KONDISI BIOPSIKOSOSIAL ANAK JALANAN (Pendekatan Partisipatif untuk Mempelajari Kondisi Biopsikososial dan Harapan Anak Jalanan di Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung)
Abstrak
Penelitian ini menganalisis kondisi biopsikososial anak jalanan di Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, dengan pendekatan partisipatif. Penelitian ini melibatkan anak jalanan untuk menggali pengalaman, pandangan dan harapan mereka tentang kondisi biopsikosial, sehingga peneliti dapat mengidentifikasi kebutuhan, pemberdayaan dan merancang solusi yang sesuai. Peneitian ini bertujuan untuk memahami kondisi biopsikosial anak jalanan di Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung melalui keterlibatan anak jalanan sebagai subjek aktif dalam proses penelitian. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam pada tiga anak perempuan yang dipilih menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menegaskan, bahwa kondisi biopsikososial anak jalanan di Kelurahan Pasir Kaliki, Bandung menghadapi masalah kesehatan, keterbatasan pendidikan, dan stigma sosial. Meskipun hidup dalam kesulitan fisik dan emosional, anak-anak jalan tetap memiliki harapan dan cita-cita, seperti menjadi dokter atau tentara. Namun, tantangan ekonomi dan akses yang terbatas menjadi hambatan utama. oleh karenanya, dibutuhkan intervensi sosial dan kebijakan untuk meningkatkan akses kesehatan, pendidikan dan dukungan psikososial bagi anak jalanan, guna memberikan kesempatan baik dalam menyongsong masa depan.
This study analyzes the biopsychosocial conditions of street children in Pasir Kaliki Village, Cicendo District, Bandung City, using a participatory approach. This study involves street children to explore their experiences, views, and expectations about biopsychosocial conditions so that researchers can identify needs, and empowerment and design appropriate solutions. This study aims to understand the biopsychosocial conditions of street children in Pasir Kaliki Village, Cicendo District, Bandung City through the involvement of street children as active subjects in the research process. Using a qualitative descriptive method, data were collected through participatory observation and in-depth interviews with three girls selected using a purposive technique. The results of the study confirmed that the biopsychosocial conditions of street children in Pasir Kaliki Village, Bandung face health problems, limited education, and social stigma. Despite living with physical and emotional difficulties, street children still have hopes and dreams, such as becoming doctors or soldiers. However, economic challenges and limited access are major obstacles. Therefore, social and policy interventions are needed to improve access to health, education, and psychosocial support for street children, to provide good opportunities in facing the future.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainin, D. T., Hairunnisa, H., Hudhori, S., & Novitri, A. (2023). Menyemai Harapan: Membangun Inklusi Sosial melalui Pendidikan Karakter bagi Anak Jalanan. Pengabdian Cendekia, 1(2), 39–42.
Aisyah, I., & Antika, E. R. (2024). Ketahanan Psikologis pada Anak Jalanan: Dasar Pengembangan Layanan Intervensi bagi Konselor Komunitas. Quanta Journal, 8(1), 40–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4474
Amiman, R., Mokalu, B. J., & Tumengkol, S. (2022). Peran Media Sosial Facebook Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Ilmiah Society, 2(3).
Dailami, M., Yulius Tahya, C., Gyta, D., Harahap, S., Duhita, R., Sutrisno, E., Hidana, R., Supinganto, A., Puspita, R., Purbowati, R., Yusal, S., Alang, H., & Apriyanti, E. (2020). Biologi Umum. Widina
Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/https://repository.penerbitwidina.com/uk/publications/326856/biologi-umum#cite
Erlanga, S. Y., Kuncoro, K. S., Ardilla, N., Winingsih, P. H., Lapiana, U.
N. B., Yektyastuti, R., & Fitri, A. (2024). Psikologi Pendidikan. Edupedia Publisher. https://doi.org/https://press.eduped.org/index.php/pedia/article/view/20
Fatia, D. N., Khairunida, D., Salsabila, K., Putri, R. R., Dewi, D. P. P., Yulia, C., & Syarkawi, A. (2024). Analisis Coping Mechanism Mahasiswa Tingkat Akhir Uhamka Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(2), 72–84.
Fidienillah, F. F., Rafsanjani, H. S., & Iqlima, F. (2024). Interaksi Sosial Siswa Tunadaksa Dengan Teman Kelas Sebaya di Sekolah. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 142–157.
Husna, N. (2014). Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1).
Jurnalpos, R. (2024, April 8). Diskusi Insos Tegaskan Pentingnya Pendidikan bagi Anak Jalanan - Jurnalposmedia. Jurnalposmedia. https://jurnalposmedia.com/diskusi-insos-tegaskan-pentingnya-pendidikan-bagi-anak-jalanan/
Oktaviani, E. F. (2018). Metode Bimbingan Agama dalam Pembentukan Kemandirian Anak Jalanan di Yayasan Bina Anak Pertiwi Jakarta Selatan. (Bachelor’s thesis, Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Puruhita, A. A., Suyahmo, & Atmaja, H. T. (2016). Journal of Educational Social Studies Perilaku Sosial Anak-Anak Jalanan di Kota Semarang. JESS (Journal of Educational Social Studies), 5(2), 112–114.
Puspitasari, L., & Primanto, A. (2023). Sosialisasi Kesehatan Bagi Para Lansia Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6.
Putri, W. T. A. (2021). Menanggapi Fenomena Anak-Anak yang Mengemis dalam Perspektif Perkembangan Psikososial. Buana Gender: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22515/bg.v6i1.1351
Rachmawati, F., Friskarini, K., Edison, H., & Prasodjo, R. (2020). Studi eksplorasi pendidikan kesehatan reproduksi anak jalanan di rumah singgah binaan PKPR Puskesmas Jakarta Timur. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 11(1), 25–36.
Rachmawati, V., & Faedlulloh, D. (2021). Dinamika Pelaksanaan Kebijakan Program Pelayanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Anak Jalanan. Journal of Political Issues, 2, 67–78. https://doi.org/10.33019/jpi.v2i2.38
Siswadi, G. A. (2022). Dualitas Harapan dan Ketakutan di dalam Hidup Manusia: Sebuah Telaah Filosofi. Widya Katambung: Jurnal Filsafat Agama Hindu, 13(1), 16–26. https://doi.org/10.33363/wk.v13i1.792
Suyanto, B. (2019). Sosiologi Anak. Jakarta: Kencana. https://doi.org/https://books.google.co.id/books?id=hxG3DwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=BVdtsaua5p&dq=sosiologi%20anak&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q=sosiologi%20anak&f=false
Uliyanda, D., Syabrina, L., Shofi, K., Az-Zahra, M., & Dalimunthe, P. A. (2024). Analisis Pembelajaran Psikologi Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12).
DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v7i2.59189
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Terindeks Di: