PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEWILAYAHAN TERPADU (SIPAKU) DI KELURAHAN BABAKAN SARI TAHUN 2023

Alif Ahmad, Desi Yunita, Jovanscha Qisty Adinda F.A

Abstrak


Pada zaman teknologi informasi yang sudah semakin canggih, pemerintah harus terus
berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik. Melaksanakan pelayanan
publik juga merupakan salah satu tujuan utama sebuah instansi pemerintahan. Salah satu
inovasi yang telah dibuat oleh pemerintah adalah aplikasi SIPAKU untuk pelayanan
administrasi kependudukan di kewilayahan. Pelayanan publik berbasis online ini sudah marak
digunakan oleh banyak instansi pemerintah dan salah satunya adalah Kelurahan Babakan Sari.
Dengan adanya pelayanan publik berbasis online ini diharapkan mampu mempercepat proses
administrasi kependudukan yang sering kali lamban jika dilakukan secara manual. Penelitian
ini menggunakan teori elemen sukses e-government yang terdiri dari tiga elemen yaitu support,
capacity dan value. Pada penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan studi
pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pelayanan
publik berbasis online di Kelurahan Babakan Sari sudah terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia
yang handal dalam mengoperasikan aplikasi SIPAKU. Namun masih terdapat beberapa
kendala pada pelaksanaannya yaitu sosialisasi kepada masyarakat yang belum menyeluruh dan
masih ada fitur yang masih belum bisa digunakan. Untuk itu, Kelurahan Babakan Sari perlu
meningkatkan lagi sosialisasi kepada masyarakat serta selalu menindaklanjuti kepada pihak
terkait apabila ada fitur yang tidak bisa berjalan dengan baik.

In the age of increasingly sophisticated information technology, the government must
continue to strive to make innovations in public services. Carrying out public services is also
one of the main objectives of a government agency. One of the innovations that has been made
by the government is the SIPAKU application for population administration services in the
regions. This online-based public service has been widely used by many government agencies
and one of them is Babakan Sari Village. With this online-based public service, it is hoped that
it will be able to speed up the population administration process which is often slow if done
manually. This research uses the theory of e-government success elements which consists of
three elements, namely support, capacity and value. This research also uses qualitative
research methods with a descriptive approach. The techniques used for this research are using
literature study and field study. The results of this study explain that the implementation of
online-based public services in Babakan Sari Village has been well implemented. This is
indicated by the availability of adequate facilities and infrastructure and reliable human
resources in operating the SIPAKU application. However, there are still some obstacles in its
implementation, namely socialization to the community that has not been comprehensive and
there are still features that cannot be used. For this reason, Kelurahan Babakan Sari needs to
increase socialization to the community and always follow up with related parties if there are
features that cannot run properly.


Kata Kunci


Kelurahan Babakan Sari, Pelayanan Publik, SIPAKU

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Dwiyanto, A. (2017). MANAJEMEN

PELAYANAN PUBLIK: Peduli,

Inklusif, dan Kolaboratif.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik.

Semarang: Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Semarang.

Indrajit. (2002). Electronic Government.

Yogyakarta: Andi Offset.

Rohayatin, T. (2021). Dasar-Dasar Ilmu

Pemerintahan. Sleman: CV Budi Utama.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi

Penelitian Kualitatif Konsep dan

Aplikasi dalam Ilmu Sosial,

Keagamaan dan Pendidikan.

Bandung: Citapustaka Media.

Setijaningrum, E. (2009). Inovasi

Pelayanan Publik. Surabaya: PT.

Medika Aksara Globalindo.

Siagian, S. P. (2001). Kerangka Ilmu

Administrasi. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Silalahi, U. (1989). Studi tentang Ilmu

Administrasi: Konsep, Teori dan

Dimensi. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Thahir, B. (2019). PEMERINTAH DAN

PEMERINTAHAN INDONESIA

(SEBUAH BUNGA RAMPAI).

Jatinangor: Institut Pemerintahan

Dalam Negeri.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009

Tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014

Tentang Pemerintahan Daerah

Keputusan Menteri Pendayagunaan

Aparatur Negara Nomor 63 Tahun

tentang pedoman umum

penyelenggaraan pelayanan publik

Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun

Tentang Pendidikan dan

Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri

Sipil

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003

Tentang Kebijakan dan Strategis

Nasional Pengembangan e-

government

Undang-Undang No. 30 Tahun 2014

Tentang Administrasi Pemerintahan

Keputusan Menteri Pendayagunaan

Aparatur Negara Nomor 63 Tahun

tentang Pedoman Umum

penyelenggaraan Pelayanan Publik

Peraturan Presiden Republik Indonesia

Nomor 95 Tahun 2018 Tentang

Sistem Pemerintahan Berbasis

Elektronik

Jurnal

Astomo, P. (2014). Penerapan Prinsip-

Prinsip Pemerintahan Yang Baik

Dalam Penyelenggaraan

Pemerintahan Good Governance

Principles In Running Governance.

Jurnal Ilmu Hukum, 402-420.

Dolosi, D., Dengo, S., & Kolondam, H.

(2020). Efektivitas

Penyelenggaraan Administrasi

Pemerintahan Desa Di Desa

Tobelos Kecamatan Ibu Kabupaten

Halmahera Barat. 1-8.

Habibullah, A. (2010). Kajian Pemanfaatan

dan Pengembangan E-Government.

Ilmu Administrasi Negara, 187-

Hamim, S., Vianda, L., & Pitaloka, S.

(2020). Penerapan Prinsip Prinsip

Pelayanan Publik Di Bidang

Pelayanan Pendaftaran Penduduk

Dan Catatan Sipil Dinas

Kependudukan Dan Catatan Sipil

Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu

Administrasi Publik, VI(1), 1-10.

Mahsyar, A. (2011). MASALAH

PELAYANAN PUBLIK DI

INDONESIA DALAM

PERSPEKTIF ADMINISTRASI

PUBLIK. Jurnal Ilmu Pemerintah,

I(2), 81-90.

Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan

Publik Bidang Administrasi

Kependudukan Di Kelurahan

Kanaan Kecamatan Bontang Barat.

eJournal Ilmu Pemerintahan,

VIII(2), 507-520.

Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan

Hambatan Dalam Implementasi E-

Government Di Indonesia. Seminar

Nasional Informatika, 99-108.

Internet

Annur, C. M. (2022). Sistem E-

Government Indonesia Peringkat

ke-5 di Asia Tenggara

https://databoks.katadata.co.id/data

publish/2022/10/05/sistem-e-

government-indonesia-peringkat-

ke-5-di-asia-tenggara diakses pada

tanggal 18 Mei 2023 pukul 22.45

Kelurahan Babakan Sari. (2018).

https://sipaku.bandung.go.id/

diakses pada tanggal 12 Mei 2023

pukul 19.50




DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed on :