Identifikasi Nilai Kemajemukan Indonesia Sebagai Identitas Bangsa dalam Iklan Mixagrip Versi Keragaman Budaya

Rustono Farady Marta, Jean Sierjames Rieuwpassa

Abstract


Kreativitas manusia dalam produk ciptaannya berkaitan erat dengan budaya, karena kebudayaan adalah sarana bersemainya cipta, rasa, dan karsa manusia. PT. Kalbe Farma, Tbk (Kalbe) melalui produk Mixagrip berusaha mengapresiasi kekayaan budaya di Tanah Air, mulai dari kegiatan kampanye “Mixagrip, Explore Budaya Indonesia”, dilanjutkan “Gowes Pesona Nusantara” dan “Mixagrip Cinta Budaya Sehat”. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan kepada berbagai daerah di Indonesia, setidaknya terdapat sebelas kota disasar oleh berbagai kampanye tersebut. Selain itu, terpaan nasional diramaikan pula dengan kemunculan iklan versi “Keragaman Budaya Indonesia”. Keunikan iklan Mixagrip yang mengetengahkan Laudya Cynthia Bella sebagai brand ambassador ini, terletak pada upaya mengakomodasi berbagai budaya daerah nasional ke dalam sebuah iklan. Bersandar pada analogi enam dimensi kultural yang dicetuskan oleh Geert Hofstede, maka temuan penulis pada iklan Mixagrip tersebut dielaborasi dengan metode analisis konten kualitatif Phillip Mayring. Penelitian ini akan dipijakkan pada paradigma interpretif untuk menemukan tiga elemen utama analisis konten kualitatif Mayring, antara lain: abstraksi, eksplikasi, dan strukturasi. Ketiga tahapan ini diidentifikasi penulis sebagai nilai kemajemukan Indonesia, sekaligus mengimplementasikan semboyan nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. Kepentingan bisnis yang umumnya disematkan melalui suatu produk iklan Television Video Comercial (TVC), seketika dialihkan kepada kepedulian akan toleransi kemajemukan budaya yang sedang ditumbuh kembangkan oleh pihak Mixagrip dalam konsep berbagi “kasih” dan bersikap “epoche”.


Keywords


Analisis konten mayring; budaya; dimensi kultural hofstede; iklan mixagrip; kemajemukan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2003). Politik bhinneka tunggal ika dalam keragaman budaya indonesia, Jurnal Masyarakat Dan Budaya. Vol.5 No.2 dalam https://jmb.lipi.go.id/index.php/jmb/article/download/248/226 28 Maret 2018.

Alex, H. R. dkk. (2001). Komunikasi antar budaya. Jakarta: Pusat Penerbitan Univeristas Terbuka.

Anderson, B. 2006. Imagined communites. New York: Verso.

Budiasa, M. (2016). Representasi kelas sosial dalam iklan sosro. Promedia, Vol.II No.2 dalam http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/download/535/332 diakses 28 Maret 2018.

Business-to-you. (2017). Hofstede’s cultural dimensions. Diakses dari http://www.business-to-you.com/hofstedes-cultural-dimensions/.

Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., Widodo, A. (2012). Persepsi pelajar terhadap pencak silat sebagai warisan budaya bangsa se-kota semarang tahun 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation Vol.1 No.3 dalam https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/443 diakses 08 Maret 2018.

Hasan, H. H., Rahim, S. A. 2008, “Factors Affective Online Purchasing Behavior. Jurnal Komunikasi”, Malaysian Jurnal Of Communication, Vol.24 dalam http://www.ukm.my/jkom/journal/pdf_files/2008/V24_1.pdf diakses 01 Maret 2018.

Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2017). Message platform atribut siger lampung di dalam kebhinekaan multikultur. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol.5 No.1 dalam http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/9481/5724 diakses 26 Maret 2018.

Hidayat, D. R., Abdullah, A. (2014). Fenomena iklan baris kesehatan di surat kabar lokal. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 2 No.2 dalam http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/7380/3383 diakses 02 Maret 2018.

Hofstede, G. (2010). Culture and organization: software of the mind. United State: Mc Graw Hill.

Husna, A. F. (2015). Analisis website terhadap budaya pendekatan teori hofstede. Jurnal Electronics, Informatics, And Vocational Education (Elinvo), Vol.1 No.1 dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/download/12814/8982, diakses 07 Maret 2018.

Iskandar, J. (2016). Etnobiologi dan keragaman budaya di indonesia. Umbara: Indonesian Journal of Anthropology.Vol.1 No.1 dalam http://jurnal.unpad.ac.id/umbara/article/view/9602 diakses 20 Maret 2018.

Martin, J. N & Nakayama, T. K. (2010). Intercultural communication in conext. New York: Higher Education.

Mayring, P. (2000). Qualitative content analysis [28 paragraphs]. Forum Qualitative Sozialforschung/ Forum: Qualitative Social Research, Vol.1 No.2. dalam http://www.qualitative-research.net/fqs-texte/2-00/2-00mayring-e.htm, diakses 08 Maret 2018.

________. (2001). Kombination und integration qualitativer und quantitativer analyse. Forum Qualitative Sozialforschung/ Forum: Qualitative Social Research, Vol.2 No.1 dalam http://www.qualitative-research.net/fqs-texte/1-01/1-01mayring-d.htm, diakses 08 Maret 2018.

Mayring, P. (2002). Einführung in die qualitative sozialforschung, eine anleitung zu qualitativem denken. Weinheim: Beltz.

Melina. (2016). Peranan budaya dalam pembangunan manusia indonesia. Dunia Ilmu, Vol.2 No.4 dalam http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2017/04/peranan-budaya-dalam-pembangunan-manusia-indonesia.pdf diakses 21 Maret 2018.

Mixagrip Cocok. (2016). Senam bugar (budaya olahraga dan tari) mixagrip. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=9rwUOpRPUig.

________________. (2017). Keragaman budaya indonesia. Diakses dari https: //www.youtube.com/watch?v=NtAPwrELSHM.

Mujib, A. (2009). Hubungan bahasa dan kebudayaan (perspektif sosiolinguistik)”, e-Journal UIN, Vol.8. No.1, dalam http://digilib.uin-suka.ac.id/22578/1/ahmad%20mujib-%20hubungan%20bahasa%20dan%20kebudayaan%20%28perspektif%20sosiolinguistik%29.pdf, 22 Desember 2017.

Prijanto, J. H. (2017). Panggilan guru kristen sebagai wujud amanat agung yesus kristus dalam penanaman nilai alkitabiah pada era digital. Polygot: A Journal Of Language, Literature, Culture And Education Vol.13(2) dalam https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/325.

Putri, P. K. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger. Vol.8(1) dalam http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/313 diakses 28 April 2018 .

Sarinah. (2016). Ilmu sosial budaya dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Salam, A. J. (2014). Jejak integrasi indonesia dari kilometer nol: melacak akar budaya nasional bangsa. Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana Dan Politik Hukum. Vol.3 No.1 dalam https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/legitimasi/article/view/337 22 Maret 2018.

SCTV. (2016). Saksikan liputan eksklusif resepsi bella & emran di #hotshot bersama #mixagrip tgl 15 okt 2017 pkl 9.00 Wib & ikuti kuisnya @mixagripcocok. Diakses dari https://twitter.com/SCTV_/status/919171472798576641.

Srikhandi, A. (2017). Ditanya rencana nikah bulan depan, laudya chintya bella senyum. Diakses dari https://www.kapanlagi.com/foto/berita-foto/indonesia/ditanya-rencana-nikah-bulan-depan-laudya-chintya-bella-senyum.html.

Triyanto, (2014). Pendidikan seni berbasis budaya. Imajinasi Jurnal Seni. Vol. VIII. No. 1, dalam https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8879, diakses 22 Desember 2017.

Utama, Y. Y. (2017). Analisis pengaruh budaya dan keluarga terhadap orientasi wirausaha orang muda di indonesia dan malaysia. Modus Vol.29(2) dalam https://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/1329 diakses 28 April 2018.

Wulantari, R. A. (2012). Konstruksi dan reproduksi maskulinitas kelompok muda urban kelas menengah (studi fenomenologi di antara penonton drama korea selatan). Jurnal Komunikasi Indonesia (JKI) Vol.1(2) dalam http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/view/7820 28 April 2018.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.15416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Rustono Farady Marta, Jean Sierjames Rieuwpassa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: