Penerapan Kartu Pintar Fisiologi Manusia dalam Metode Pembelajaran Cooperative Learning

Mutiara Herawati, Suci Hanifah

Abstrak

Semulametodepembelajaranberpusat pada dosen (Teacher Centre Learning), namunkinimetodepembelajaran mulai diubahmenjadiberpusat pada siswa (SCL/Student Centre Learning) yang mana keduanyamemilikikeuntungandankekuranganmasing-masing. Metodepembelajarancooperative learning dengan penerapanjigsawdiharapkan dapat meningkatkanaspekkognitif, psikomotordanafektif mahasiswa. segalaaktivitaspembelajarandidominasiolehketerlibatan mahasiswa didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapankartupintarfisiologimanusia dalam metodepembelajaranCooperative Learning sehingga dapat meningkatkanmotivasidanstrategi dalam belajar mahasiswa, pemahaman mahasiswa sertakelulusan dengan nilai ≥ C mahasiswa. Proses pembelajarandimodifikasi dengan penggunaangoogle classroom untuk meningkatkanpemahaman mahasiswa selama menerima materi. Digunakan pula kuesionerMotivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang merupakanalatukur mandiri yang digunakan untuk mengetahuiorientasimotivasi mahasiswa dalam belajar dan dapat digunakan untuk mengetahuistrategi mahasiswa dalam belajar. Berdasarkan daripertanyaankuesionerdidapatkannilai rata-rata diatas 3 (skalamaksimal 4) yang artinyabahwametodepembelajaran yang diterapkan pada mahasiswa membuat mahasiswa memilikikemampuan untuk diskusi, mencapaitujuanpembelajaran, menstimulasi mahasiswa untuk belajar danmeningkatkanminatsertapemahaman dalam mempelajarimata kuliah fisiologimanusia. Disamping itu, diketahuibahwakelompokperlakuan 62,15 memilikinilai paling tinggidibandingkan dengan kelompokkontrol 59.75 sertameningkatkankelulusan mahasiswa fisiologimanusiadaribaseline 50% menjadi 60%. Metodepembelajaran ini efektifmeningkatkannilai rata-rata akhir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Santos, Cooperative Learning: Penerapan Teknik Jigsaw Dalam Pembelajaran., Buletin Pelangi Pendidikan. Vol. 1. No. 1. 1999, hal 6.

Karen L.Medsker and Kristina M. Holdsworth, 2001,h.287.

Allchin D. 2013. Problem- and case-based learning in science: an introduction to distinctions, values, and outcomes. CBE-Life Sciences Education. 12:364-372

Fingerson,L., Culley, A., Collaborators in teaching and learning : undergraduate teaching assistant in the classroom, Teaching sociology, 29 (3), 299 – 315.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.