OPTIMALISASI PELAYANAN BURSA KERJA ONLINE MELALUI APLIKASI NEW BIMMA DI KOTA BANDUNG TAHUN 2021-2022
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Pelayanan Bursa Kerja Online melalui Aplikasi NEW
BIMMA di Kota Bandung Tahun 2021-2022”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya
permasalahan dalam pelayanan bursa kerja secara online melalui aplikasi NEW BIMMA sehingga
mengakibatkan tidak optimalnya penggunaan bursa kerja secara online dalam penyediaan
lowongan kerja secara online dan berkurangnya ketertarikan para pencari kerja di Kota Bandung
untuk menggunakan aplikasi NEW BIMMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengidentifikasikan dan mendeskripsikan terkait optimalisasi pelayanan bursa kerja online
melalui aplikasi NEW BIMMA di Kota Bandung. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan studi pustaka, observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan bursa kerja online
melalui aplikasi NEW BIMMA masih belum berjalan dengan optimal, dikarenakan kurangnya
ketertarikan para pencari kerja lebih memilih mengikuti pelayanan bursa kerja secara offline
dibandingan dengan menggunakan pelayanan bursa kerja secara online, lowongan pekerjaan yang
disediakan kurang up to date, dan respon perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan
sangatlah lambat. Namun keamanan yang dimiliki dalam aplikasi NEW BIMMA sudah dipastikan
aman, karena tidak pernah adanya pelaporan terkait kebocoran data dll.
This research is entitled “Optimizing Online Job Fair Service Through the NEW
BIMMA Application in the City of Bandung in 2021-2022”. The background of this research
is that there are problems in the online job fair service through the NEW BIMMA application,
which results in not optimal use of the online job market in providing online job vacancies
and the reduced interset of job seeekers in the city of Bandung to use the NEW BIMMA
application. The purpose of this study is to identify and describe the optimazation of online
job fair services through the NEW BIMMA application in the city of Bandung. The research
method used is a qualitative method. This data colletction technique uses literature,
observation, interviews, and documentation. The result of this study indicate that online job
fair service through the NEW BIMMA application is still not running optimally, due to the
lack of interset of job seekers who prefer to take part in the offline job fair service compated
to using the online job fair service, the job vacancies provided are not up to date, and the
response of companies providing job vacancies is very slow. However, the security that is
owned in the NEW BIMMA application is guaranteed to be safe, because there has never been
an report regarding data leaks etc.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S.
P. W. (2018). Analisis Kesuksesan
Sistem Informasi Kemahasiswaan
(SIKMA) dengan Pendekatan Model
DeLone dan McLean. Indonesian
Journal of Information Systems, 1(1),
-46.
Indrayani. (2016). E-Government Konsep,
Implementasi dan Perkembangannya
di Indonesia. Institut Pemerintahan
Dalam Negeri.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981
Tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan
di Perusahaan
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014
Tentang Pemerintah Daerah
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
Tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014
Tentang Administrasi Pemerintahan
Instruksi Presiden No 3 Tahun 2003 Tentang
Kebijakan Strategi Nasional
Pengembangan E-Government
Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018
tentang Sistem Pemerintahan Berbasis
Elektronik
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60313
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.