PENERAPAN E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI E-HISOS PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA DEPOK TAHUN 2022
Abstrak
Pemerintah mempunyai tugas untuk segera melakukan reformasi guna mewujudkan
pelayanan publik yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya pemerintah provinsi, kota, maupun
kabupaten dituntut untuk melaksanakan pemerintahan berlandaskan pada Electronic Government.
Electronic Government adalah suatu bentuk dari pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi yang ditujukan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat secara
efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan
penerapan E-Government melalui aplikasi E-Hisos pada Dinas Pendidikan Kota Depok Tahun
2022. Pada Penelitian ini menggunakan teori stages of government yang diungkapkan oleh
Gartner Group yang terdiri dari 4 (empat) tahapan perkembangan e-government yaitu web
presence, interaction, transaction, dan transformation yang menjadi tolak ukur dalam penelitian
ini. Selain itu penelitian ini didukung juga menggunakan identifikasi SWOT yaitu faktor
kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara,
observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan penerapan
e-governemnt sudah terpenuhi dalam aplikasi E-Hisos. Namun, dalam tahapan perkembangan dan
pelaksanaannya masih belum optimal. Hal ini dikarenakan oleh server pada website E-Hisos
mengalami gangguan error, sosialisasi yang kurang merata, dan fitur-fitur yang perlu
dikembangkan. Tahapan perkembangan penerapan e-government melalui aplikasi E-Hisos pada
Dinas Pendidikan Kota Depok belum berkembang secara optimal. Saran yang dapat diberikan
yaitu mengembagkan fitur dan sistem yang telah ada serta melakukan sosialisai dan evaluasi
secara rutin dan merata.
The government has the duty to immediately carry out reforms in order to create quality
public services. In practice, provincial, city and district governments are required to implement
governance based on Electronic Government. Electronic Government is a form of utilizing
information and communication technology aimed at providing optimal services to the public in
an effective, efficient, transparent and accountable manner. The purpose of this study is to find out
the progress of implementing E-Government through the E-Hisos application at the Depok City
Education Office in 2022. This study uses the theory of stages of government expressed by the
Gartner Group which consists of 4 (four) stages of e-government development, namely web
presence, interaction, transaction, and transformation which are the benchmarks in this study. In
addition, this research is also supported by using SWOT identification, namely the factors of
strengths, weaknesses, opportunities and threats. This study uses descriptive research methods
with a qualitative approach and data collection techniques by interiews, observation,
documentation and literature study. The results of this study show that the application of e-
government has been fulfilled in the E-Hisos application. However, in the stages of development
and implementation it is still not optimal. This is because the server on the E-Hisos website
experiences error problems, uneven socialization, and features that need to be developed. The
stages of developing the implementation of e-government through the E-Hisos application at the
Depok City Education Office have not developed optimally. Suggestions that can be given are
developing existing features and systems as well as conducting socialization and evaluation
regularly and evenly
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Aminah, S. (2019). Pengantar Metode
Penelitian Kualitatif Ilmu Politik.
Jakarta: Kencana.
Dinas Pendidikan Kota Depok. 2021.
Laporan Akuntabilitas Kinerja
Instansi Pemerintah Tahun 2021.
Depok: Dinas Pendidikan Kota
Depok
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan
Publik: Konsep, Dimensi, Indikator,
dan Implementasinya. Yogyakarta:
Penerbit Gava Media.
Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi
Electronic Government. APTIKOM.
Kurniawan, A. (2005). Transformasi
Pelayanan Publik. Yogyakarta:
Pembaharuan.
Kurniawan, R. (2021). Ekologi
Pemerintahan. Lampung: Literasi
Nusantara.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Siagian. (2012). Manajemen Stratejik.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian:
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Khristianto, W. (2007). Hambatan dan
Potensi Penerapan E-Government.
Administratio. Retrieved April 10,
, from
http://repository.unej.ac.id
Legi, Harlina Valentina. 2020. Model
Implementasi E-Government di Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kota
Manado. Jurnal Studi Guru dan
Pembelajaran 03, no.2
Mamangkey, Christy Lidya. 2022. Efektivitas
Pelaksanaan E-Government Melalui
Aplikasi KABOS dalam
Meningkatkan Pelayanan di Dinas
Pendidikan Kabupaten Minahasa.
Marliani L. (2018). Definisi Administrasi
dalam Berbagai Sudut Pandang.
Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi
Negara, 18. Retrieved Februari 20,
, from http://jurnal.unigal.ac.id
Nurhakim, M. R. (2014). Implementasi E-
Government dalam Mewujudkan
Transparansi dan Akuntabilitas
Sistem Pemerintah Daerah. Ilmu
Administrasi. Retrieved Maret 21,
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014
tentang Administrasi Pemerintahan
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014
tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
tentang Pelayanan Publik
Peraturan Presiden Republik Indonesia
Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem
Pemerintahan Berbasis Elektronik
Instruksi Presiden Republik Indonesia
Nomor 3 Tahun 2003 tentang
Kebijakan dan Strategi Nasional
Pengembangan E-Government
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang
Pedoman Umum Penyelenggaraan
Pelayanan Publik
Peraturan Wali Kota Depok Nomor 40 tahun
tentang Penyelenggaraan Sistem
Pemerintahan Berbasis Elektronik
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60305
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.