PRAKTIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DI INDONESIA
Abstrak
Dalam berbagai aktivitas membawa dampak nyata bagi kualitas kehidupan, baik bagi individu atau masyarakat. Berbagai permasalahan terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri atau memang alam yang sudah mulai mengikis. Ulah manusia juga hadir dari beberapa perusahaan yang membuat adanya pencemaran lingkungan, udara dan lain sebagainya. Maka peran-peran manusia atau sebuah organisasi turut andil dalam menangani permasalahan di Indonesia. Dan dari sanalah lahir sebuah gagasan CSR. CSR merupakan merupakan komitmen usaha untuk beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan tanggung jawab kemitraan dari karyawan dan keluarganya, pemerintah, perusahaan komunitas lokal, dan komunitas luas. CSR dapat melakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat secara nyata yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.
In various activities it has a real impact on the quality of life, both for individuals and society. Various problems occur in Indonesia, mostly caused by human behavior itself or indeed nature has begun to erode. Human activities are also present from several companies that make environmental pollution, air and so on. Then the roles of humans or an organization contribute to addressing problems in Indonesia. And from there came the idea of CSR. CSR is CSR is a business commitment to operate legally and contribute to improving the quality of life and responsibility of partnerships from employees and their families, the government, local community companies, and the wider community. CSR can do with the empowerment of local communities that are actually needed by the surrounding community.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Crowther, David & Aras, Guler. (2010). Corporate Social Responsibility: Part IPrinciples, Stakeholder & Sustainablity. Ventus Publishing ApS.
G. Widjaja & YA Pratama. (2008). Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Forum Sahabat.
Kotler, P., & Nance, L. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Inc.
Raharjo, Santoso T. (2017). CSR: Relasi Dinamis Antara Perusahaan Multinasional dengan Masyarakat Lokal. Jatinangor: Unpad Press.
Saidi, Zaim & Hamid Abidin. (2004). Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana dan Praktek Kedermawanan Sosial di Indonesia. Jakarta: Piramedia
Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, AB. (2009). Reputation-Driven: Corporate Social Responsibility: Pendekatan Strategic Management dalam CSR. Jakarta: Erlangga.
Jurnal
Armanda, Y, dkk. (2017). Pengaruh Peneraoan Program Corporate Social Responsibiliy dalam Membentuk Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli (Survei pada Program CSR PT. Inti Daya Guna Aneka Warna di Kampung Jodipan Kota Malang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 53 No. 2.
Badjuri, Achmad. (2011). Faktor-faktor Fundamental, Mekanisme Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Manufaktur dan Sumber Daya Alam di Indonesia. Dinamika Keuangan dan Perbankan, Vol. 3 No. 1, 38-54.
Djalil, Sofyan. (2003). Kontek Teoritis dan Praktis Corporate Social Responsibility. Jurnal Reformasi Ekonomi, Vol. 4 No. 1.
Hasan, Umar. (2014). Kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) Dilihat Dari Perspektif Hukum. Majalah Hukum Forum Akademika, Vol. 25, No.1.
Initiative, G. C. (2002).
Leisinger, K. M. (2007). Corporate Philanthropy: The “Top of the Pyramid”. Business and Society Review, 112(3), 315-342.
Mapisangka, Andi. (2009). Implementasi CSR Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. JESP Vol 1.
Marnelly, TR. (2012). Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol. 2 No. 2, 49-59.
Parsa, Sepideh dan Kouhy, Reza. (2007). Social Reporting by Companies Listed on the Alternative Investment Market. Journal of Business Ethics, 79, 345-360.
Sari, Yustisia D. (2010). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Sikap Komunitas Pada Program Perusahaan, 1-25.
Sembiring, Eddy R. (2005). Karakteristk Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial; Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Jurnal MAKSI Undip, Vol. 6 No. 1.
Siregar, Chairil N. (2007). Analisis Sosiologis Terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility pada Masyarakat. Jurnal Sosioteknologi, Edisi 12, Tahun 6, 285-288.
Sulistyaningtyas, I. D. (2006). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Program Kampanye Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No. 1, 63-76.
Tanudjaja, BB. (2006). Perkembangan Corporate Social Responsibility di Indonesia. Nirmana, Vol.8 No. 2, 92-98.
Wargianti, Puspa & Budhisulistyawati A. (2018). Studi Tentang CSR (Corporate Social Responsibility) di PT Madubaru Yogyakarta Bedasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Jurnal Privat Law, Vol. 6 No. 1, 13-23.
Windsor, Duane. (2001). The Future of Corporate Social Responbility. International Journal of Organizational Analysis, Vol. 9 Issue 3.
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23119
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: