Pembekalan Teknik Penjualan Melalui Media Online untuk Hasil Olahan Komoditi Pertanian dan Perikanan pada Aliansi Perempuan Peduli Lingkungan Sumedang (APPeLS) Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang

Izza Mahdiana Apriliani, Achmad Rizal, Asep Agus Handaka Suryana

Abstract


Peranan ibu rumah tangga dalam keluarga tidak hanya terpaut pada aktivitas rutin yang menjenuhkan. Emansipasi dan kesetaraan gender menjadikan seorang ibu rumah tangga dapat ikut berperan aktif dalam membantu penguatan ekonomi keluarganya. Aktifitas-aktifitas positif yang dapat menghasilkan keuntungan dapat dikerjakan oleh ibu rumah tangga di waktu-waktu senggang mereka. Hal inilah yang terlihat dari Aliansi Perempuan Peduli Lingkungan Sumedang (APPeLS) yang memiliki keterampilan usaha dalam membuat produk olahan pertanian dan perikanan yang memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan. Namun demikian, kurangnya pengetahuan mengenai teknik pemasaran dan penjualan menjadi batu sandungan bagi kelompok pemberdayaan perempuan APPeLS dalam mengembangkan usahanya. Era digitalisasi yang terjadi pada zaman ini mempermudah proses-proses pemasaran dan penjualan produk secara online. Penguasaan penggunaan teknologi pemasaran dengan media online menjadi suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh kelompok APPeLS. Pembekalan mengenai teknik penjualan melalui media online untuk hasil olahan komoditi pertanian dan perikanan pada kelompok APPeLS, Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sukabumi telah berhasil dilaksanakan. Setidaknya lebih dari 80% indikator capaian keberhasilan telah terpenuhi. Melalui pembekalan ini, antusiasme peserta kelompom APPeLS dalam mengembangkan penjualan dan pemasaran produk penjualannya secara online tumbuh dengan baik. Mereka memiliki harapan yang besar untuk dapat segera mengaplikasikan keterampilan baru yang mereka miliki untuk dapat mengembangkan pemasaran dan penjualan produk olahan perikanan mereka untuk dapat mendatangkan penghasilan outcome yang lebih produktif. 

Keywords


digitalisasi; pemasaran; pemberdayaan perempuan; produk olahan

References


Alipour M. 2009. A study on the job training effectiveness: empirical evidence of Iran. International Journal of Bussiness and Management. 4(11): 63-68.

Amar S. 2017. Perjuangan gender dalam kajian sejarah wanita Indonesia pada abad XIX. Fajar Historia. 1(2): 105-119.

Armelini G. 2011. The effect of world of mouth in costumer equity and brand equity. Chinese Business Review. 10(3): 205-216.

[BPS] Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang. 2020. Kecamatan Jatinangor dalam Angka 2020. Sumedang (ID): Badan Pusat Statistik.

Bucko J, Kakalejcik L, Ferencova M. 2018. Online shopping: factors that affect consumer purchasing behaviour. Cogent Business & Management. 5: 1-15.

Cui B, Yang K, Chou T. 2016. Analyzing the impact of price promoting strategies on manufacturer sales performance. Journal of Service Science and Management. 9: 182-187.

Kocaoglu B. 2016. Process development in custumer order information systems to gain competitive adventages: a SME case study. International Journal Systems and Management 23(2): 209-230.

Krishnan S, Nene LC. 2018. Word of mouth marketing strategy. International Journal of Computer Applications. 182(2): 1-6.

Linggaputri C, Surjandari I, Hidayanto A. 2018. Micro enterprise and e-commerce platform:

literature review and agenda for future research. 5th International Conference on Industrial Engineering and Applications. 115: 38-48.

Martin BO, Kolomitro K, Lam TC. 2014. Training Methods: a review and analysis. Human Resource Development Review. 13(1): 11-35.

Rosen MA, Salas E, Pavlas D, Jensen R, Fu D, Lampton D. 2010. Demonstration-based training: a review instructional features. Human Factors. 52(5): 596-609.

Rungsrisawat S, Sriyakul T, Jermsittiparsert K. 2019. The era of e-commerce & online marketing: risks associated with online shopping. International Journal of Innovation, Crativity and Change. 8(8): 201-221.

Sulaksono J, Zakaria N. 2020. Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Desat Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal. 4(1): 41-48.

Timsal A, Awais M, Shoaib O. 2016. On job training its effectiveness: an employee prespective. South Asian Journal of Banking and Social Science. 2(1): 1-21.

Trimiyanto HH, Pitoyo D, Gunarto M. 2017. Effect of entrepreneurial spirit of creativity and the impact on business success industrial center bags in Bandung. 2nd International Conference on Education Islamic Studies and Social Science Research. 19: 67-75.

Tuwu D. 2018. Peran pekerja perempuan dalam memenuhi ekonomi keluarga: dari peran domestic menuju sektor publik. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. 13(1): 63-76.

Telaumbanua MM, Nugraheni M. 2018. Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sosio Informa. 4(2): 418-436.

Wardani ES, Suparno. 2016. Peran ibu rumah tangga dalam mendukung ekonomi keluarga miskin. Jurnal Ekonomi & Bisnis. 1(2): 187-208.

Wengler S, Hildmann G, Vossebein U. 2020. Digital transformation in sales as an evolving process. Journal of Business & Industrial Marketing. 36(4): 599-614.




DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v2i2.34475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Farmers: Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.