Peningkatan Kapasitas Para Ibu di Pesisir Pangandaran Menuju Generasi Indonesia Merdeka Stunting dan Mandiri Finansial 2025 (Studi di Desa kondangjajar Kabupaten Pangandaran)

Nora Akbarsyah, Luthfi Thirafi, Khoirunnisa Khoirunnisa

Abstract


Desa Kondangjajar Kabupaten Pangandaran merupakan satu dari banyak desa di Indonesia yang masih mengalami permasalahan stunting. Kondisi masyarakat desa yang masih hidup di bawah standar kesejahteraan menjadi salah satu penyebab munculnya kasus stunting. Minimnya literasi mengenai asupan gizi dan pola asuh anak juga meningkatkan potensi stunting di desa ini. Sulitnya para ibu berkomunikasi dengan anak perihal makanan bergizi semakin menyulitkan tugas para ibu di desa ini dalam memastikan asupan makanan bagi anak-anaknya. Berangkat dari hal tersebut tim melaksanakan sosialisasi mengenai komunikasi asertif dan asupan gizi anak sebagai upaya mendukung pengentasan stunting di desa ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kondangjajar ini yaitu dengan memberikan edukasi mengenai komunikasi asertif ibu terhadap anak dan juga pemenuhan gizi anak melalui konsumsi ikan. Adapun rata-rata konsumsi ikan mingguan keluarga di Desa Kondangjajar adalah 3 hari perminggu. Keluarga yang mempunyai tingkat pendidikan yang lebih tinggi mengonsumsi ikan lebih sering dari keluarga yang mempunyai tingkat pendidikan lebih rendah.


Keywords


Gizi, Kesehatan, Komunikasi Asertif, Pangandaran, Rumah Tangga, Stunting

References


Apriluana, G., & Fikawati, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Risiko terhadap Kejadian Stunting pada Balita (0-59 Bulan) di Negara Berkembang dan Asia Tenggara. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 28(4), 247–256. https://doi.org/10.22435/mpk.v28i4.472

Firdanti, E., Anastya, Z., Khonsa, N., & Maulana, R. (2021). Permasalahan Stunting Pada Anak di Kabupaten Yang Ada di Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 9(2), 126–133.

Kresnawati, W., Ambarika, R., & Saifulah, D. (2022). Pengetahuan dan Sikap Ibu Balita Sadar Gizi terhadap kejadian Stunting. Journal Of Health Science Community, 3(1), 26–33. https://thejhsc.org/index.php/jhsc

Manaf, S. A. R., Erfiani, Indahwati, Fitrianto, A., & Amelia, R. (2022). Faktor – Faktor yang Memengaruhi Permasalahan Stunting di Jawa Barat Menggunakan Regresi Logistik Biner. Jurnal Statistika, 15(2), 265–274.

Masitah, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Berkaitan Dengan Stunting, ASI Ekslusif dan MPASI. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(3), 3–8.

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021-2025.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (2023). Jumlah Balita Stunting Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting (2021).

Purwaningtyastuti, Savitri, A. D., & Katkar, K. (2023). Peningkatan Komunikasi Asertif sebagai Upaya Mencegah Kesalahpahaman dalam Komunikasi bagi Ibu-Ibu PKK. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 504. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1805

Yahono, S., & Prasetyo, A. P. (2022). Implementasi gaya komunikasi asertif orang tua-anak selama masa pandemi covid 19. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1070

Akbarsyah, N., Thirafi, L., & Khoirunnisa, K. (2024). Pengetahuan Stunting Ibu Rumah Tangga di Pesisir Pangandaran Studi Kasus: Desa Kondangjajar, Kabupaten Pangandaran. Farmers : Journal of Community Services, 5(1), 13. https://doi.org/10.24198/fjcs.v5i1.53176

Ashad, H. K. P., Sudarmo, A. P., & Mudzakir, A. K. (2024). ANALYSIS OF ADOLESCENT FISH CONSUMPTION LEVELS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL LEVEL IN MEJAYAN DISTRICT, MADIUN REGENCY. Jurnal Perikanan Unram, 14(3), 1733–1744. https://doi.org/10.29303/jp.v14i3.1064

Baumrind, D., Larzelere, R. E., & Owens, E. B. (2010). Effects of Preschool Parents’ Power Assertive Patterns and Practices on Adolescent Development. Parenting, 10(3), 157–201. https://doi.org/10.1080/15295190903290790

Byrd, K. A., Shieh, J., Mork, S., Pincus, L., O’Meara, L., Atkins, M., & Thilsted, S. H. (2022). Fish and Fish-Based Products for Nutrition and Health in the First 1000 Days: A Systematic Review of the Evidence from Low and Middle-Income Countries. Advances in Nutrition, 13(6), 2458–2487. https://doi.org/10.1093/advances/nmac102

Can, M. F., Günlü, A., & Can, H. Y. (2015). Fish consumption preferences and factors influencing it. Food Science and Technology (Campinas), 35(2), 339–346. https://doi.org/10.1590/1678-457X.6624

Chronis-Tuscano, A., O’Brien, K., & Danko, C. M. (2020). Module 6: Assertiveness, Effective Commands, and House Rules. In A. Chronis-Tuscano, K. O’Brien, & C. M. Danko, Supporting Caregivers of Children with ADHD (1st ed., pp. 129–144). Oxford University PressNew York. https://doi.org/10.1093/med-psych/9780190940119.003.0007

Crockett, S. J., Mullis, R. M., & Perry, C. L. (1988). Parent Nutrition Education: A Conceptual Model. Journal of School Health, 58(2), 53–57. https://doi.org/10.1111/j.1746-1561.1988.tb05822.x

Fretes, G., Salinas, J., & Vio, F. (2013). [Effect of a nutrition education intervention on consumption of fruits, vegetables and fish in families of prescholers and scholers]. Archivos Latinoamericanos De Nutricion, 63(1), 37–45.

González Sáinez, L. I., & Sánchez Díaz, M. M. (2022). Association between Children’s Eating Habits and the Level of Knowledge of Nutrition of Guardians. The 3rd International Electronic Conference on Foods: Food, Microbiome, and Health—A Celebration of the 10th Anniversary of Foods’ Impact on Our Wellbeing, 74. https://doi.org/10.3390/Foods2022-13027

Grindal, T., Bowne, J. B., Yoshikawa, H., Schindler, H. S., Duncan, G. J., Magnuson, K., & Shonkoff, J. P. (2016). The added impact of parenting education in early childhood education programs: A meta-analysis. Children and Youth Services Review, 70, 238–249. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.09.018

Hughes, S. O., Power, T. G., Baker, S. S., Barale, K. V., Aragon, M. C., Lanigan, J. D., Parker, L., Silva Garcia, K., Auld, G., Johnston, C. A., & Micheli, N. (2023). Short-Term Efficacy of a Childhood Obesity Prevention Program Designed to Pair Feeding Content With Nutrition Education. Childhood Obesity, 19(4), 239–248. https://doi.org/10.1089/chi.2022.0030

Maulu, S., Nawanzi, K., Abdel-Tawwab, M., & Khalil, H. S. (2021). Fish Nutritional Value as an Approach to Children’s Nutrition. Frontiers in Nutrition, 8, 780844. https://doi.org/10.3389/fnut.2021.780844

Shilling, C. S. (1979). The relationship between the assertive behavior of parents and the behavior of their children. The American Journal of Family Therapy, 7(3), 59–64. https://doi.org/10.1080/01926187908250328

Woźniak, D., Podgórski, T., Dobrzyńska, M., Przysławski, J., Drzymała, S., & Drzymała-Czyż, S. (2022). The Influence of Parents’ Nutritional Education Program on Their Infants’ Metabolic Health. Nutrients, 14(13), 2671. https://doi.org/10.3390/nu14132671




DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v5i2.59902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nora Akbarsyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.