Review Artikel: Pelayanan Telefarmasi di Masa Pandemi Covid-19

Wifaaq Ulima Putri, Imam Adi Wicaksono

Abstrak


Pelayanan telefarmasi merupakan kegiatan pelayanan penyediaan perawatan kefarmasian melalui penggunaan teknologi telekomunikasi dan informasi kepada pasien dari jarak jauh. Tujuan dibuatnya review artikel ini adalah untuk menganalisis pentingnya pelayanan telefarmasi di masa Covid-19 dengan memberikan gambaran secara singkat tentang pengertian telefarmasi, cara mengimplementasikan pelayanan telefarmasi, peran apoteker dalam pelayanan telefarmasi serta hasil evaluasi pelayanan telefarmasi dari beberapa negara seperti Australia, Amerika Serikat, Spnayol dan Uni Emirat Arab melalui metode review untuk 23 jurnal penelitian. Sehingga dapat diketahui bahwa pelayanan telefarmasi dapat membantu memaksimalkan pelayanan kefarmasian di masa pandemi Covid-19, dan dengan adanya hasil evaluasi dari negara lain, diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Indonesia dalam membuat kebijakan dan prosedur terpadu untuk melaksanakan pelayanan telefarmasi kedepannya.

Kata kunci: Telefarmasi, Peran Apoteker, Evaluasi Telefarmasi


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/farmaka.v19i3.34890

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/farmaka.v19i3.34890.g16537

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Sitasi manajer:   

 

 

Jurnal ini diindeks dalam:

 

 

View My Stats 

ISSN: 1693-1424

e-ISSN: 2716-3075

 

Farmaka by Universitas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Copyright © 2013 Jurnal Farmaka - All Right Reserved