Pengaruh Lima Dimensi Berita pada Media Online Khusus Game terhadap Brand Awareness Produk Nintendo 3DS

Aditya Wibowo, Imansyah Lubis

Abstract


Media online sebagai sarana kebutuhan masyarakat sekarang ini sudah menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan kesadaran akan suatu brand khususnya pada video game. Nintendo sebagai salah satu perusahaan game dunia memiliki produk Nintendo 3DS yang dirilis pada tahun 2011. Dari produk tersebut, banyak media online khusus game yang memberitakan perkembangan produk baik fitur maupun software yang mendukung. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggapan/ respon audience media berita online khusus game tentang produk Nintendo 3DS pada media online khusus game, seberapa besar awareness audience pada produk Nintendo 3DS dan seberapa besar pengaruh media online khusus game terhadap Brand Awareness Nintendo 3DS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen dari berita online yaitu variabel Timeliness, Proximity, Prominence, Consequence, dan Human Interest berpengaruh secara bersama-sama terhadap Brand Awareness sebesar 52,7% dan sisanya sebesar 47,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel bebas lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 


Keywords


Berita online, kesadaran merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A,. (1991). Managing brand equity. New York, NY: The Free Press.

Dominick, J. R. (2011). The dynamics of mass communication 12th edition. New York: McGraw-Hill.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik online. Bandung: Nuansa

Sarwono, J. & Martadiredja, T. (2008). Riset bisnis untuk pengambilan keputusan. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika terapan: teori & aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Aditya Wibowo, Imansyah Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: