Upaya Komunikasi Pemasaran Terpadu Televisi Lokal Melalui Budaya Lokal

Umaimah Mulyono Wahid, Menati Fajar Rizki

Abstract


Televisi lokal memerlukan upaya khusus untuk memperkenalkan brandnya. Brand televisi lokal, I Channel Bandung, menggunakan kekayaan budaya lokal untuk meningkatkan kesadaran penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan brand awareness televisi I Channel Bandung melalui acara budaya lokal “Sampurasun Cepot” dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini juga melihat tingkat brand awareness I Channel Bandung yang dicapai setelah menggunakan program acara “Sampurasun Cepot”. Teori yang digunakan penelitian ini, Integrated marketing communication Tuckwell serta teori tingkatan brand awareness dari Aaker. Penelitian berfokus pada implementasi enam elemen penting IMC yang dilakukan untuk meningkatkan brand I Channel Bandung yaitu melalui advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, personal selling, dan event and sponsorship. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif intrinsik dan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu dapat dikaitkan dengan penggunaan satu program acara budaya untuk meningkatkan brand awareness perusahaan. Penggunaan program acara wayang golek “Sampurasun Cepot” berhasil menarik penonton menjadi lebih sadar akan kehadiran televisi lokal ini. Brand awareness I Channel Bandung berhasil meningkat dan mencapai level brand recall di benak penonton. Namun faktanya, televisi lokal I Channel Bandung membutuhkan upaya marketing yang serius dan meningkat pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi dan menambah kualitas dan jumlah sumber daya manusia.


Keywords


Budaya lokal; i channel bandung; komunikasi pemasaran terpadu; merek; televisi lokal

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1997). Manajemen ekuitas merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Arisandi, D. (2017). Pengaruh humor appeals terhadap brand awareness, pada iklan televisi. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol. 18 No. 1, 2017, 1-8). Jurnal UMSU - Universitas Muhammadiyah. Diakses dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/issue/view/372

Daymon, C. & Holloway, I. (2008). Metode-metode riset kualitatif. Bandung: Bentang Pustaka.

Denzin, N. K. & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of qualitative research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

I Channel Bandung Official Website. (2017). I channel. Diunduh dari http: //I Channeltv.co.id/about-us/#contact-I Channel diakses pada pukul 2.09 WIB 2 November 2017.

Keke, Y. (2015). Komunikasi Pemasaran terpadu terhadap brand awareness, Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik. Vol.2 No 1, 2015:12). Link : library.stmt-trisakti.ac.id/jurnal/index.php/JMBTL/article/download/44/pdf_28

Koentjaraningrat. (2000). Kebudayaan mentalitas dan pembangunan (cetakan kesembilan belas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2008). Manajemen pemasaran jilid 1,edisi ketiga belas, terjemahan bob sabran. Jakarta: Erlangga.

Liliweri, A. (2002). Makna budaya dalam komunikasi antar budaya. Yogjakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Mahayuni, P. Y. A., Purnawan, N. L. R., & Cahyani, D. Y. (2017). Strategi komunikasi pemasaran terpadu pt. Gojek indonesia branch bali dalam pembentukan brand awareness. Jurnal medium. Vol. 1 No. 1 2017. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/26555

Malik, E., Muhammad., Ghafoor, M. M., Iqbal, H. K., Riaz, U., Hassan, N., Mustafa, M., Shahba, S. (2013) ‘Importance of Brand awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer’. Jurnal International Journal of Business and Social Science, Vol. 4 No. 5; May 2013: 167. Link: ijbssnet.com/journals/Vol_4_No_5_May_2013/18.pdf. diakses pada Juamt, 6 Juli 2018 Pukul 14.30 WIB.

Morissan, MA. (2005). Media Penyiaran-Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Ramdina Prakasa.

Oktara, M. Y. (2017). Komunikasi Pemasaran PT. Pindad (Persero) di Asia Tenggara. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 5, No. 2, Desember 2017, hlm. 190-201, diakses, 17 September 2018, Pukul 14.45 WIB.

Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01/P/KPI/03 (2012) Tentang, “Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS)”.http: //www.kpi.go.id/download/regulasi/P3SPS_2012_Final.pdf diakses pukul 18.55 WIB 29 Juni 2017.

PPID Bandung. (2017). Daftar stasiun TV lokal. Diakses dari https: //ppid.bandung.go.id/knowledgebase/daftar-stasiun-tv-lokal/ 23.00 WIB 8 November 2017

PPID KemKominfo. (2014). PP No. 11 Tahun 2005. Diakses dari https://ppidkemkominfo.files.wordpress.com/2014/02/pp_no_11_th_2005.pdf. ]PP No.11 Tahun 2005 Tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Putra, D. A., & Idris. (2018). Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang) eprints.undip.ac.id/34961/1/...PUTRA_(C2A007031)_JURNAL.pdf, diakses 21 Februari 2018 Pukul 10.06 WIB

Rangkuti, F. (2004). The power of brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Romaniuk, J., Wight, S., & Faulkner, M. (2016). ‘Brand awareness: revisiting an metric for a new’... - Emerald Insight. Link : https://www.emeraldinsight.com/doi/10.../JPBM-06-2016-12. Diakses pada Jumat, 06 Juli 2018 Pukul 14.45 WIB.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan. komunikasi pemasaran terpadu. Terjemahan oleh: Revyani Sjahrial, S.E. dan Dyah Anikasari, Jakarta: Erlangga.

Sopanah. (2012). Ceremonial Budgeting Dalam Perencanaan Penganggaran Daerah: Sebuah Keindahan Yang Menipu. Banjarmasin: Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 15.

Tuckwell, K. J. (2008). Integrated marketing communication: strategic planning perspective. Second Edition. USA: Pearso Pretice Hall.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran. 2002. Lembaga Penyiaran Publik. Bagian Kesepuluh Rencana Dasar Tehnik Penyiaran dan Persyaratan Teknis Perangkat Penyiaran Pasal 32: Hal 13-14

Wahid, U. & Anggun, E. P. (2017). Upaya peningkatkan brand awareness pt. go-jek indonesia melalui aktivitas marketing public relations. Universitas Budi Luhur: Jurnal Komunikasi, Vol. 9 No. 1 World, Jurnal Simbolika/Volume 2/Nomor 1/Maret 2016. Link: jurnalsimbolika.files.wordpress.com/2016/12/. Diakses pada Tanggal 21 Februari 2018 Pukul 11.13 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.15821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Umaimah Mulyono Wahid, Menati Fajar Rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: