Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017

Sella Efrida, Anisa Diniati

Abstract


Media sosial saat ini selain sebagai media berkomunikasi dan berinteraksi, tetapi juga mendatangkan suatu fenomena baru sebagai wadah dalam melakukan personal branding. Salah satu media sosial yang sering digunakan dalam melakukan personal branding adalah Instagram. Kevin Liliana melalui akun Instagramnya @kevinlln melakukan pemanfaatan fitur pada Instagram untuk menampilkan identitas dirinya sebagai seorang Miss International 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana personal branding yang dilakukan oleh Kevin Liliana selaku Miss International 2017 dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang bertujuan untuk menafsirkan makna-makna yang dimiliki oleh informan tentang suatu fenomena personal branding yang dilakukan oleh Kevin Liliana selaku Miss International 2017 yang terdapat pada fitur Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kevin Liliana mendasari personal branding-nya secara authentic, dimana terdapat keselarasan antara apa yang ia tampilkan di media sosial dan kehidupan aslinya. Personal branding yang Kevin Liliana tampilkan sebagai Miss International 2017 yaitu sebagai beauty queen yang soft, humble, dan menonjolkan sisi behavior-nya. Kevin Liliana membangun personal branding melalui Instagram pribadinya @kevinlln ini tidak hanya berupa mengunggah konten personal branding, tetapi juga dengan berinteraksi dengan para pengikutnya melalui fitur Instagram agar pesan personal branding-nya dapat lebih cepat dan mudah tersampaikan. Secara keseluruhan, Kevin Liliana berhasil melakukan personal branding di media sosial Instagram, walaupun terdapat kekurangan, seperti engagement pada konten kegiatan sosialnya tidak lebih banyak mendapat respon seperti like dan comment dari pengguna lain.


Keywords


Instagram; fitur instagram; media sosial; Miss International 2017; personal branding

Full Text:

PDF

References


Abbas, M. R. (2014). Panduan optimalisasi media sosial untuk kementrian perdagangan RI. Jakarta: Kementerian Perdagangan RI.

Butar, C. R. B., & Ali, D. S. F. (2018). Strategi personal branding selebgram non selebriti. Jurnal PRofesi Humas, 2(2), 86–101.

Databoks. (2018). 2018, jumlah penduduk Indonesia mencapai 265 juta jiwa. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/05/18/2018-jumlah-penduduk-indonesia-mencapai-265-juta-jiwa

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif teori & praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Haroen, D. (2014). Personal branding: kunci kesuksesan berkiprah di dunia politik. Jakarta: Gramedia.

Haroen, D. (2018). Personal branding Sukses Karier di Era Milenial. Tangerang Selatan: DH Media.

Heikkurinen, A. (2016). Personal branding practices of adolescents on Instagram. LUT School of Business and Management. Retrieved from https://lutpub.lut.fi/bitstream/handle/10024/124390/kandidaatintutkielma_heikkurinen_anna.pdf?sequence=2&isAllowed=y

Jeko. (2018). Instagram kantongi 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Retrieved November 2, 2018, from https://www.liputan6.com/tekno/read/3564956/instagram-kantongi-1-miliar-pengguna-di-seluruh-dunia

Noor, J. (2015). Metodologi penelitian: skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Ono, N. H., Romli, R., & Nugraha, A. R. (2019). Strategi courtyard by Marriott Bandung Dago dalam mengkomunikasikan brand personality melalui Instagram. Jurnal Mediakom, 3(1), 84–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i1.1984

Pratama, A. N. (2018). Hari ini dalam sejarah: aplikasi Instagram dirilis... Retrieved March 2, 2020, from https://tekno.kompas.com/read/2018/10/06/10512437/hari-ini-dalam-sejarah-aplikasi-instagram-dirilis?page=all

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Soraya, I. (2017). Personal branding Laudya Cynthia Bella melalui Instagram. Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jkom.v8i2.2654

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suwendra, I. W. (2018). Metode penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayan dan keagamaan. Bandung: Nilacakra.

Tamimy, M. F. (2017). Sharing-mu, personal branding-mu. Jakarta: VisiMedia Pustaka.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2006). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

We Are Social. (2018). Global digital report 2018: world’s internet users pass the 4 billion mark. Retrieved from https://digitalreport.wearesocial.com/




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Sella Efrida, Anisa Diniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: