OPTIMALISASI PELAYANAN BURSA KERJA ONLINE MELALUI APLIKASI NEW BIMMA DI KOTA BANDUNG TAHUN 2021-2022

Reza Arinda Pratama, Rahman Mulayawan, Ivan Darmawan

Abstrak


Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Pelayanan Bursa Kerja Online melalui Aplikasi NEW
BIMMA di Kota Bandung Tahun 2021-2022”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya
permasalahan dalam pelayanan bursa kerja secara online melalui aplikasi NEW BIMMA sehingga
mengakibatkan tidak optimalnya penggunaan bursa kerja secara online dalam penyediaan
lowongan kerja secara online dan berkurangnya ketertarikan para pencari kerja di Kota Bandung
untuk menggunakan aplikasi NEW BIMMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengidentifikasikan dan mendeskripsikan terkait optimalisasi pelayanan bursa kerja online
melalui aplikasi NEW BIMMA di Kota Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan studi pustaka, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan bursa kerja online
melalui aplikasi NEW BIMMA masih belum berjalan dengan optimal, dikarenakan kurangnya
ketertarikan para pencari kerja lebih memilih mengikuti pelayanan bursa kerja secara offline
dibandingan dengan menggunakan pelayanan bursa kerja secara online, lowongan pekerjaan yang
disediakan kurang up to date, dan respon perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan
sangatlah lambat. Namun keamanan yang dimiliki dalam aplikasi NEW BIMMA sudah dipastikan
aman, karena tidak pernah adanya pelaporan terkait kebocoran data dll.

This research is entitled “Optimizing Online Job Fair Service Through the NEW
BIMMA Application in the City of Bandung in 2021-2022”. The background of this research
is that there are problems in the online job fair service through the NEW BIMMA application,
which results in not optimal use of the online job market in providing online job vacancies
and the reduced interset of job seeekers in the city of Bandung to use the NEW BIMMA
application. The purpose of this study is to identify and describe the optimazation of online
job fair services through the NEW BIMMA application in the city of Bandung. The research
method used is a qualitative method. This data colletction technique uses literature,
observation, interviews, and documentation. The result of this study indicate that online job
fair service through the NEW BIMMA application is still not running optimally, due to the
lack of interset of job seekers who prefer to take part in the offline job fair service compated
to using the online job fair service, the job vacancies provided are not up to date, and the
response of companies providing job vacancies is very slow. However, the security that is
owned in the NEW BIMMA application is guaranteed to be safe, because there has never been
an report regarding data leaks etc.


Kata Kunci


Optimalisasi, Pelayanan Bursa Kerja Online, NEW BIMMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S.

P. W. (2018). Analisis Kesuksesan

Sistem Informasi Kemahasiswaan

(SIKMA) dengan Pendekatan Model

DeLone dan McLean. Indonesian

Journal of Information Systems, 1(1),

-46.

Indrayani. (2016). E-Government Konsep,

Implementasi dan Perkembangannya

di Indonesia. Institut Pemerintahan

Dalam Negeri.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981

Tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan

di Perusahaan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014

Tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009

Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014

Tentang Administrasi Pemerintahan

Instruksi Presiden No 3 Tahun 2003 Tentang

Kebijakan Strategi Nasional

Pengembangan E-Government

Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018

tentang Sistem Pemerintahan Berbasis

Elektronik




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :