstrak
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Falah adalah MTs yang berlokasi di Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan para guru, menghadapi tantangan berupa rendahnya interaksi siswa di kelas, yang berdampak pada menurunnya motivasi belajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya interaksi dan motivasi belajar siswa di MTs Tarbiyatul Falah dengan memperkenalkan dan mensosialisasikan penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, Kahoot, Mentimeter, dan Sketchfab, sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar di kelas. Metode pelaksanaan berupa sosialisasi dan pelatihan kepada 9 guru dengan memperkenalkan fitur dan penggunaan aplikasi Kahoot, Mentimeter, dan Sketchfab yang dapat disesuaikan dengan materi ajar dan mendorong partisipasi aktif siswa. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test serta penyebaran kuesioner kepuasan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 89 dan post-test sebesar 99. Selain itu, para peserta menyatakan puas terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan menilai aplikasi yang diperkenalkan sangat relevan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Namun, implementasinya memerlukan perencanaan jadwal yang intensif serta pengawasan dari pihak guru agar tetap selaras dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, S., Ramadani, A. F., Wulandari, A. E., & Astutik, C. (2025). Pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran interaktif siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3(1), 388–401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565
Amalia, R., Nawir, M., & Nurindah. (2022). Efektivitas penggunaan Kahoot sebagai media evaluasi pembelajaran kelas VII SMP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i2.100
Elindasari, D. A., Hastuti, W. S., Wibowo, S. E., & Suyitno. (2023). Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi bagi mahasiswa PGSD dalam pembelajaran PPKn sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.62994
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi / ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2), 39–46. https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jft/article/view/83
Fitriyati, D., Alfiana Rosyidah, F., Nurhadi, M., & Yuliana, Y. (2023). Analisis Penggunaan Mentimeter Pada Kegiatan Refleksi Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 4, 16–20. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/3037
Ismail. (2019). Pentingnya sosialisasi bagi anak (studi kajian sosiologi pendidikan). JISA (Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama), 2(1), 27–41. http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v2i1.5406
Kahoot! (2013). About Kahoot!. Diakses pada 3 Februari 2025, dari https://kahoot.com/company/
Khalif, M. I., Syauqy, D., & Maulana, R. (2017). Pengembangan sistem penghitung langkah kaki hemat daya berbasis Wemos D1 Mini. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(6), 2211–2220. Diakses dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1567
Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., Nurapriani, F., & Rahmat. (2024). Penggunaan aplikasi matematika interaktif dalam proses pembelajaran bagi siswa SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan (JPMB), 8(2), 1507–1514. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/23384
Lubis, M. S. (2021). Belajar dan mengajar sebagai suatu proses pendidikan yang berkemajuan. Jurnal Literasiologi, 5(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.222
Lukman, Nuzaibah, D. A., Nurkhalishah, F., Arisa, F. P., & Sam, F. A. A. M. I. (2023). Survey kepuasan konsumen pada kualitas layanan front office staff PT. Mandala Multifinance, Tbk. Cabang Makassar Raya. Journal of Community Dedication, 3(1), 14–26. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/231
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1250
Mentimeter. (2014). About Mentimeter. Diakses pada 3 Februari 2025, dari https://www.mentimeter.com/features/
Mulyadi, A., & Kusmiyati. (2024). Penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan dasar siswa sekolah dasar di UPTD SD Negeri Dlambah Laok 2 Tanah Merah. Maktab: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(3), 136–146. https://journal.citradharma.org/index.php/maktab/article/view/1202
Mulyati, T. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 005 Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir tahun pelajaran 2018/2019. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i2.133
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/165024/pp-no-57-tahun-2021
Savira, A. N., Fatmawati, R., Rozin, Z. M., & Eko, S. M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Factor M, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963
Sketchfab. (2015). About Sketchfab. Diakses pada 3 Februari 2024, dari https://sketchfab.com/about
Widia, Y. I., Suwasono, P., Wulandari, A. Y. R., Tamam, B., Rosidi, I., Yasir, M., & Setiawan, A. Y. B. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(3), 1. https://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5304
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v14i1.61803
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: