Membangun Ketahanan Pangan Dengan Kreasi Rasa: Edukasi dan Praktik Bercocok Tanam di Desa Cikeruh

Novi Mayasari, Ph.D, Indra Firmansyah, Aghisna Dwi Lathifa, Muhammad Rifqi Ismiraj, Asri Wulansari

Abstract


Ketahanan pangan merupakan elemen fundamental dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Namun, tantangan seperti kurangnya konsumsi makanan bergizi dan ketergantungan pada pangan olahan masih menjadi isu utama di Desa Cikeruh. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ketahanan pangan melalui edukasi teori dan praktik bercocok tanam. Program ini dilaksanakan di SDN Cikeruh 2 dengan melibatkan siswa kelas 6. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, penanaman tomat dan tauge, serta games interaktif untuk evaluasi. Hasil program menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya diversifikasi pangan sebesar 80%. Program ini memberikan dampak signifikan pada sikap siswa terhadap konsumsi makanan bergizi dan pemanfaatan lahan kecil. Temuan ini menunjukkan potensi besar untuk mengintegrasikan edukasi ketahanan pangan ke dalam kurikulum sekolah.

Keywords


Ketahanan pangan, Edukasi, Diversifikasi pangan, Bercocok tanam, Anak usia sekolah.

References


Dwinata, A., Siswanto, M. B. E., Pratiwi, E. Y. R., Susilo, C. Z., & Rochmania, D. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Peduli Sehat Melalui Penanaman Toga Di Sekolah Dasar. Abidumasy Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 44-52.

Food and Agriculture Organization (FAO). (2021). The State of Food Security and Nutrition in the World. Rome: FAO. Diakses dari www.fao.org.

Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola makan terhadap status gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2).

Widya, D., & Suryani, T. (2019). Pendidikan Gizi dan Ketahanan Pangan di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 11(2), 45-55.

Putri, M. A., & Lestari, S. D. (2020). Diversifikasi Pangan dan Dampaknya terhadap Ketahanan Pangan Lokal di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Rega, A. M. (2013). Implementasi pembelajaraan kooperatif melalui kegiatan menanam biji-bjian untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Status Gizi [internet]. [dapat diakses di https://layanandata.kemkes.go.id/katalog-data/riskesdas/visualisasi-data/gizi].

Septrianty, V. (2015). Status gizi anak kelas 3 sekolah dasar Sungaililin. Jurnal kedokteran dsn kesehatan, 5.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surijati, K. A., Hapsari, P. W., & Rubai, W. L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Makan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas. Nutriology: Jurnal Pangan, Gizi, Kesehatan, 2(1), 95-100.

Yuliastuti, I. A. N., Astiti, N. P. E., & Ardianta, I. K. W. (2023, May). Pendampingan Dalam Pengenalan Dan Penanaman Tanaman Biofarmaka Untuk Kesehatan Pada Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 2, No. 1, pp. 133-141).




DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v6i2.61848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Novi Mayasari, Ph.D, Indra Firmansyah, Aghisna Dwi Lathifa, Muhammad Rifqi Ismiraj, Asri Wulansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.