EFEKTIVITAS PKH BIDANG PENDIDIKAN DALAM PARTISIPASI PENDIDIKAN ANAK KPM DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0
Abstrak
Setiap warga negara memiliki hak untuk mendapat perlindungan dan jaminan secara sosial dari negara. Hal ini untuk menjamin keberfungsian sosial baik individu maupun kelompok agar kesejahteraan sosial masyarakat dapat tercapai. Perlindungan jaminan sosial di Indonesia dinaungi oleh Kementerian Sosial. Program Keluarga Harapan adalah salah satu perlindungan dan jaminan sosial dari pemerintah dalam hal ini di bawah tanggung jawab Kementerian Sosial. Bantuan PKH menyasar keluarga pra sejahtera yang dikategorikan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Tujuan PKH adalah memberikan pelayanan jaminan sosial terhadap Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk mengakses fasilitas kesehatan dan pendidikan di lingkungan sekitar mereka agar nilai-nilai kesejahteraan sosial mereka dapat terjamin. Dalam penelitian ini fokus kajian adalah melihat efektivitas PKH dalam bidang pendidikan dalam meningkatkan partisipasi pendidikan anak KPM di era Industri 4.0 dan Society 5.0. Pendidikan memudahkan akses terhadap informasi dan pengetahuan sehingga kualitas SDM masyarakat KPM dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan PKH dalam bidang pendidikan sudah efektif dalam meningkatkan partisipasi anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Hal dilihat dari keberhasilan PKH dalam meningkatkan partisipasi dan bahkan prestasi dari anak-anak dari golongan Rumah Tangga Sangat Miskin di berbagai wilayah di Indonesia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astari, N. P. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) OLEH PELAKSANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPKH) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN (Studi di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis). 133-140. oai:oai.jurnal.unigal.ac.id:article/1214
Bakulu, B., Pangkey, M., & Kolondam, H. (2021). EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN SEKTOR PENDIDIKAN DI DESA HATETABAKO KECAMATAN WASILE TENGAH KABUPATEN HALMAHERA TIMUR. JAP, 7 No 101, 18-28.
Cahyono, S. A. T., & Iryani, S. W. (2019). Gerak Langkah Program Keluarga Harapan:Konstribusi Program Keluarga HarapanTerhadap Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17 No 4. https://doi.org/10.31105/jpks.v17i4.1608
Corbin, J., & Strauss, A. (2015). Basics of Qualitative Research: Techniques and Procedures for Developing Grounded Theory. California : SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=hZ6kBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Basics+of+qualitative+research:+Grounded+theory+procedures+and+techniques&ots=6jKbOtiDY5&sig=y9caUMfgrJTYrk5WTCN98aNBld0&redir_esc=y#v=onepage&q=literature&f=false
Ghufron, M.A. (2018). REVOLUSI INDUSTRI 4.0: TANTANGAN, PELUANG DAN SOLUSI BAGI DUNIA PENDIDIKAN. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat.
Hendarsyah, D. (2019). E-COMMERCEDI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8 No. 2, 171-184.
Kementerian Sosial Republik Indonesia. (n.d.). PKH | Program Keluarga Harapan. PKH | Program Keluarga Harapan. Retrieved April 9, 2022, from https://pkh.kemensos.go.id/?pg=tentangpkh-1
Kustanto, M. (2019, 10 22). KONSTRUKSI SOSIAL TENTANG PENDIDIKAN PADA KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN SIDOARJO. SOSIO KONSEPSIA, 8 No 3, 267-286. https://doi.org/10.33007/ska.v8i3.1675
Kusumaningrum, R., Nugroho, F., & Alfrojems. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Keluarga Penerima Manfaat untuk Mencapai Graduasi dari Program Keluarga Harapan. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 19 No 3, 265-275. https://doi.org/10.31105/jpks.v19i3.2178
Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech, 5 No 1, 61-66.
Nurwani, T. W., & Hasani, H. (2020). Keberhasilan PKHDitinjau Dalam Kaitannya Dengan Keterampilan Pendamping Dan Partisipasi KPM: Studi Di Sijunjung Sumatera Barat. Sosio Konsepsia, 10 No. 1, 1-13. https://ejournal.kemsos.go.id/index.php/SosioKonsepsia/article/view/2035DOI : 10.33007/ska.v10i1.20351
Rosevelt, A., Isyandi, B., & Kornita, S. E. (2022). Analisis Prestasi Pendidikan Anak Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Niara, 14 No 3, 197-212.
Sasmito, C., & Nawangsari, E. R. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM UPAYA MENGENTASKAN KEMISKINAN DI KOTA BATU. Journal of Public Sector Innovation, 3, 68-74.
Suparno. (2018). ANALISIS PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI KECAMATAN SEPAUK. Jurnal PEKAN, 3 No 2, 177-185.
Zavakou, A. (2011). An Evaluation of the CCT Program Familias en Acción on Grade Failure and School Drop-out Rates. 1-68. Web.http://www. vsfs. cz/prilohy/konference/3_sc_f_1_zavakou. Pdf
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v5i2.39232
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: