Strategi Media Relations Perusahaan Pertambangan Timah dan Agenda Setting Media di Bangka Belitung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan strategi humas (public relations) dalam mempromosikan produk perusahaan. Jurnal Ilmiah Widya, 1, (1), 15-21.
Astuty, S., dkk. (2017). Analisis fungsi dan peran humas dalam upaya implementasi good governance (studi pada bagian humas sekretariat daerah kota Banjarmasin). Meta Communication: Journal Of Communication Studies, 2, (1), 100-118.
Beltran, J. V. (2017). The emergence of the philippine “anti-media”: the duterte factor. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14 (1), 61-74.
Bernadeth, H., Paranoan, D. B., Djumlani, A. (2014). Peranan humas dalam membangun citra pemerintahan kabupaten Kutai Barat. Ejournal Administrasi Reform, 2, (3), 2054-2067.
Bodgan, R. & Steven, J. T. (1998). Introduction to qualitative research methods: a phenomenological approach to social sciences. New York: John Willey and Sons.
Carpini, D. M. & Williams, B. (2010). Let us infotain you: politics in the new media environment. Dalam bennett, lance w and entman, robert m, mediated politics: communication in the future of democracy (pp. 160—81). New York: Cambridge University Press.
Cindoswari, A. R., Abidin, S., dan Herman, H. (2017). Agenda setting harian tribun batam dalam pemberitaan implementasi kawasan ekonomi khusus. Commed Jurnal Komunikasi Dan Media, 2, (1), 1-12.
Cutlip, SM., Center, A. & Broom, GM. (2009). Effective public relations. New Jersey: Prentic-Hall.
Darmastuti, R. (2012). Media relations: konsep, strategi dan aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Farihanto, M. N. (2014). Teman tapi mesra humas dan wartawan (studi kasus strategi hubungan media di bidang humas dan protokoler universitas ahmad dahlan). Jurnal Komunikasi Profetik, 7, (2), 53-63.
Febriyansyah, A. R., Christin, M., dan Imran, A. I. (2016). Strategi media relations pt. pelabuhan tanjung priok dalam menanggapi krisis. Jurnal Kajian Komunikasi, 4 (2), 229 – 242.
Forttal gelar aksi damai tolak tambang laut, (2013, Agustus 5) dalam belitongekspres.co.id, diakses 10 Agustus 2017. https://belitongekspres.co.id/forttal-gelar-aksi-damai-tolak-tambang-laut/
Gitelman, L. (2006). Always already new media, history, and the data of culture. London: The MIT Press.
Griffin, E. M. (2015). A first look at communication theory. McGraw Hill Education.
Hernawan, W. dan Muniroh (2014). Strategi public relations dalam membentuk opini publik tentang pencitraan di pt. bukit asam (persero) tbk. unit pelabuhan tarahan-bandar lampung. Kom & Realitas Sosial Jurnal Ilmu Komunikasi, 4, (2), 174-189.
Howard, P. N. & Parks, M. R. (2012). Social media and political change: capacity, constraint, and consequence. Journal Of Communication, 62, 359-362.
Idris, I. K. (2014). Peran humas pemerintah di era keterbukaan informasi (analisis isi permenpan-rb no. 6 tahun 2014 tentang jabatan fungsional pranata humas dan angka kreditnya). Jurnal Universitas Paramadina, 11, (3), 1146-1163.
Iriantara, Y. (2010). Media relations: konsep, pendekatan, dan praktik. Bandung: Simbioasa Rekatama.
Irwansyah dan Agustina, T. (2017). Peran agenda setting media massa dalam kebijakan penetapan harga eceran tertinggi (het) beras oleh pemerintah. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 7, (2), 227-236.
Ishak, A. (2012). Peran public relations dalam komunikasi organisasi. Jurnal Komunikasi, 1, (4), 373-380.
Kent, M. L. (2010). Directions in social media for professional and scholars dalam robert l heath (eds), the sage handbook of public relations (pp. 643-656). Thousand Oaks: Sage Publications.
Khotimah, E. (2002). Media massa dan labelling terorisme (suatu analisis terhadap skenario agenda setting global dan nasional). Mimbar, 18, (4), 399-413.
Lim, M. (2014). Many clicks but little sticks: social media activism in Indonesia. Journal Of Contemporary Asia. 43 (4), 636-657.
Lubis, E. E. (2012). Peran humas dalam membentuk citra pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12, (1), 1-60.
Luo, Y. (2014). The internet and agenda setting in china: the influence of daring public opinion on media coverage and government policy. International Journal Of Communication, 8-1289-1312.
Madani, M. (2011). Agenda setting pengelolaan sampah pasar di kota makassar. Otoritas, 1, (1), 11-24.
Maman, Kartini, D. S., Yuningsih, N. Y. (2016). Agenda setting dalam proses pembentukan kabupaten bandung barat. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2, (1), 66-94.
McCombs, M. (2005). A look at agenda- setting: past, present and future. Journalism Studies, 6 (4), 543-557.
______________(2016). Agenda setting; reading on media, public opinion, and policymaking. New York: Routledge.
Nasionalita, K. (2015). Relevansi teori agenda setting dalam dunia tanpa batas. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5, (2), 156-164.
Nasrullah, R. (2014). Teori dan riset media siber (cybermedia). Jakarta: Kencana.
Nokia, Sony, Motorola, LG, dan Blackberry Mengaku Gunakan Timah dari-Tambang Ilegal Pulau-Bangka, (2013, Agustus 5) dalam mongabay.co.id, diakses 3 Juni 2017, http://www.mongabay.co.id/2013/08/05/nokia-sony-motorola-lg-blackberry-mengaku-gunakan-timah-dari-tambang-ilegal-pulau-bangka/
Nugroho, Y. & Syarief, S. S. (2012). Beyond click-activism? new media and political processes in contemporary indonesia. Jakarta: Friedrich Ebert Stiftung.
Pamudji, M. T., dkk (2016), analisis pembentukan harga di bursa timah indonesia dan dunia. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
Pembayun, J. K. (2015). Konglomerasi media dan dampaknya pada pilpres 2014. Jurnal Interaksi, 4, (2), 109-116.
Pramono, (2016). Deskrepansi agenda media dengan agenda publik: studi agenda setting harian radar madiun terhadap mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fisip univ. muhammadiyah ponorogo. Jurnal Aristo, 4, (2), 14-30.
Pruitt, D. G. & Rubin, J. Z. (1986). Social conflict: escalation, stalemate, and settlement. New York: Random House.
Rahmat, A. & Bakti, I. (2016). Kinerja hubungan masyarakat (humas) pemerintah daerah kabupaten dan kota di jawa barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 4, (2), 133 – 141.
Rianto, P. (2010). Opini publik, agenda setting, dan kebijakan public. Jurnal Komunikasi, 5, (1), 31-40.
Salman, A. (2016). Social media and agenda setting: implications on political agenda. Jurnal Komunikasi Malaysian Journal Of Communication, 32 (1), 401-414.
Santosa, B. A. (2017). Peran media massa dalam mencegah konflik. Jurnal Aspikom, 3, (2), 199-214.
Sarohmawati, S. & Ashaf, A.F. (2017). Membingkai praktik politik dan identitas dalam media siber Indonesia. Jurnal Metakom, 1, (2), 59-76.
Setyowati, R. M. (2011). Wikileaks dan agenda setting media. The Messenger, 2 (2), 28-32.
Syahputra, I. (2013). Rezim media. Jakarta: Gramedia.
Theaker, A. (2012). The public relations handbook. Londong: Rotledge.
Undang-Undang Nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (WP3K).
Vivian, J. (2017). The media of mass communication. New York: Pearson.
Wimmer, R. D. & Dominick, J. R. (2014). Mass media research an introduction. Wadsworth, Cengage Learning.
Yuningsih, A. (2006). Peran strategis profesi public relations dalam membangun kemitraan berbasis nilai spiritual studi deskriptif analitis terhadap peran strategis profesi public relations sebagai fasilitator kemitraan antara pemerintah, komunitas sipil dan komunitas bisnis dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (ipm) di jawa barat. Mimbar, 22, (4), 496-520.
Yustisia, S. (2010). Citizen journalism melawan mainstream media. The Messenger, 2(1), 1-9
Zielinski, S. (2009). Deep time of the media: toward an archaeology of hearing and seeing by technical means. Cambridge, MA: MIT Press.
DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Iswandi Syahputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:
Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: