Implementasi CSR melalui Program "Kampoeng BNI" oleh PT. BNI (Persero) TBK

Mayang Riyantie

Abstract


Penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang dilaksanakannya Program “Kampoeng BNI” karena  perwujudan misi, kewajiban perusahaan kepada Undang-Undang, sebagai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan membantu ekonomi masyarakat Indonesia. Implementasi Program “Kampoeng BNI” dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama SKC Melawai dan tahap kedua Divisi CCR melaksanakannya dengan tahap penyaluran dana, Pembentukan Program, dan Peresmian. Faktor penentu kemenangan BNI untuk kategori CSR yaitu, kerangka CSR, ikuti panduan dan standar internasional tentang CSR, komunikasikan komitmen CSR, implementasi dan pengukuran program CSR.

Keywords


Impelementasi, CSR, Program, Kampoeng BNI, Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. & Bambang Q-A. (2011). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

ASEAN-BAC. (2012). Diakses dari www.asean-bac.org pada tanggal 1 Februari 2013

BNI. (2012). Sejarah BNI. Diakses dari http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/ sejarah .aspx pada tanggal 1 Februari 2013

___ . (2012). Visi misi. Diakses dari http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/ visimisi .aspx pada tanggal 1 Februari 2013

___ . (2012). Kampoeng BNI. Diakses dari http://www.bni.co.id/TentangKami /CorporateSocialResponsibility/ ProgramKemitraan/KampoengBNI.aspx pada tanggal 18 Februari 2012

Creswell, W. J. (1998). Qualitative inquiry and research design choosing among five tradition. Sage Publications

Hidayat, D. N.(1999). Paradigma dan perkembangan penelitian komunikasi vol III. Jakarta: IKSI dan ROSDA.

Kartini, D. (2009). Corporate social reponsibility, transformasi konsep dan aplikasinya di Indonesia, Jakarta: Grafitipers.

Kasali, R. (2008). Manajemen public relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Morissan, M. A. (2008). Manajemen public relations. Jakarta: Prenada Media Group

Moleong, J. L. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rachman, E. & Wicaksono. (2011). Paduan lengkap perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian PR dan komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susanto, A.B. (2009). Reputation-driven, corporate social responsibility, pendekatan strategic management dalam CSR. Jakarta : Esensi

____________(2010). Kampoeng BNI Tenun Sumatera Selatan: kemitraan membangun negeri melalui industri kreatif. Jakarta: Bank Negara Indonesia

Sukoco, I. (2012). Disertasi. studi kasus pada program kemitraan sebagai salah satu pilar CSR PT Telekomunikasi Indonesia. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Kompas. (2012). Ciptakan lapangan kerja, BNI terbaik se-Asia Tenggara. Diakses dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/11/18/10011399/Ciptakan.Lapangan.Kerja.BNI.Terbaik.se-Asia.Tenggara.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v1i2.6043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Mayang Riyantie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: