NILAI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KOMPETENSI PENGELOLA PROGRAM PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT WISATA KONSERVASI PENYU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan masyarakat terhadap kompetensi pengelola program PPM wisata konservasi penyu. Program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang konservasi penyu sisik guna mengubah budaya konsumsi penyu. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrumen Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Kompetensi pengelola program dinilai berdasarkan empat indikator utama: kemampuan menyampaikan informasi secara jelas, inovasi yang dilakukan, kejelasan identitas pengelola, dan pemahaman pengunjung tentang fungsi pengelola. Dengan metode deskriptif kuantitatif dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data, penelitian ini menemukan bahwa masyarakat memiliki persepsi positif terhadap kompetensi pengelola program PPM wisata konservasi penyu.
This study aims to evaluate community satisfaction with the competence of managers in the Turtle Conservation Tourism Community Development Program (PPM). The program focuses on educating the community about hawksbill turtle conservation to shift cultural practices away from consuming turtles. The evaluation is conducted using the Community Satisfaction Index (IKM). The competence of program managers is assessed based on four key indicators: their ability to clearly communicate information, the innovations they introduce, the clarity of their identity, and visitors' understanding of their role. Using a quantitative descriptive approach and questionnaires for data collection, the study found that the community generally holds a positive perception of the competence of the program’s managers.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, MIPA, 2(2).
Babbie, E. 1990. Survey Research Methods (2nd Ed.J. Belmont: Wadsworth.
Chambers, R. (2014). Rural development: Putting the last first. Routledge
Distrik Waigeo Kepulauan dalam Angka. (2021). Badan Pusat Statistik
Gay, LR, Geoffrey E. Mills and Peter Airasian. (2009). Educational Research, Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Ife, J. W., & Tesoriero, F. (2006). Community development: Community-based alternatives in an age of globalisation.
Ismail, M. (2009). Corporate social responsibility and its role in community development: An international perspective. Journal of International social research, 2(9).
Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 1824 K/30/MEM/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat
Koentjaraningrat. (1981). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Rizkia, Eva. (2014). Proses Pelaksanaan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Universitas Padjadjaran. Bandung
Robinson, J. W., & Green, G. P. (2011). Rural Society in the U.S.: Issues for the 1980s Introduction to Community Development. California: SAGE Publications, Inc.
Sheafor, B., Horejsi, C., & Horejsi, G. (1994). Techniques and Guidelines for. Social Work Practice. 3rd ed. Boston: Allyn & Bacon.
Sugiana, Kawik. 2004. Bahan Ajar Mata kuliah Metode dan Teori Perencanaan, MPKD-UGM Yogyakarta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sutami, B., & Yazid, M. (2018). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Pt Medco E&P Indonesia: Studi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Karet Organik Di Kecamatan Bts-Ulu Kabupaten Musi Rawas. 1410–8364.
Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. Education and Learning Journal, 2(1), 40-48.
Weil, M., Reisch, M. S., & Ohmer, M. L. (Eds.). (2012). The handbook of community practice. Sage Publications.
Widodo, W. E., Cholidah, S. N., Isnaeni, A. P., Wibowo, K. T., & Abriandi, E. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Pada Program CSR di Desa Kertajaya: Sebuah Analisis Menggunakan Metode Sustainability Compass. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1), 31-54.
Zastrow, C. (1995). Introduction et Overview of Social Work Practice. The Practice of Social Work (Fifth Edition). Belmont, California: Brooks/Cole Publishing Company.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v7i2.54381
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: