EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (PATEN) DI KANTOR KECAMATAN CILEUNYI KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2022

Arsy Fahrezi Al-Maulana Hasim, Desi Yunita, Selvi Centia

Abstrak


Penyelenggaraan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) merupakan salah
satu tujuan yaitu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah pelayanan
kepada Masyarakat, sehingga tujuan utama dalamsebuah instansi pemerintahan. Salah satu inovasi pemerintah untuk mempermudah pelayanan publik kepada masyarakat adalah PATEN.
Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan salah satu program pelayanan
publik di kecamatan yang proses pelayanannya mulai dari permohonan sampai ke penerbitan
dokumennya dilakukan pada satu tempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana efektivitas program Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di Kecamatan
Cileunyi Kabupaten Bandung. Adanya penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa efektif
penyelenggaraan program PATEN di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini
menggunakan teori pengukuran efektivitas dari Duncan dalam Steers (2012:53) yang memiliki
tiga teori, yaitu: pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi serta menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu denganmenggunakan studi lapangan dan studi pustaka. Dari hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa program PATEN di Kecamatan Cileunyi sudah berjalan dengan cukup
baik, akan tetapi masih terdapat beberapa faktor yang menyebabkan program PATEN ini belum
sepenuhnya efektif dan masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Faktor yang
menghambat efektivitas PATEN terdiri dari faktor sumber daya manusia, teknologi informasi dan
kemampuan serta pemahaman masyarakat. Saran yang diberikan oleh penulis adalah menambah
jumlah SDM, meningkatkan sosialisasi dan terus melakukan inovasi baru untuk mencapai tujuan
PATEN.

The implementation of integrated sub-district administrative service (PATEN) is one of the
objectives, namely to provide service to the community and facilitate services to the community, so
that is the main goal in a government agency. One of the government’s innovations to make public
service easier for the community is PATEN. District integrated administrative services (PATEN)
is a public service program the service program in the district where the service process from
application to document issuance is carried out in one place. The aim of this research is to find out
how effective the integrated administrative service (PATEN) program is in Cileunyi District, Bandung
Regency. The purpose of this research is to find out how effevtive the implementation of the PATEN
program is in Cileunyi District, Bandung Regency. This reserch uses Duncan’s effectiveness
measurement theory in Steers (2012:53) which has three theories, namely: goal achievement,
integration and adaptation and uses qualitative research methods with a descriptive approach. The
data collection technique used in this research is filed study and literature study. The results of this
research show that the PATEN program in Cileunyi district has been running quite well, however
there are still several factors that causes this PATEN program to not be fully effective and there are
still several obstacles in its implementation. Factors that hinder the effectiveness of PATEN
consist of human resources, information technology and the ability and understanding of society.
The advice given by the author is to increase the number of human resourc, increase socialization
and continue to carry out new innovations to achieve PATENT goals.


Kata Kunci


Efektivitas, Kecamatan, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian.

Bogor: Ghalia Indonesia

Sumaryadi, I. N. (2010). Sosiologi

Pemerintahan dari Perspektif

Pelayanan.

Steers, M. (2015). Efektivitas Organisasi.

Jakarta: Erlangga.

Siagian, S. P. (2016). Sistem Informasi

Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metodelogi

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif ,

dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Jurnal

Amin,M. (2020). Pengaruh

Profesionalisme Aparatur Terhadap

Kualitas Pelayanan Publik Bidang

Administrasi Pemerintahan. Jurnal

Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis.

Dila Firlena, A. Z. (2016).

Implementasi Pelayanan Administrasi

Terpadu Kecamatan (PATEN) di

Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang

. Journal Of Public Policy And

Management.

Harahap, N. F. (2023). Efektivitas Pelayanan

Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten)

Dalam

Meningkatkan KepuasanMasyarakat Di

Kecamatan Medan Johor Kota Medan.

Skripsi.

Nangameka, F. P. (2018). Implementasi

Kebijakan Pelayanan Administrasi

Terpadu Kecamatan (Paten) Di

Kecamatan Jatinangor Kabupaten

Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal

IPDN.

Sumber Hukum

Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang

Pelayanan Publik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2014 Tentang Administrasi

Pemerintahan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008

tentang Kecamatan.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4

Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan

Administrasi Terpadu Kecamatan

Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor

-270 Tahun 2010.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2014 Tentang Pemerintahan

daerah




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60330

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :