TRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGELOLA E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI KOTA BEKASI TAHUN 2020 (Studi Pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Bekasi)
Abstrak
The condition of the management of public complaints in each region is
currently not fully integrated, to overcome problems related to the implementation of
public services, the central government has created a system for managing
complaints services, through SP4N-LAPOR. The purpose of this study is to examine
the local government's communication strategy in managing e-government through
the LAPOR application in Bekasi City 2020-2021. The research method used is a
qualitative research method with a descriptive approach. Data collection techniques
by interview, observation, and literature study. This study uses data analysis
techniques with data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The
data validation technique used is source triangulation. The results of this research
that the communication strategy carried out by the Communication, Informatics,
Statistics, and Encoding of Bekasi has not been running in accordance with the
SP4N-LAPOR communication strategy guidelines. There are several aspects that
have not been optimized, namely in the aspect of compiling messages as well as
aspects of media selection and use, so it is necessary to make special strategic
guidelines and technical instructions for managing the LAPOR application in the
Bekasi City environment as well as coordinating with the regional working unit in
Bekasi City. For the use of media, take advantage of technological developments for
socialization and publication by creating persuasive creative content through social
media, as well as direct socialization with Road Shows in 12 Districts in Bekasi City.
Kondisi pengelolaan pengaduan publik di setiap daerah saat ini belum
terintegrasi secara menyeluruh, untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan
penyelenggaraan pelayanan publik, pemerintah pusat telah menciptakan sistem
pengelolaan layanan pengaduan, melalui SP4N-LAPOR. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengkaji strategi komunikasi pemerintah daerah dalam mengelola e-
government melalui aplikasi LAPOR di Kota Bekasi Tahun 2020-2021. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi
pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data yang digunakan yaitu
dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi
komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kominfostandi belum berjalan sesuai dengan
panduan strategi komunikasi SP4N-LAPOR. Terdapat beberapa aspek yang belum
dioptimalkan yaitu pada aspek menyusun pesan serta aspek seleksi dan penggunaan
media, sehingga perlu untuk membuat pedoman strategi khusus dan petunjuk teknis
pengelolaan aplikasi LAPOR di lingkungan Kota Bekasi serta berkoordinasi dengan
OPD yang ada di Kota Bekasi. Untuk penggunaan media dapat memanfaatkan
perkembangan teknologi untuk sosialisasi dan publikasi dengan membuat konten
kreatif yang bersifat persuasif melalui media sosial, serta sosialisasi secara langsung
dengan Road Show di 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v3i1.49048
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.