Komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar
Abstract
Pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat secara global dan saat ini menjadi sumber pekerjaan dan mata pencaharian bagi banyak orang. Pembangunan pariwisata di daerah sebagai salah satu sektor pembangunan tidak dapat dilepaskan dari pembangunan masyarakat lokal dan pembangunan fasilitas pendukungnya. Salah satu faktor keberhasilan pengembangan sebuah destinasi wisata adalah komunikasi. Melalui komunikasi peluang keterkenalan suatu destinasi wisata akan terbuka semakin lebar dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata dan menjelaskan partisipasi masyarakat dan memahami model perencanaan komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pariwisata pemerintah Kabupaten Kampar dalam mengembangkan destinasi wisata adalah dengan membentuk beberapa desa wisata, membina kelompok sadar wisata (Pokdarwis), dan mengembangkan partisipasi masyarakat pada daerah destinasi wisata yang melibatkan stakeholder pemerintah dan akademisi melalui pengabdian masyarakat. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata Pulau Belimbing Kecamatan Kuok di Kabupaten Kampar dilakukan dengan cara membina dan memberdayakan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), melibatkan partisipasi masyarakat sekitar destinasi wisata, dan kampanye wisata yang mengusung tema Wisata Agro-Cultural. Adapun saran nya adalah sebaiknya perencanaan komunikasi pariwisata di kawasan destinasi wisata Pulau Belimbing sebaiknya pemerintah mengembangkan komunikasi yang lebih kreatif, terintegrasi dan berkelanjutan dalam melakukan pembinaan menyesuaikan pada aspirasi masyarakat setempat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A. (2018). Travel and tourism: Growth potentials and contribution to the GDP of Saudi Arabia. Problems and Perspectives in Management, 16(1), 417–427. https://doi.org/10.21511/ppm.16(1).2018.39
Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Pengembangan model komunikasi pariwisata berbasis kearifan lokal di kawasan Geopark Pangandaran. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 217. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.18459
Berger, C. R., Roloff, M. E., & Roskos-Ewoldsen, D. R. (2014). The handbook of communication science. USA: Wadsworth. Terjemahan Derta Sri Widowatie. 2014. Handbook Ilmu Komunikasi. Nusa Media.
Boes, K., Buhalis, D., & Inversini, A. (2016). Smart tourism destinations: ecosystems for tourism destination competitiveness. International Journal of Tourism Cities, 2(2), 108–124. https://doi.org/10.1108/IJTC-12-2015-0032
Bungin, B. (2015). Komunikasi pariwisata: pemasaran dan brand destinasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan strategi komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Fan, S., Chen, Y., Su, X., & Cheng, Q. (2018). A study of effects of ecotourism environment image and word of mouth on tourism intention. Ekoloji, 27(106), 599–604.
Genç, R., & Genç, E. A. (2017). Market-oriented innovations in tourism. Research in Hospitality Management, 7(1), 51–57. https://doi.org/10.1080/22243534.2017.1355606
Hamzah, Y. I. (2013). Potensi media sosial sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 - Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf
Istiyanto, S. B. (2011). Komunikasi pemerintah daerah dalam program pembangunan daerah wisata pantai pascabencana. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 9(No 1), 16–27.
Jupir, M. M. (2016). Implementasi kebijakan pariwisata berbasis kearifan lokal (studi di Kabupaten Manggarai Barat). Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2013.001.01.05
Kampar, K. (2018). Singgah di Kuok, nikmati pemandangan nan elok. http://kamparkab.go.id/home/vlama/berita/kuok/singgah-di-kuok-nikmati-pemandangan-nan-elok.html
Karta, N. L. P. A., & Suarthana, I. K. P. (2014). Strategi komunikasi pemasaran ekowisata pada destinasi wisata dolphin hunting lovina. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1), 45–51.
Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media.
Kurniasari, E., Rustiadi, E., & Tonny, F. (2013). Strategi pengembangan ekowisata melalui peningkatan partisipasi masyarakat; studi kasus komunitas kelurahan kalimulya Kota Depok. 5(2).
Liu, C. H. S. (2018). Examining social capital, organizational learning and knowledge transfer in cultural and creative industries of practice. Tourism Management, 64, 258–270. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2017.09.001
Lundberg, E. (2017). The importance of tourism impacts for different local resident groups: A case study of a Swedish seaside destination. Journal of Destination Marketing and Management, 6(1), 46–55. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2016.02.002
Moleong, L. J. (2010). Metode penelitian kulaitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Model komunikasi pariwisata yang berbasiskan kearifan lokal. Jurnal The Messenger, 9(2), 231. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.468
Nugraheni, Y., & Widyaningrum, A. Y. (2019). Dinamika sikap warga atas program csr bank sampah Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(1), 41. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i1.1419
Putri, F. A., & Adinia, N. C. (2018). The role of communication in sustainable development tourism: a case study on community-based tourism (pokdarwis) in Nglanggeran Village. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(2), 153–161. https://doi.org/10.7454/jki.v7i2.9795
Rahmat, A., Komariah, K., & Setiawan, W. (2019). Komunikasi dan dukungan sosial di lingkungan masyarakat terdampak pembangunan Waduk Jatigede Sumedang. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 110. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.21096
Ridlwan, M. A., Muchsin, S., & Hayat, H. (2017). Model pengembangan ekowisata dalam upaya pemberdayaan masyarakat lokal. politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 2(2), 141. https://doi.org/10.15294/jpi.v2i2.9933
Štefko, R., Kiráľová, A., & Mudrík, M. (2015). Strategic marketing communication in pilgrimage tourism. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1219
Strydom, A. J., Mangope, D., & Henama, U. S. (2019). Making community-based tourism sustainable: Evidence from the Free State province, South Africa. Geojournal of Tourism and Geosites, 24(1), 7–18. https://doi.org/10.30892/gtg.24101-338
Suyanto, E., Lestari, S., Wardiyono, F., Wuryaningsih, T., & Widyastuti, T. R. (2019). Community participation model in formulating cross-potential mangrove ecotourism policies supporting kampung laut sustainable tourism village. 13(8), 1–9. https://doi.org/10.9790/2402-1308010109
Wang, Y. J., Wu, C., & Yuan, J. (2009). The role of integrated marketing communications (IMC) on heritage destination visitations. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 10(3), 218–231. https://doi.org/10.1080/15280080902988048
Yasir, Nurjanah, Salam, N. E., & Yohana, N. (2019). Kebijakan komunikasi dalam membangun destinasi dan masyarakat sadar wisata di kabupaten bengkalis. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(November), 424–443. https://doi.org/10.25139/jsk.3i3.1548
DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v9i1.26170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yasir Yasir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:
Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id
Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: