EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SI GEULIS (SELESAIKAN IZIN DI GERAI UNTUK LAYANAN IZIN CIAMIS) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN CIAMIS

Triyanti Putri Lismaya, Novie Indrawati Sagita, Yayan Nuryanto

Abstrak


Public services must be carried out by every government agency in order to provide
effective and efficient services. In connection with this, the role of service is very important in a
government agency in order to provide satisfaction to customers and fulfill their needs and
desires. The development of technology and information has made The Office of Investment and
One Stop Service Ciamis Regency continue to innovate in providing services. One form of service
innovation at DPMPTSP Ciamis Regency is Si Geulis (Selesaikan Izin di Gerai Untuk Layanan
Izin Ciamis). This outlet-based licensing service was launched and organized by the One-Stop
Investment and Integrated Services Office and the cost of organizing this outlet comes from the
Ciamis Regency Regional Budget (APBD). The service was introduced to the public in 2021 and
has been running until now. This research uses descriptive qualitative research methods. By
using the program effectiveness theory from Sutrisno in Indrayani and Niswah (2017). This study
uses indicators of Program Understanding, On Target, On Time, Achieving Goals, and Real
Change. The results of this study indicate that the Si Geulis program has not run effectively in 27
sub-districts due to the limited budget for facilities. In addition, the official operational vehicle
used for the Si Geulis program is only 1 in serving so that the time for service is limited. Based on
the results of the research, it can be concluded that the main strategy carried out so that this
program runs effectively is to improve the quality of the implementation of outlet-based licensing
services by collaborating with the Sub-district as the organizer of the outlet so as to facilitate
services to the community in the area and improve infrastructure in each Sub-district such as
compatible devices.

 

Pelayanan publik harus dilakukan oleh setiap instansi pemerintahan agar dapat
memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan ini, maka peran dari
pelayanan sangatlah penting dalam suatu instansi pemerintahan agar dapat memberikan kepuasan
kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginannya. Semakin berkembangnya
teknologi dan informasi menjadikan Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Kabupaten
Ciamis dalam memberikan pelayanan terus berinovasi. Salah satu bentuk inovasi pelayanan diDPMPTSP Kabupaten Ciamis yaitu Si Geulis (Selesaikan Izin di Gerai untuk Layanan Ciamis).
Pelayanan perizinan berbasis gerai ini diluncurkan dan diselenggarakan oleh Dinas Penanaman
Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan biaya penyelenggaraan Gerai ini berasal dari
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Ciamis (APBD). Pelayanan tersebut mulai
dikenalkan pada masyarakat pada tahun 2021 hingga berjalan sampai saat ini. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teori efektivitas
program dari Sutrisno dalam Indrayani dan Niswah (2017). Penelitian ini menggunakan indikator
Pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan, dan Perubahan Nyata.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa program Si Geulis belum berjalan efektif di 27
Kecamatan hal ini dikarenakan terbatasnya anggaran untuk sarana . Selain itu, kendaraan
operasional dinas yang digunakan untuk program Si Geulis hanya 1 dalam melayani sehingga
waktu untuk pelayanan terbatas. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
strategi utama yang dilakukan agar program ini berjalan dengan efektif yaitu meningkatkan
kualitas penyelenggaraan pelayanan perizinan berbasis gerai dengan berkolaborasi bersama pihak
Kecamatan selaku penyelenggara gerai sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat di
daerah dan meningkatkan sarana prasarana di tiap Kecamatan seperti perangkat yang kompatibel.


Kata Kunci


DPMPTSP Kabupaten Ciamis, Pelayanan Perizinan, Pelayanan Publik, Si Geulis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BUKU

Bambang, I. (2011). Manajemen

Pemerintahan Dalam Perspektif

Pelayanan Publik.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas

Pelayanan Publik.

Makmur. (2011). Efektivitas Kebijakan

Kelembagaan Pengawasan.

Nur’aini, F. (2020). Teknik Analisis SWOT

Pedoman Menyusun Strategi yang

Efektif & Efisien serta Cara

Mengelola Kekuatan dan Ancaman.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan

Publik ( Perilaku Aparatur dan

Komunikasi Birokrasi Dalam

Pelayanan Publik).

JURNAL

Indrayani, N. (2017). Efektivitas Program

Pengolahan Administrasi Desa Secara

Elektronik (Pade) Di Desa Mantup

Kecamatan Mantup Kabupaten

Lamongan. 5.

Savinatunazah, V. (2019). Efektivitas

Pelayanan Perizinan Berbasis Online

Di Dinas Penanaman Modal Dan

Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kabupaten Ciamis. 6.

PERATURAN

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007

tentang Penanaman Modal

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008

tentang Usaha Mikro Kecil dan

Menengah

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009

tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014

tentang Administrasi Pemerintahan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2015

tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020

tentang Cipta Kerja

Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2009

tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu

di Bidang Penanaman Modal

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor

Tahun 2006 tentang Pedoman

Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu

Satu Pintu

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor

Tahun 2017 tentang Pedoman

Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu

Daerah

Peraturan Bupati Ciamis Nomor 37 Tahun

tentang Penyelenggaraan Gerai

Pelayanan Perizinan Ciamis

SKRIPSI

Afif, P. (2020). Efektivitas Pelayanan

Perizinan Melalui Simpatik (Sistem

Informasi Pelayanan Perizinan Untuk

Publik) Di Dinas Penanaman Modal

Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

(DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat.

Hidayati, U. (2018). Penerapan Analisis

Swot Sebagai Strategi Pengembangan

Usaha Dalam Persepektif Ekonomi

Islam (Studi pada Desa Jatirenggo

Kecamatan Pringsewu Kabupaten

Pringsewu).

Laili, F. (2022). Inovasi Pelayanan Publik

Melalaui Si Geulis Pada Dinas

Penanaman Modal dan Pelayanan

Terpadu Satu Pintu Kabupaten

Ciamis.

Prasojo, H. (2022). Analisis Faktor Yang

Memengaruhi Minat Beli Konsumen

Usaha Kecil Menengah Keatas

(Umkm) Sweet Dimsum Mojokerto.

Roqi, M. (2021). Efektivitas Sistem

Pelayanan Perizinan Online Di Dinas

Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tasikmalaya

Tahun 2019 (Studi Pada Pemenuhan

Komitmen Izin Usaha Perdagangan

(Siup) CV).

Shelmi, A. (2022). Efektivitas Program

Bike Sharing (Boseh) Sebagai Moda

Transportasi di Kota Bandung Tahun




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i1.52868

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :