PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL (E-GOVERNMENT) MELALUI APLIKASI SIPILA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWAKARTA
Abstrak
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta memiliki pelayanan secara
online melalui website, dan whatsapp. Selain itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Purwakarta memanfatkan kemajuan teknologi dengan menciptakan inovasi dengan
membuat pelayanan online melalui aplikasi SIPILA. Dalam pelaksanaan pelayanan melalui aplikasi SIPILA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta masih ada
permasalahan seperti lambatnya dalam proses pelayanan kepada masyarakat dan kekurangan
pegawai yang mengakitbatkan proses pelayanan tersebut menjadi lambat. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk membuktikan sejauh mana Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government)
Melalui Aplikasi SIPILA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta.
Yang mana di dalam penelitian ini dilakukan observasi dan wawancara kepada narasumber untuk
mengetahui bagaimana indikator efisiensi, realibilitas, kepercayaan, dukungan masyarakat, dan
kualitas sistem dalam mengukur aplikasi sipila berdasarkan teori arie dan hanum (2021). Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan memperoleh sebuah
data dari berbagai sumber yang nantinya dikaji oleh peneliti menghasilkan sebuah jawaban dari
penelitian ini. Dari hasil penelitian maka akan diketahui bahwa Pelayanan Publik Berbasis
Digital(E-Governmnet) Melalui Aplikasi Sipila di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Purwakarta dikatakan belum cukup sempurna, dikarenakan masih ada beberapa poin
indikator dalam mengukur aplikasi SIPILA yang belum tercapai. Lalu upaya Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purwakarta dalam sumber daya manusia nya belum maksimal di
dalam pelaksanaan pelayanan publik berbasis digital melalui aplikasi SIPILA.
The Department of Population and Civil Registration of Purwakarta Regency has online
services through the website and WhatsApp. In addition, the Department of Population and Civil
Registration of Purwakarta Regency takes advantage of technological advancements by creating
innovations by making online services through the SIPILA application. In the implementation of
services through the SIPILA application at the Department of Population and Civil Registration
of Purwakarta Regency there are still problems such as the slow process of serving the community
and the lack of staff which results in the service process being slow. The purpose of this research
is to prove the extent of Digital-Based Public Services (E-Government) through the SIPILA
Application at the Department of Population and Civil Registration of Purwakarta Regency. In
this study, observations and interviews were carried out with informants to find out how indicators
of efficiency, reliability, trust, community support, and system quality were used to measure civic
applications based on the theory of Arie and Hanum (2021). This research was conducted using
qualitative research methods, namely by obtaining data from various sources which the researcher
later reviewed to produce an answer from this research. From the results of the study it will be
known that Digital-Based Public Services (E-Government) Through Civil Applications at the
Population and Civil Registration Office of Purwakarta Regency are said to be imperfect enough,
because there are still several indicator points in measuring SIPILA applications that have not
been achieved. Then the efforts of the Department of Population and Civil Registration of
Purwakarta Regency in terms of human resources have not been maximized in implementing
digital-based public services through the SIPILA application.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arie, dan Hanum 2021. Pengaruh Kualitas
Pelayanan Website Djp Terhadap
Kepuasan Pengguna Dengan
Modifikasi E Govqual. Volume 15 No.
Hlm 104
Atthahara, Haura. 2018. Inovasi Pelayanan
Publik Berbasis E-Government: Studi
Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas
Komunikasi dan Informatika di
Kabupaten Purwakarta. Jurnal
Politikum Indonesia, Volume 3,
Nomor 1 Juli 2018: 2528-2069
.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60315
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.