PELAYANAN PUBLIK BERBASIS ONLINE MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEWILAYAHAN TERPADU (SIPAKU) DI KELURAHAN BABAKAN SARI TAHUN 2023
Abstrak
Pada zaman teknologi informasi yang sudah semakin canggih, pemerintah harus terus
berupaya untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik. Melaksanakan pelayanan
publik juga merupakan salah satu tujuan utama sebuah instansi pemerintahan. Salah satu
inovasi yang telah dibuat oleh pemerintah adalah aplikasi SIPAKU untuk pelayanan
administrasi kependudukan di kewilayahan. Pelayanan publik berbasis online ini sudah marak
digunakan oleh banyak instansi pemerintah dan salah satunya adalah Kelurahan Babakan Sari.
Dengan adanya pelayanan publik berbasis online ini diharapkan mampu mempercepat proses
administrasi kependudukan yang sering kali lamban jika dilakukan secara manual. Penelitian
ini menggunakan teori elemen sukses e-government yang terdiri dari tiga elemen yaitu support,
capacity dan value. Pada penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan studi
pustaka dan studi lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pelayanan
publik berbasis online di Kelurahan Babakan Sari sudah terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia
yang handal dalam mengoperasikan aplikasi SIPAKU. Namun masih terdapat beberapa
kendala pada pelaksanaannya yaitu sosialisasi kepada masyarakat yang belum menyeluruh dan
masih ada fitur yang masih belum bisa digunakan. Untuk itu, Kelurahan Babakan Sari perlu
meningkatkan lagi sosialisasi kepada masyarakat serta selalu menindaklanjuti kepada pihak
terkait apabila ada fitur yang tidak bisa berjalan dengan baik.
In the age of increasingly sophisticated information technology, the government must
continue to strive to make innovations in public services. Carrying out public services is also
one of the main objectives of a government agency. One of the innovations that has been made
by the government is the SIPAKU application for population administration services in the
regions. This online-based public service has been widely used by many government agencies
and one of them is Babakan Sari Village. With this online-based public service, it is hoped that
it will be able to speed up the population administration process which is often slow if done
manually. This research uses the theory of e-government success elements which consists of
three elements, namely support, capacity and value. This research also uses qualitative
research methods with a descriptive approach. The techniques used for this research are using
literature study and field study. The results of this study explain that the implementation of
online-based public services in Babakan Sari Village has been well implemented. This is
indicated by the availability of adequate facilities and infrastructure and reliable human
resources in operating the SIPAKU application. However, there are still some obstacles in its
implementation, namely socialization to the community that has not been comprehensive and
there are still features that cannot be used. For this reason, Kelurahan Babakan Sari needs to
increase socialization to the community and always follow up with related parties if there are
features that cannot run properly.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Dwiyanto, A. (2017). MANAJEMEN
PELAYANAN PUBLIK: Peduli,
Inklusif, dan Kolaboratif.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Handoyo, E. (2012). Kebijakan Publik.
Semarang: Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Semarang.
Indrajit. (2002). Electronic Government.
Yogyakarta: Andi Offset.
Rohayatin, T. (2021). Dasar-Dasar Ilmu
Pemerintahan. Sleman: CV Budi Utama.
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi
Penelitian Kualitatif Konsep dan
Aplikasi dalam Ilmu Sosial,
Keagamaan dan Pendidikan.
Bandung: Citapustaka Media.
Setijaningrum, E. (2009). Inovasi
Pelayanan Publik. Surabaya: PT.
Medika Aksara Globalindo.
Siagian, S. P. (2001). Kerangka Ilmu
Administrasi. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Silalahi, U. (1989). Studi tentang Ilmu
Administrasi: Konsep, Teori dan
Dimensi. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Thahir, B. (2019). PEMERINTAH DAN
PEMERINTAHAN INDONESIA
(SEBUAH BUNGA RAMPAI).
Jatinangor: Institut Pemerintahan
Dalam Negeri.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009
Tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014
Tentang Pemerintahan Daerah
Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor 63 Tahun
tentang pedoman umum
penyelenggaraan pelayanan publik
Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun
Tentang Pendidikan dan
Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri
Sipil
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003
Tentang Kebijakan dan Strategis
Nasional Pengembangan e-
government
Undang-Undang No. 30 Tahun 2014
Tentang Administrasi Pemerintahan
Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara Nomor 63 Tahun
tentang Pedoman Umum
penyelenggaraan Pelayanan Publik
Peraturan Presiden Republik Indonesia
Nomor 95 Tahun 2018 Tentang
Sistem Pemerintahan Berbasis
Elektronik
Jurnal
Astomo, P. (2014). Penerapan Prinsip-
Prinsip Pemerintahan Yang Baik
Dalam Penyelenggaraan
Pemerintahan Good Governance
Principles In Running Governance.
Jurnal Ilmu Hukum, 402-420.
Dolosi, D., Dengo, S., & Kolondam, H.
(2020). Efektivitas
Penyelenggaraan Administrasi
Pemerintahan Desa Di Desa
Tobelos Kecamatan Ibu Kabupaten
Halmahera Barat. 1-8.
Habibullah, A. (2010). Kajian Pemanfaatan
dan Pengembangan E-Government.
Ilmu Administrasi Negara, 187-
Hamim, S., Vianda, L., & Pitaloka, S.
(2020). Penerapan Prinsip Prinsip
Pelayanan Publik Di Bidang
Pelayanan Pendaftaran Penduduk
Dan Catatan Sipil Dinas
Kependudukan Dan Catatan Sipil
Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu
Administrasi Publik, VI(1), 1-10.
Mahsyar, A. (2011). MASALAH
PELAYANAN PUBLIK DI
INDONESIA DALAM
PERSPEKTIF ADMINISTRASI
PUBLIK. Jurnal Ilmu Pemerintah,
I(2), 81-90.
Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan
Publik Bidang Administrasi
Kependudukan Di Kelurahan
Kanaan Kecamatan Bontang Barat.
eJournal Ilmu Pemerintahan,
VIII(2), 507-520.
Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan
Hambatan Dalam Implementasi E-
Government Di Indonesia. Seminar
Nasional Informatika, 99-108.
Internet
Annur, C. M. (2022). Sistem E-
Government Indonesia Peringkat
ke-5 di Asia Tenggara
https://databoks.katadata.co.id/data
publish/2022/10/05/sistem-e-
government-indonesia-peringkat-
ke-5-di-asia-tenggara diakses pada
tanggal 18 Mei 2023 pukul 22.45
Kelurahan Babakan Sari. (2018).
https://sipaku.bandung.go.id/
diakses pada tanggal 12 Mei 2023
pukul 19.50
DOI: https://doi.org/10.24198/janitra.v4i2.60336
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.