PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) MELALUI LEMBAGA FILANTROPI MEDIA DI INDONESIA

Nurul Izza Nabila, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty

Abstrak


Hadirnya lembaga filantropi di Indonesia merupakan sebuah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lembaga filantropi yang didirikan oleh perusahaan media berperan dalam pengelolaan dana dari masyarakat untuk masyarakat yang lebih membutuhkan, seperti korban bencana alam, sosial, maupun kemanusiaan. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana penulis menjelaskan penerapan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan media di Indonesia melalui pendirian lembaga filantropi. Lembaga filantropi media yang dibahas meliputi Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), MNC Peduli, dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP). Penerapan kegiatan CSR tersebut membantu masyarakat prasejahtera melalui bantuan uang, barang, maupun tenaga relawan. Namun, sebaiknya hasil pengumpulan dana tidak hanya sekadar bantuan sementara, melainkan harus dilakukan pemberdayaan bagi masyarakat prasejahtera. 

 

The presence of philanthropic institutions in Indonesia is a form of corporate responsibility towards improving people's welfare. Philanthropic institutions established by media companies play a role in managing funds from the community for people who are in greater need, such as victims of natural, social and humanitarian disasters. The writing of this article uses a descriptive approach, where the author explains the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) activities carried out by media companies in Indonesia through the establishment of philanthropic institutions. The philanthropic media organizations discussed included the Kompas Humanitarian Fund Foundation (DKK), MNC Peduli, and the Pundi Amal Peduli Kasih Foundation (YPP). The implementation of these CSR activities helps underprivileged communities through financial assistance, goods, and volunteers. However, it is better if the results of the collection of funds do not only provide temporary assistance, but also empower the underprivileged communities.


Kata Kunci


CSR; Perusahaan Media; Lembaga Filantropi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, U. R. (2020). Peran CSR dalam Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 341-347.

Bamualim, & S., C. (2005). Revitalisasi Filantropi Islam: Studi Kasus Lembaga Zakat dan Wakaf di Indonesia. (I. A. Bakar, Ed.) Jakarta: Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) UIN Syarif Hidayatullah.

Bawaqi, L. M. (2019). Hadis Sosial dalam Majalah Mustahiq: Telaah tentang Preferensi dan Seleksi Hadis di Media Massa. Bandung: Skripsi: UIN Sunan Gunung Djati.

Carroll, A. B. (1999). Corporate Social Responsibility: Evolution of a Definitional Construct. Business & Society, 38(3), 268-295.

Cornelissen, J. (2008). Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice. SAGE.

Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020). Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Strategi Hukum dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Wawasan Yuridika, 4(1), 1-16.

Filantropi Indonesia. (2021, Juni 15). Indonesia Kembali Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia. Retrieved November 29, 2021, from Filantropi Indonesia: https://filantropi.or.id/indonesia-kembali-jadi-negara-paling-dermawan-di-dunia/

Haryono, C. G. (2013). Membangun Citra Industri Media Melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Semiotika: Kajian Media dan Budaya Populer, 7(2), 53-72.

Irfan, M. (2016). Crowdfunding Sebagai Pemaknaan Energi Gotong Royong Terbarukan. Share: Social Work Journal, 6(1), 30-42.

Iskandar, D. A., Siagian, J. A., Salim, R. C., Kenardi, V. N., & Wibisono, Y. A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Masyarakat Indonesia untuk Berdonasi Pada Kegiatan Crowdfunding. Indonesia Business Review, 3(2), 165-179.

J, F. L., & D, M. M. (2003). Philanthropy and Civility in American History. New York: Cambridge University Press.

Kasdi, A. (2019). Membangun Kemandirian Melalui Filantropi Kaum Perempuan: Potensi Kedermawanan untuk Pemberdayaan Perempuan Indonesia. PALASTREN, 12(1), 99-126.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility. (J. Wiley, & Sons, Eds.) USA.

Leisinger, K. M. (2007). Corporate Philanthropy: The "Top of the Pyramid". Business and Society Review, 112(3), 315-342.

Linge, A. (2015). Filantropi Islam Sebagai Instrumen Keadilan Ekonomi. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(2), 154-171.

MNC Peduli. (n.d.). Tentang MNC Peduli. Retrieved from MNC Peduli: https://mncpeduli.org/about-us

Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61-66.

Pangaribowo, W. S. (2021, November 03). Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan 1.352 Paket Donasi untuk Warga Terdampak Pandemi di Yogyakarta. (D. Aprian, Editor) Retrieved Desember 03, 2021, from KOMPAS: https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/000926778/yayasan-dana-kemanusiaan-kompas-salurkan-1352-paket-donasi-untuk-warga?page=all

Permata, S. (2021). Analisis Penerapan Good Corporate Governance Media Massa Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 16-27.

Rahmadani, Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2018). Fungsi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share: Social Work Journal, 8(2), 203-210.

Rudito, B., & Famiola, M. (2007). Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia. Bandung: Rekayasa Sains Bing Bedjo Tanudjaja.

Schwienbacher, A., & Larralde, B. (2010). Journal of Business Venturing, 29(5), 585-609.

Sholikhah, N. A., Azam, S. A., Bestari, D. A., Huda, M. K., & Yunita, R. (2021). Peran Lembaga Filantropi untuk Kesejahteraan Masyarakat Global (Studi Kasus pada Aksi Cepat Tanggap Madiun). Journal of Islamic Philanthropy and Disaster, 1(1), 27-42.

Sunaryo. (2013). Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan. Fiat Justitia Jurnal Ilmu Hukum, 7(1), 264-276. doi: https://doi.org/10.25041/fiatjustitia.v7no1.363

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP). (n.d.). Profil Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Retrieved from Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih : https://www.ypp.co.id/profil

Yusuf, M. Y. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Depok: Kencana.

Yusuf, Y. M., Prasetyo, D. A., Khaerunnisa, L., & Raharjo, S. T. (2019). Implementasi Program Corporate Social Responsibility oleh Perusahaan Unicorn di Indonesia. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 252-258.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.37055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)