IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT SISTEM TERINTEGRASI UNTUK PENGADUAN DAN ASPIRASI (SIGAP) DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA DEPOK TAHUN 2020

Audiya Suci Yolanda, Desi Yunita

Abstrak


Penelitian ini yang berjudul “Implementasi E-Government Sistem Terintegrasi untuk Pengaduan dan Aspirasi dalam Pelayanan Publik (Studi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok 2020) mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Sistem Terintegrasi untuk Pengaduan dan Aspirasi dalam Pelayanan Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok di tinjau dari teori implementasi kebijakan menurut Charles O. Jones yang terdapat beberapa poin yang diantaranya adalah organisasi,interpetasi, dan aplikasi. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan lapangan yang real-time serta untuk teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, dan studi lapangan yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dalam penelitian ini sudah terdapat pengimplementasian yang didasarkan dari Organisasi adalah aplikasi SIGAP masih kekuangan sumber daya manusia, sehingga dalam implementasinya masih terdapat masalah teknis, dan penting untuk diperhatikan oleh pengelola untuk segera menyelesaikan masalah tersebut, sedangkan unit atau struktur yang ada pada implementasi SIGAP itu sudah jelas. Interpretasi SOP yang ada untuk semua personal yang terlibat dalam pelaksanaanya bisa dikatakan sudah baik dan sosialisasi sudah dilakukan secara maksimal tetapi hasilnya belum secara menyeluruh efektif. Aplikasi sudah berjalan dengan baik dan akan terus berkembang melihat masih banyak masyrakat Kota Depok yang belum menggunakan aplikasi SIGAP dan untuk pelaporan nya belum berjalan dengan efektif karna belum terdapat LPJ secara resmi antara opd dan adminstrator SIGAP, maka dapat disimpulkan aplikasi SIGAP belum berjalan sesuai dengan yang tujuan, karena masih banyak terdapat kendala dan keluhan dari masyarakat sebagai pengguna aplikasi tersebut dan perlu ditingkatkan lagi kualitas dari pelayanannya.

 

This study, entitled "Implementation of an Integrated E-Government System for Complaints and Aspirations in Public Services (Study at the Depok City Communication and Information Office 2020) has the aim of knowing and describing the implementation of an Integrated System for Complaints and Aspirations in Public Services at the Communications and Informatics Service. According to Charles O. Jones, the city of Depok is viewed from the theory of policy implementation according to Charles O. Jones, which contains several points, including organization, interpretation, and application. This research uses a descriptive method with a qualitative approach to describe real-time and data collection techniques using literature studies, and field studies that include observation, interviews, and documentation.

In this study there has been an implementation based on the organization, namely the SIGAP application is still lacking in human resources, so in its implementation, there are still technical problems, and it is important for the manager to pay attention to immediately resolve the problem, while the existing units or structures in the SIGAP implementation have clear. The interpretation of the existing SOPs for all personnel involved in its implementation can be said to have been good and the socialization has been carried out optimally but the results have not been comprehensively effective. The application has been running well and will continue to grow seeing that there are still many people in Depok City who have not used the SIGAP application and for reporting it has not run effectively because there is no official LPJ between the opd and the SIGAP administrator, it can be concluded that the SIGAP application has not run as expected. purpose, because there are still many obstacles and complaints from the public as users of the application and the quality of service needs to be improved.


Kata Kunci


Implementasi, SIGAP, Pengguna aplikasi

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v3i1.49073

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :