Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Apotek di Kabupaten Purwakarta Selama Pandemi Covid 19

Lina Aliyani Mardiana, Dedy Frianto, Maya Arfania

Abstrak

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan apotek di kabupaten Purwakarta Jawa Barat selama pandemi covid-19, sehingga diketahui seberapa besar persentase lima dimensi kualitas pelayanan juga presentase tingkat interpretasi konsumen terhadapat kualitas pelayanan apotek di kabupaten Purwakarta tersebut. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuisioner menggunakan google formulir lewat grup whatsapp, responden sejumlah 60 orang, dengan tehnik pengambilan sampel yakni nonprobability sampling, menggunakan metode accidental sampling.

Berdasarkan hasil penelitian, pengukuran lima dimensi kualitas pelayanan apotek di kabupaten Purwakarta, diperoleh persentase rata-rata dari dimensi bukti langsung (tangibles) 45,43%, keandalan (reability) 52,80%, ketanggapan (responsiveness) 55,83%, jaminan (assurance) 50,00%, dan perhatian (empathy) 52,53%, serta persentase tingkat interpretasi kualitas pelayanan apotek di kabupaten Purwakarta selama pandemi covid-19 ada di kisaran angka interpretasi 41% - 60%, yaitu sedang, dengan nilai rata-rata kelima dimensi 51,32%. Kualitas pelayanan apotek yang meliputi 5 dimensi kualitas pelayanan, dengan nilai tertinggi pada dimensi ketanggapan (responsiveness) 55,83%, dan nilai terendah pada dimensi bukti langsung (tangibles) 45,43%.

Kata Kunci

Covid 19;Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Tjiptono, F and Gregorius Chandra, 2017, Variabel yang mempengaruhi kepuasan

konsumen, Yogyakarta

Mowen , John C dan Minor, Micheal, 2012, Perilaku Konsumen dialihbahasakan

oleh Dwi Kartika yahya, Erlangga, Jakarta

Ali Hasan, 2013, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, CAPS, Yogyakarta

Ety Sufiyanti.,A. Jalaludin Sayutu.,Ayu Oka Windarti, 2017, Tingkat Kepuasan

Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Minimarket, Jurnal Riset Bisnis dan

Investasi Vol. 3 No. 1 April 2017, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia.

Tjiptono, Fandy, 2014, Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi

Offset, Yogyakarta

Tjiptono, F, 2012, Manajemen Jasa, ANDI, Yogyakarta.

Lupiyoadi, R., 2014, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D, Alfabeta, Bandung.

https://www.idntimes.com/science/experiment/izza-namira-1/macam-teknik-

sampling

Riduwan, 2015, Dasar-Dasar Statistika, Alfabeta, Bandung.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.