PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN PADA KELUARGA DENGAN ANAK USIA WAJIB BELAJAR DI KELURAHAN JATILUHUR
Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan pemanfaatan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) komponen pendidikan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Pemahaman KPM terhadap PKH Komponen pendidikan masih memiliki keragaman interpretasi. Beberapa KPM memiliki pemahaman yang baik dan mengimplementasikan komponen pendidikan PKH dengan baik, sementara terdapat KPM yang masih kesulitan dalam memahami dan menerapkan komponen tersebut secara efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada proses pemahaman mengenai implementasi bantuan PKH komponen pendidikan oleh KPM. Rekomendasi yang dihasilkan meliputi peningkatan pendampingan bagi KPM, peningkatan kolaborasi antara KPM dan pendamping untuk meningkatkan efektivitas pemanfaatan komponen pendidikan.
This writing aims to determine the understanding and utilization of the Family Hope Program (PKH) assistance in the education component by Beneficiary Families (KPM). The method used in this study is a qualitative descriptive approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and literature study. KPM's understanding of PKH The education component still has a variety of interpretations. Some KPMs have a good understanding and implement the PKH education components well, while there are KPMs who still have difficulty understanding and implementing these components effectively. This research contributes to the process of understanding the implementation of PKH assistance in the education component by KPM. The resulting recommendations include increasing assistance for KPM, increasing collaboration between KPM and assistants to increase the effectiveness of the use of the education component.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardian, I. (2014). Pemberdayaan Keluarga (Family Empowerment) Sebagai Intervensi Keperawatan Keluarga. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 41-53.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Sukabina Press.
Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik Vol.1 No.3, 13-26.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar Pasal 11.
Suyanto, B. (2019). Sosiologi Anak. Tahir Foundation.
Suharto, E. (2007). Kebijakan Sosial Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfa Beta.
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i2.49653
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: