REALITAS POLITIK INDONESIA DALAM "KACAMATA" PENGGUNA TWITTER

Kunto Adi Wibowo, Ira Mirawati

Abstract


Twitter sebagai media baru mulai menunjukkan keperkasaannya di bidang politik. Bukti nyata peran besar twitter dalam dunia politik adalah gejolak politik dan sosial di kawasan Timur Tengah yang melanda seluruh negara Arab. Rakyat terpanggil dan tersatukan haluan serta geraknya melalui jejaring sosial digital untuk menentukan jalannya masa depan negara mereka. Penting untuk diketahui pengaruh pandangan tentang politik padapengguna twitter di Indonesia, sebagai Negara dengan pengguna twitter terbanyak. Dengan metode survei yang berpedoman pada teori kultivasi, penelitian ini mencari tahu bagaimana pandangan politik di Indonesia pada pengguna berat dan pengguna ringan.Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada pengguna berat dan pengguna ringan dalam memandang politik di Indonesia. Metode survey online dilakukan terhadap tiga puluh enam responden. Mereka ragu akan masa depan Indonesia yang lebih baik, dan tidak percaya bahwa kasus korupsi akan dapat diselesaikan, bahkan pengguna ringan ternyata lebih negatif dalam memandang realitas politik Indonesia. Kondisi ini tidak terlepas dari fakta bahwa twitter bukan sumber utama berita politik mereka. Sumber informasi utama mereka tetap media konvensional, terutama televisi.


Keywords


Realitas politik, jejaring sosial, teori kultivasi, twitter, media sosial

Full Text:

PDF

References


Comscore Media Metrix. (2011). Diakses tanggal 5 Juli 2011 melalui http://www.comscore. com/Press_Events/Press_Releases/2011/4/The_Netherlands_Ranks_numberone_Worldwide_in_Penetration_for_Twitter_ and_LinkedIn

Kim, J. & Haridakis, P. M. (2009). The role of internet user characteristics and motives in explaining three dimensions of internet addiction. Journal of Computer-Mediated Communication, 14, 988–1015.

McQuail, D. (1996). Teori komunikasi massa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Prastowo, E. (2011). Facebook dan twitter jadi mata amerika. Diakses tanggal 5 Juli 2011 melalui http://politik.kompasiana. com/2011/02/22/facebook-dan-twitter-jadi-mata-amerika/

Shirky, C. (2011). The political power of social media: technology, the public sphere, and political change. Diakses tanggal 5 Juli 2011 melalui http://www.yuswohady.com/ wp-content/uploads/2011/01/The-PoliticalPower-of-Social-Media-Clay-Sirky-ForeignAffairs.pdf




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i1.6027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Kunto Adi Wibowo, Ira Mirawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: