PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY KOMPAS GRAMEDIA BERDASARKAN TRIPLE BOTTOM LINE

Dwi Haryanti

Abstrak


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan dalam upaya menciptakan pembangunan berkelanjutan. Pada tahun 1997 Elkington mempopulerkan Triple Bottom Line (TBL) yang mencakup profit, people, dan planet. Konsep ini menekankan perusahaan untuk tidak hanya berfokus pada profit saja namun juga people dan planet. Kompas Gramedia sebagai grup perusahaan yang memiliki berbagai bidang usaha menyelenggarakan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terkumpul dalam Inspirasi Nusantara. Inspirasi Nusantara terbagi menjadi 3 yaitu Inspirasi Pendidikan, Inspirasi Lingkungan, serta Inspirasi Budaya. Kompas Gramedia telah menerapkan Triple Bottom Line melalui berbagai program CSR nya. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki concern CSR pada bidang budaya melalui program Inspirasi Budaya berupa pendirian Bentara Budaya.


Kata Kunci


perusahaan; CSR; triple bottom line

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR REFERENSI

Buku

Elkington, J. 1997. Cannibals With Forks: The Triple Bottom Line of 21st Century Business. United Kingdom: Capstone Publishing Limited

Mardikanto, T. 2018. Corporate Social Responsibility. Bandung: Alfabeta

Kartika, D. 2020. Corporate Social Responsibility: Tranformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: Refika Aditama

Savitz, A. W. & Weber, K. 2006. The Triple Bottom Line: How Today’s Best-Run Companies Are Achieving Economic, Social, and Environmental Success and How You Can Too. San Francisco: Jossey-Bass.

Untung, H. B. 2017. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Jurnal & Artikel

Kanji, R. & Agrawal, R. 2016. Models of Corporate Social Responsibility: Comparison, Evolution and Convergence. Sage Journals. Jurnal Online. Melalui [05/05/2021]

Khairina, A.I. 2011. Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Digital Repository Politeknik Negeri Medan. Artikel Online. Melalui [05/05/2021]

Michael, dkk. 2019. Program CSR Yayasan Unilever Indonesia Berdasarkan Teori Triple Bottom Line. Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 2 No. 1, 23-31. Jurnal Online. Melalui [05/05/2021]

Nayenggita, dkk. 2019. Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol. 2 No. 1, 61-66. Jurnal Online. Melalui [05/05/2021]

Prayogo, D. & Hilarius, Y. 2012. Efektivitas Program CSR/CD dalam Pengentasan Kemiskinan: Studi Peran Perusahaan Geotermal di Jawa Barat. Jurnal Sosiologi Masyarakat, Vol. 17, No. 1, Januari. Jurnal Online. Melalui [05/05/2021]

Website

Bentara Budaya (tanpa tahun). “Sejarah Bentara Budaya”. Melalui [23/05/2021]

Gramedia Academy (tanpa tahun). Professional Academy. Melalui [07/05/2021]

ISO 26000. 2010. Guidance for Social Responsibility. Melalui [05/05/2021]

Kompas Gramedia (tanpa tahun). “Kontribusi Sosial”. Melalui https://www.kompasgramedia.com/#csr [10/05/2021]

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. 2007. Melalui [05/05/2021]

Materi Presentasi

Corporate Communication Kompas Gramedia. 2017. KG English Club: CSR Synergy. Materi Presentasi Corporate Communication Kompas Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v4i1.33815

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)