PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MENGENAI GEO WISATA (Studi Kasus dalam Implementasian CSR PT Geo Dipa)
Abstrak
ABSTRAK
Berbagai permasalahan terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri atau memang alam yang sudah mulai mengikis. Ulah manusia juga hadir dari beberapa perusahaan yang membuat adanya pencemaran lingkungan, udara dan lain sebagainya. Maka peran individu atau sebuah organisasi turut andil dalam menangani permasalahan di Indonesia. Dan dari sanalah lahir sebuah gagasan CSR. CSR merupakan merupakan komitmen usaha untuk beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan tanggung jawab kemitraan dari karyawan dan keluarganya, pemerintah, perusahaan komunitas lokal, dan komunitas luas. CSR dapat melakukan dengan pemberdayaan masyarakat setempat secara nyata yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.
Kata kunci: CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Geo Wisata
ABSTRACT
Various problems occur in Indonesia, mostly caused by the actions of humans themselves or indeed nature that has begun to erode. Human actions are also present from several companies that make environmental pollution, air and so on. So the role of individuals or an organization contributes to dealing with problems in Indonesia. And that's where the idea of CSR was born. CSR is a business commitment to operate legally and contribute to improving the quality of life and partnership responsibilities of employees and their families, governments, local community companies, and the wider community. CSR can do with the empowerment of the local community in real terms needed by the surrounding community.
Key word: CSR, Community empowerment, Geo Tourism
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Albarsyah. (2022). GDE Raih Penghargaan
Bintang 5 CSR. TopBusiness. opbusiness.id/62215/gde-raih-penghargaan-bintang-5-csr.html
Undang-undang Republik Indonesia nomor
, (2003).
Disemadi, H. S., & Prananingtyas, P. (2020).
Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Strategi Hukum dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 1. https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.328
Energi, G. dipa. (2022). Dua Kalli Raih
Penghargaan Tertinggi Bidang CSR, Bukti GeoDipa Berhasil Berikan Manfaat Yang Berkelanjutan. geodipa.co.id. https://www.geodipa.co.id/dua-kali-raih-penghargaan-tertinggi-bidang-csr-bukti-geodipa-berhasil-berikan-manfaat-yang-berkelanjutan/
Foy, N. (1994). Foy, Nancy. (1994). Empowering
People at Work, London: Grower Dalam Prasetyo Peternakan, 2015. Konsep dan Teori Pemberdayaan Masyarakat,. Company.
Hermawan, H. (2016). Dampak
Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal pariwisata, 105–117.
Hermawan, H., & Ghani, A. Y. (2018).
GEOWISATA Solusi Pemanfaatan Kekayaan Geologi yang Berwawasan Lingkungan.
Hermawan, S. (2021). Demokrasi Lingkungan
Hidup (1 ed.). Setara Press.
Jimu, M. I. (2008). Community Development.
Community Development:A Cross-Examination of Theory and Practice Using Experiences in Rural Malawi. Africa Development,Vol. XXXIII, No. 2, 2008, pp. 23–3. Dalam Prasetyo Peternakan, 2015. Konsep dan Teori Pemberdayaan Masyarakat,Dal. https://prasfapet.wordpress.com/2015/05/07/konsep-dan-teoripemberdayaan-%0Amasyarakat/
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu
Antropologi. RinekaCipta.
Marnelly, T. R. (2012). Tinjauan Teori dan
Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 49–59.
Nainggolan, R. (2016). Informasi Geologi
Lingkungan Berbasis Partisipasi Masyarakat debagai Kawasan Geowisata Danau Toba di Kabupaten Samosir. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 22–28.
Obaid, M. Y. (2013). Religiusitas Lembaga
Pendidikan yang Berwawasan Lingkungan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 137–149. https://ejournal.iainkendari.ac.id
Priatna. (2015). Panas Bumi Dieng (hal. 35–36).
Geomagz.
Satmaidi, E. (2015). Konsep Deep Ecology dalam
Pengaturan Hukum Lingkungan (Vol. 4).
Silalahi, U. (2010). Metode penelitian sosial (A.
Gunarsa (ed.); 2 ed.). Refika Aditama.
Stokes, A. M., Cook, S. D., & Drew, D. (2003).
Geotourism: The New Trend in travel. Travel Industry America and National Geographic Traveler.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D (26 ed.). Alfabeta.
Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat
Memberdayakan Rakyat. Refika Aditama.
Widjaja, G., & Pratama, Y. (2008). Risiko
Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR (1 ed.). Forum Sahabat.
Yustisia Ditya Sari. (2013). Implementasi
Corporate Social Reponsibility (CSR) Terhadap Sikap Komunitas Pada Program Perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi (JIK), Vol. 3 (No, 106–130. http://repository.petra.ac.id/16749/
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v5i1.40755
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: