Peningkatan Kesadaran Ketahanan Pangan Melalui Implementasi Urban farming pada Siswa SD Negeri Mekarsari, Jatinangor
Abstract
Ketahanan pangan merupakan isu global yang semakin penting di tengah perubahan iklim, pertumbuhan populasi, dan keterbatasan lahan pertanian. Urban farming, sebagai pendekatan bercocok tanam di wilayah perkotaan dengan memanfaatkan ruang terbatas, diperkenalkan melalui kegiatan edukasi dan praktik langsung. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ketahanan pangan melalui implementasi urban farming pada siswa kelas 4 SD Negeri Mekarsari, Jatinangor. Metode yang digunakan mencakup tiga tahap: edukasi, praktik urban farming dengan teknik hidroponik, dan evaluasi berbasis permainan. Tahap edukasi meliputi penyampaian materi ketahanan pangan dan pentingnya gizi seimbang, sedangkan tahap praktik melibatkan siswa dalam menanam sayuran menggunakan media hidroponik. Evaluasi dilakukan untuk menilai pemahaman siswa melalui kuis dan permainan interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai konsep ketahanan pangan dan urban farming. Praktik hidroponik berhasil diterapkan dengan tingkat kepuasan siswa mencapai 100%. Program ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Diharapkan, pengalaman ini mampu mendorong siswa untuk mengadopsi urban farming sebagai solusi berkelanjutan di lingkungan rumah mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, G., & Mukhlis, I. (2024). Application of Hydroponic Systems and Women’s Empowerment in Food Security Efforts. International journal of innovative science and research technology, 2874–2878. https://doi.org/10.38124/ijisrt/ijisrt24jul1600
Arsyianti, L. D., Pratama, D. R., Fauzana, N., & Basardi, R. A. (2021). Produktif Saat Pandemi melalui Edukasi Hidroponik dan Aquaponik untuk Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus: Kota Bekasi, Jawa Barat). 7(2), 107–114. https://doi.org/10.29244/AGROKREATIF.7.2.107-114
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Kepariwisataan Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Destrinelli, Hayati, S., & Pamela, I. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Sistem Bercocok Tanam Hidroponik Di SD. Jurnal Abdi Pendidikan, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.1.2.148-152
Fatmawati, B., Ariandani, N., Muliawan, W., Fajri, N., Sarwati, S., Marzuki, M., & Wazni, M. K. (2023). Budidaya tanaman hidroponik melalui pendampingan pemanfaatan limbah anorganik sebagai media tanam di sekolah. ABSYARA, 4(2), 269–278. https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.22001
Fauzi, A., Dewi, P. S., Cahyani, W., & Hadi, S. N. (2021). Penerapan hidroponik dan pascapanen sayuran pada orangtua siswa sdn karangsalam kabupaten banyumas. 5(1), 67–79. https://doi.org/10.20956/PA.V5I1.7788
Food and Agriculture Organization (FAO). (1996). Rome Declaration on world food security and world food summit plan of action. Retrieved.
Juliadi, E., Kartiko, D., Salamah, U., & Sekar, K. (2023). Peningkatan ketahanan pangan dengan penanaman system hydroponik pada masyarakat desa binaan di pesapen. 2(1), 1–10. https://doi.org/10.59447/dedication.v2i1.40
Nurdiansyah, D., Husen, S., Shofiyudin, M., & Maftuchin, M. (2022). Pelatihan hidroponik dengan styrofoam bekas untuk meningkatkan keterampilan siswa mts sendang tuban. Indonesian Collaboration Journal of Community Services. https://doi.org/10.53067/icjcs.v2i2.62
Pambudi, Y. S., Gunawan, R. I., Lolo, E. U., Sudaryantiningsih, C., Krismani, A. Y., Widianto, Banoet, M. Y., Amah, V. T., Jama, J., & Ngalung, A. D. (2022). Hydroponic Training as an Effort to Improve Food Security, Community Economy, and Environmental Quality in the City of Surakarta. 1(5), 251–260. https://doi.org/10.55927/ajcs.v1i5.1841
Patchen, A., Zhang, L., & Barnett, M. (2017). Growing Plants and Scientists: Fostering Positive Attitudes toward Science among All Participants in an Afterschool Hydroponics Program. Journal of Science Education and Technology, 26(3), 279–294. https://doi.org/10.1007/S10956-016-9678-5
Prastyo, L., Syahputri, M. W., Nurhidayanti, N. T., Supandi, S. N. P., Rumbiak, R. L., Akmal, N. M., Rozaq, F., & Nugroho, B. W. (2023). Enhancing Food Security In Rural Communities Through Implementation Of Hydroponic Technology. https://doi.org/10.37874/bm.v3i3.1003
Ramadhan, M. L., & Nurhasana, R. (2024). BUDAYA PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING) SEBAGAI OPTIMALISASI LAHAN TERBATAS. Media Bina Ilmiah, 19(1978), 4433–4440.
Stephanie, S., Kendrico, J., Roselin, V., Alexander, W. J., Louis, Z., & Barus, O. P. (2024). Penerapan Smart Indoor Farming dan Clean Energy Technology untuk Peningkatan Kualitas Produksi Hidroponik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 304–312. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i2.2953
Suryani, E., Putra, L. V., Mufâ€TMafidah, N. M., & Hidayah, C. (2020). Analysis of the Hydroponics Program in Instilling an Environmental Care Attitude for Elementary School Students. 4(3), 299–307. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V4I3.273
Syaifudin, A., Astuti, F., Dyana, H., Azam, A. M., Fauziah, A., Roshif, M. Q., Haikal, A., & Latifah, A. N. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Mandiri Pangan Melaui Hidroponik. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3324
Tlepbergenova, A., Yessenamanova, M., & Yessenamanova, Z. S. (2024). Development of hydroponics for the formation of practical skills of the stem education subjects. The Bulletin of the National Academy of Sciences of the Republic of Kazakhstan & Ķazaķstan Respublikasynyṇ Ұlttyķ Ġylym Akademiâsynyṇ habaršysy., 412(6). https://doi.org/10.32014/2024.2518-1467.866
Ubaidillah, M., Puspito, A. N., Suud, H. mubarak, Marvintha, K. N., Zaphora, S. Z., Hapsari, S. S., Firdaus, R. W., Dewi, R. K., Amelia, W. F., Aprillianto, B., & Zahrosa, D. B. (2023). Pengenalan Tanaman Hidroponik dengan Mengkreasi Limbah Plastik pada Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.193
Yulianto, D., Nugraha, A. F., & Rahani, F. F. (2024). Automated Hydroponics System using the Internet of Things. Jurnal edukasi elektro, 8(2). https://doi.org/10.21831/jee.v8i2.76816
DOI: https://doi.org/10.24198/fjcs.v6i2.63358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novi Mayasari, Ph.D, Indra Firmansyah, Muhammad Rifqi Ismiraj, Asri Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.