Hubungan Karakteristik Pasien BPJS Kesehatan dan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan terhadap Pelayanan Resep di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Purwakarta

Zella Yulanda, Siti Saidah Mutmainah, ED Yunisa Mega Pasha

Abstract


Kesehatan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat, yang dapat dipenuhi dengan memperoleh pelayanan prima. Tuntutan masyarakat terhadap kesehatan meningkat seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat. Namun, tingginya minat masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan tidak diiringi dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkan, sehingga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan karakteristik pasien BPJS Kesehatan dan waktu tunggu dengan tingkat kepuasan terhadap pelayanan resep di instalasi farmasi rumah sakit. Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa gambaran tingkat kepuasan pasien dimensi tangibles dengan skor 59,8%, reliability 75,2%, responsiveness 62%, assurance 71,4%, dan empathy 66,4%. Hasil analisis hubungan diperoleh jenis kelamin (p=0,989), umur (p=0,192), pendidikan (p=0,132), pekerjaan (p=1,000), waktu tunggu (p=0,161). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan Rawat Jalan dengan pelayanan resep di instalasi farmasi rumah sakit Purwakarta yaitu puas (66,96%) dan tidak terdapat hubungan antara karakteristik pasien dan waktu tunggu dengan tingkat kepuasan.


Keywords


BPJS Kesehatan; kepuasan pasien; kualitas pelayanan

References


Isvandiari A, Purwanto A. The Influence of Organizational Culture, Work Discipline, and Job Satisfaction on the Performance of Non-Medical Employees at the Malang Islamic Hospital. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia. 2017;11(1):38–43. doi: 10.32812/jibeka.v11i1.29

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit [Internet]. 2020:1–80.

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. 2016:1–63.

Megawati, Hariyanto T, Rachmi AT. The Relationship between Outpatient Pharmacy Service Quality Dimensions and Patient Satisfaction at Baptist Batu Hospital: The Role of Insurance Membership. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). 2016;14(66):147–60. doi: 10.18202/jam23026332.14.1.16

Muhammad D, Almasyhuri A, Setiani LA. Evaluation of the Level of Patient Satisfaction with Pharmaceutical Services at Sekarwangi Cibadak Hospital, Sukabumi Regency. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi. 2020;4(2):174–86. doi: 10.22437/jiituj.v4i2.11606

Dahlan, Hasim D, Hamdan. Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. 2017;4(2):70–5. doi: 10.26858/ja.v4i2.5989

Harpiani S, Puspitasari CE, Erwinayati GAS, Annisa BS. Analysis of the Level of Patient Satisfaction with the Quality of Service in the Outpatient Pharmacy Installation of the NTB Provincial Regional Hospital for the Period March-April 2019. Sasambo Journal of Pharmacy. 2020;1(1):17–21. doi: 10.29303/sjp.v1i1.9

Ratnasari S, Suleeman J, Psikologi F, Indonesia U. Differences in Emotion Regulation of Women and Men in Higher Education. 2017;15(01):35–46. doi: 10.7454/jps.2017.4

Stiani SN, Nurfitriani S. Analysis Of Social Security Administrator Patient Satisfaction In Pharmaceutical Care Outpatient In Hospital Pharmacy Of Serang. Jurnal Farmagazine. 2014;I(1):26–31. doi: 10.47653/farm.v1i1.44

Permenkes. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 25 Tahun 2016 Tentang Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia Tahun 2016-2019. 2016:1–97.

Permendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 10 Tahun 2020 Tentang Program Indonesia Pintar [Internet]. 2020:1–11.

Badan Pusat Statistik Jawa Barat. Penduduk Jawa Barat Menurut Status Pekerjaan Utama [Internet]. Badan Pusat Statistik Jawa Barat; 2022 [cited 2025 Mar 10]. Tersedia dari: https://jabar.bps.go.id/id/statistics-table/2/Nzc2IzI%3D/penduduk-bekerja-jawa-barat-menurut-status-pekerjaan-utama.html?utm

Herawati P. The Influence of Human Resources on Service Quality (Study of the Influence of Human Resources on Service Quality in Kutorejo District Government Offices, Mojokerto Regency). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. 2018;4(1):958–61. doi: 10.30996/jpap.v4i1.1279

Hastuti SKW, Mudayana AA, Nurdhila AP, Hadiyatma D. Relationship between Service Quality and BPJS Patient Satisfaction at the Yogyakarta Regional Health Center. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. 2017;11(2):161–8.

Nadaa Z. The Influence of Interior Design on Patient Comfort Factors in the Waiting Room of Hospital Outpatient Units. NARADA, Jurnal Desain & Seni, FDSK - UMB. 2017;4(3):239–57. Tersedia dari: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/3223/1776

Lestari DD, Parinduri SK, Fatimah R. The Relationship between Waiting Time for Outpatient Services and Patient Satisfaction at the Internal Medicine Specialist Polyclinic, Bogor City Regional Hospital, 2018-2019. Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2020;3(3):231. doi: 10.32832/pro.v3i3.417

Munawir I. Factors Associated with Hospital Outpatient Satisfaction. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2018;17(3):15–22. doi: Doi.org/10.33221/jikes.v17i3.155

Malinda S, Angin MP, Primadiamanti A. Analysis of Satisfaction Level of Pharmaceutic Al Policy Patients In Pharmacy Services In Pharmacy Installation Of Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Hospital. Jurnal Medika Malahayati. 2023;7(1):479–90. doi: 10.33024/jmm.v7i1.9464

Meila O, Pontoan J, Zizwanto E, Satkes P, Mabes P, Selatan PJ. Analysis Of BPJS Patient Satisfication Level In Pharmaceutical Services In Pharmacy SATKES PUSDOKKES MABES POLRI. Clinical and Pharmaceutical Sciences). 2020;01(02):29–39. doi: 10.30587/herclips.v1i02.1520

Efriani L, Dewi KL, Marfuati S. The Relationship between Sociodemographic Characteristics and the Level of Satisfaction with Pharmaceutical Services at Pharmacy X, Cirebon Regency. Borneo Journal of Pharmascientech. 2022;06(02):94–8. doi: 10.51817/bjp.v6i2.441

Maulana D, Tamrin R, Alim A, Imran A. Analysis of the Relationship between Waiting Time and Patient Satisfaction at the Maccini Sombala Community Health Center. Jurnal Kesehatan. 2019;12(2):99–111. doi: 10.24252/kesehatan.v12i2.10483




DOI: https://doi.org/10.15416/ijcp.2024.13.1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Indonesian Journal of Clinical Pharmacy is indexed by

        

  Creative Commons License

IJCP by Universitas Padjadjaran is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

View My Stats