PROBABILITAS LONGSOR PADA LERENG TAMBANG BATUBARA TERBUKA SISI SIDEWALL SELATAN PIT X, KALIMANTAN SELATAN
Abstrak
Analisis kestabilan lereng sangatlah penting karena dapat menjamin kelancaran produksi dan
keselamatan kerja pada tambang terbuka. Analisis kestabilan lereng tidak cukup hanya dengan
perhitungan nilai faktor keamanan saja. Namun, perlu diperhitungkan nilai probabilitas kelongsorannya.
Penelitian ini dilakukan pada desain lereng sidewall selatan pit X dengan metode probabilistik. Data
statistik yang dijadikan sebagai variabel acak yaitu nilai kohesi, sudut geser dalam, dan nilai unit weight
menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov dengan metode sampling Monte-Carlo. Simulasi
kestabilan lereng menggunakan metode Morgenstern-Price berdasarkan kriteria keruntuhan Mohr-
Coulomb. Hasil simulasi menunjukkan bahwa desain lereng sidewall selatan tidak memenuhi kriteria
lereng stabil. Sehingga perlu dilakukan revisi desain. Revisi dilakukan dengan mengurangi nilai overall
slope dengan memundurkan crest, mengurangi tinggi tiap jenjang, dan memperlebar lebar jenjang.
Untuk penambahan jarak jalan di atas lereng, akan meningkatkan nilai faktor keamanan. Namun, pada
batas titik tertentu, penambahan jarak beban tidak lagi berpengaruh terhadap peningkatan nilai FK
maupun PK. Sedangkan antara nilai FK dan PK memiliki hubungan yang berbanding terbalik, dimana
nilai FK yang semakin besar akan memperkecil nilai probabilitas kelongsorannya.
Kata Kunci: Analisis kestabilan lereng, Metode probabilitas, Probabilitas kelongsoran, Faktor
keamanan
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/pgj.v3i5.26327
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
PUBLISHED BY
FACULTY OF GEOLOGICAL ENGINEERING
UNIVERSITAS PADJADJARAN
SUMEDANG
INDONESIA
Dean's Building 2nd Floor
Ir. Soekarno ROAD, KM 21
Jatinangor, Sumedang 45363
West Java