KOMUNIKASI ORGANISASI PELAYANAN SOSIAL DALAM ADMINISTRASI PEKERJAAN SOSIAL (STUDI KASUS TIM PARTNERSHIP DAN MARKETING INDONESIA MENGAJAR)

Annisa Ariro Dhinantia, Lenny Meilany

Abstrak


Kajian ini merupakan penelitian terhadap Indonesia Mengajar sebagai organisasi pelayanan sosial di bidang Pendidikan mengenai penerapan komunikasi administrasi pekerjaan sosial. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi komunikasi administrasi pekerjaan sosial pada departemen partnership dan marketing Indonesia Mengajar dalam mengelola departemennya. Kajian ini menggunakan metode studi kasus dan kajian literatur dalam mengumpulkan dan mengolah data. Pada kajian ini dilakukan observasi langsung oleh penulis mengenai proses komunikasi yang terjadi pada departemen partnership dan marketing Indonesia Mengajar. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi yang terjalin di departemen partnership dan marketing Indonesia Mengajar menunjukkan adanya penerapan komunikasi administrasi pekerjaan sosial. Efektifitas dalam proses penyebaran, pemahaman, dan klarifikasi yang terjadi menghasilkan komunikasi internal yang efisien antara manajer dengan intern. Penyampaian infromasi serta perasaan yang dirasakan selama bekerja tersampaikan dengan baik seperti komunikasi yang ada pada administrasi pekerjaan sosial.


Kata Kunci


komunikasi, Indonesia Mengajar, administrasi pekerjaan sosial, organisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Babatunde O. Importance of effective communication in public organisations. Issues in Social science. 2015;3(2):78-89.

Budi R. Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Stimuli Edisi IV, Jul-Des 2012. 2012.

Firdaus L. Sistem Informasi Manajemen dan Pemanfaatannya Pada Organisasi Pelayanan Sosial (Studi Kasus di Perkumpulan Untuk Pengembangan Organisasi Pelayanan Sosial/PUPUK Bandung) (Doctoral dissertation).

Hoefer RA. A matter of degree: Job skills for human service administrators. Administration in Social Work. 1993 Nov 3;17(3)

Indonesia Mengajar. (2022, April). Bagaimana Kami Bekerja. Retrieved from Indonesia Mengajar: https://indonesiamengajar.org/bagaimana-kami-bekerja

Indonesia Mengajar. (2022, April). Visi dan Misi. Retrieved from Indonesia Mengajar: https://indonesiamengajar.org/visi-dan-misi

Mengajar, Indonesia. (2022, april). Tentang Indonesia Mengajar. Retrieved from Indonesia Mengajar: https://indonesiamengajar.org/tentang-indonesia-mengajar

Koprowska J. Communication and interpersonal skills in social work. Sage; 2020 Feb 24.

Lembaga Sertifikasi Pekerjaan Sosial. Komunikasi dan Relasi sosial. Kemensos; 2020

Lishman J. Communication in social work. Bloomsbury Publishing; 2020 Jul 23.

Lohmann RA, Lohmann N, Lohmann R. Social administration. Columbia University Press; 2001 Sep 26.

Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nurrohim H, Anatan L. Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha. 2009;8(2):11-20.

Obi-keguna, C., Agbawodikeizu, U. & Uche, I. (2017). Communication in Social Work. In Okoye, U., Chukwu, N. & Agwu, P. (Eds.). Social work in Nigeria: Book of readings (pp 60–69). Nsukka: University of Nigeria Press Ltd.

Russell PL. The uses of repetition. Smith College Studies in Social Work. 2006 Jul 25;76(1-2):51-66.

Skidmore RA. Social work administration: Dynamic management and human relationships. Allyn & Bacon; 1995.

Van der Molen HT, Gramsbergen-Hoogland YH. Communication in organizations: Basic skills and conversation models. Routledge; 2018 Oct 25.




DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i1.39468

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di:

Google Scholar WorldCat Crossref Bielefeld Academic Search Engine (BASE)