Review: Analisis Pengaruh Sertifikasi ISO sebagai Sistem Manajemen Mutu terhadap Kinerja Perusahaan
Abstrak
International Organization for Standarization (ISO) merupakan suatu organisasi internasional yang bertugas untuk membuat dokumen penetap standar internasional yang meliputi kebutuhan, spesifikasi, panduan atau karakteristik yang digunakan untuk menjamin bahan, proses dan produk bahkan pelayanan sesuai dan cocok dengan tujuan yang dimaksudkan. Tujuan terpenting ISO adalah memastikan bahwa mutu yang diberikan suatu perusahaan tetap terjaga hingga mencapai konsumen. Upaya ini disebut dengan manajemen mutu. Sistem manajemen mutu tertera dalam ISO 9001. Dengan sertifikasi ini, suatu perusahaan dapat meningkatkan efisisensi, efektivitas serta meningkatkan produktivitas dan keuntungannya. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan yang belum tersertifikasi ISO juga dapat memiliki hal-hal positif tersebut. Untuk itu, karya tulis ilmiah ini dilakukan perbandingan antara perusahaan yang bersertifikasi dan tidak bersertifikasi ISO. Penulisan karya tulis ilmiah ini dibuat berdasarkan sistem studi literatur dari jurnal, artikel, ataupun buku yang dicari dengan menggunakan kata kunci seperti sistem manajemen mutu, quality management system principles, ISO 9001 certification, benefits of ISO certification, reasons of ISO decertification. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, hasilnya ditemukan bahwa adanya sertifikasi ISO dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan juga pekerjanya. Adapula penelitian lain yang menunjukkan bahwa sertifikasi ISO tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan dalam segi finansial. Namun, pernyataan tersebut tergolong tidak cukup kuat. Hal tersebut disebabkan karena terdapat penelitian lainnya yang menunjukkan bahwa adanya sertifikasi ISO dapat meningkatkan kinerja perusahaan dari segi finansial. Untuk itu, diharapkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia, terutama yang menyediakan produk dan jasa dapat mensertifikasi perusahaannya agar dapat memberikan kinerja terbaik dengan efisien dan efektif sehingga dapat memuaskan konsumen dan meningkatkan nilai mutu perusahaan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustinus, M. 2017. Ada 3.98 juta perusahaan baru di RI dalam 10 tahun terakhir. Tersedia online di https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3485474/ada-398-juta-perusahaan-baru-di-ri-dalam-10-tahun-terakhir, diakses pada 27 Agustus 2018.
ASQ. 2016. What is the ISO 9000 Standard Series. Available online at http://asq.org/learn-about-quality/iso-9000/overview/overview.html, diakses pada 27 Agustus 2018
Candido, C.J.F., Coelaho, L. M. S., Peixinho, R. M. T. 2016. The financial impact of a withdrawn ISO 9001 certificate. International Journal of Operations and Production Management. 36(1): 23-41
Chatzoglou, P. Chatzoudes, D., dan Kipraios, N. 2015. The impact of ISO 9000 certification on firms’ financial performance. 35(1): 145-174
Chatzoglou, P., Chatzoudes, D., dan Kipraios, N. 2015. The impact of ISO 9000 certification on firms’ financial performance. International Journal of Oberations & Production Management/ 35(1): 145-174
Fatima. 2014. Impact of ISO 9000 on business performance in Pakistan: impications for quality in developing countries. Quality Management Journal. 21(1): 16-24
International Organization for Standarization. 2015. Quality Management Principles. Switzerland: ISO Central Secretariat.
International Standarization Organization. 2017. ISO Survey. Available online at https://www.iso.org/the-iso-survey.html. Accessed 10 October 2018
International Standarization Organization. 2018. Management System Standards. Available online at https://www.iso.org/management-system-standards.html, diakses pada 27 Agustus 2018.
Kafel, P. dan Simon, A. 2017. The reasons for decertification of ISO 9001: Financial Aspects. Quality innovation prosperity. 21(3): 173-184
Keng, T. C. dan Kamal, S. Z. 2016. Implementation of ISO quality management system in construction companies of Malaysia. Journal of Technology Management and Business. 3(1): 1-23.
Mahendra, R. 2016. Tips Memilih Badan Sertifikasi ISO. Tersedia online di https://isoindonesiacenter.com/tips-memilih-badan-sertifikasi-iso/, diakses pada 27 Agustus 2018
Neyestani, B. 2017. Effectiveness of quality management system (QMS) on construction projects. MPRA. doi: 10.5281/zenodo.290272
Wu, S. I dan Chen, J. H. 2011. Comparison between manufacturing companies that are ISO certified and those that are not certified using performance measurement model. Total Quality Management and Business Excellence. 22(8): 869-890
DOI: https://doi.org/10.24198/jf.v17i1.20536
DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/farmaka.v17i1.20536.g12865
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sitasi manajer:
Jurnal ini diindeks dalam:
Farmaka by Universitas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2013 Jurnal Farmaka - All Right Reserved