Pelayanan Informasi Obat yang Efektif dari Beberapa Negara untuk Meningkatkan Pelayanan Farmasi Klinik : Review

Larasati Amaranggana

Abstrak


Pelayanan informasi obat merupakan salah satu tugas pelayanan farmasi klinik yang sangat disarankan untuk dilakukan karena termasuk ke dalam standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit berdasarkan Permenkes RI No. 58 tahun 2014. Selain itu, salah satu target kebijakan stratergis (Kesra) Kementerian Kesehatan dari tahun 2010-2014 adalah terlaksananya pelayanan kefarmasian sesuai standar. Beragam strategi sudah dicanangkan oleh pemerintah guna meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit. Sayangnya, data hasil monitoring dan evaluasi tahun 2013 menunjukkan bahwa baru sekitar 14% Rumah Sakit yang dimonitoring telah melakukan Pelayanan Informasi Obat (PIO) yang sesuai, 42% Rumah Sakit yang baru sebagian menerapkan PIO, dan sekitar 44% Rumah Sakit belum menerapkan PIO. Review ini bertujuan untuk memaparkan kondisi pelayanan kefarmasian terutama dalam bidang pelayanan informasi obat di berbagai negara guna memberikan solusi PIO yang efektif untuk diterapkan di Indonesia.


Kata Kunci


Pelayanan Informasi Obat, Pelayanan Farmasi Klinik

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jf.v15i2.12590

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/jf.v15i2.12590.g5762

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Sitasi manajer:   

 

 

Jurnal ini diindeks dalam:

 

 

View My Stats 

ISSN: 1693-1424

e-ISSN: 2716-3075

 

Farmaka by Universitas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Copyright © 2013 Jurnal Farmaka - All Right Reserved