Membangun Ketahanan Pangan Dengan Kreasi Rasa: Edukasi dan Praktik Bercocok Tanam di Desa Cikeruh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dwinata, A., Siswanto, M. B. E., Pratiwi, E. Y. R., Susilo, C. Z., & Rochmania, D. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Peduli Sehat Melalui Penanaman Toga Di Sekolah Dasar. Abidumasy Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(02), 44-52.
Food and Agriculture Organization (FAO). (2021). The State of Food Security and Nutrition in the World. Rome: FAO. Diakses dari www.fao.org.
Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola makan terhadap status gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2).
Widya, D., & Suryani, T. (2019). Pendidikan Gizi dan Ketahanan Pangan di Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 11(2), 45-55.
Putri, M. A., & Lestari, S. D. (2020). Diversifikasi Pangan dan Dampaknya terhadap Ketahanan Pangan Lokal di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Rega, A. M. (2013). Implementasi pembelajaraan kooperatif melalui kegiatan menanam biji-bjian untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Brawijaya Smart School Universitas Brawijaya Malang.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Status Gizi [internet]. [dapat diakses di https://layanandata.kemkes.go.id/katalog-data/riskesdas/visualisasi-data/gizi].
Septrianty, V. (2015). Status gizi anak kelas 3 sekolah dasar Sungaililin. Jurnal kedokteran dsn kesehatan, 5.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surijati, K. A., Hapsari, P. W., & Rubai, W. L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Makan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas. Nutriology: Jurnal Pangan, Gizi, Kesehatan, 2(1), 95-100.
Yuliastuti, I. A. N., Astiti, N. P. E., & Ardianta, I. K. W. (2023, May). Pendampingan Dalam Pengenalan Dan Penanaman Tanaman Biofarmaka Untuk Kesehatan Pada Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 2, No. 1, pp. 133-141).
DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v6i2.61848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novi Mayasari, Ph.D, Indra Firmansyah, Aghisna Dwi Lathifa, Muhammad Rifqi Ismiraj, Asri Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.