Penggunaan Media Massa dan Internet sebagai Sarana Penyampaian Informasi dan Promosi oleh Pengelola Industri Kecil dan Menengah di Bandung

Gumgum Gumilar, Ipit Zulfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media massa dan Internet dipergunakan sebagai sarana penyebarluasan informasi dan promosi oleh pengelola industri kecil dan menengah di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode penelitian kuantitatif, yaitu survei dengan teknik analisis deskriptif. Data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, studi pustaka dan pencarian data di Internet. Sampel diperoleh dengan teknik proporsional random sampling dimana diperoleh ukuran sampel 96. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hanya sebagian kecil pengelola industri kecil dan menengah menggunakan media massa dan Internet. Intensitas penggunaan media massa dan Internet sangat tergantung pada media yang digunakan. Media yang paling sering digunakan oleh pengelola industri kecil dan menengah adalah email. Informasi yang paling dominan disampaikan di media massa dan Internet adalah informasi mengenai produk. Tidak ada cara khusus yang dilakukan oleh pengelola industri kecil dan menengah untuk menentukan media mana yang digunakan untuk menyebarkan informasi dan promosi, mereka lebih banyak bergantung pada promosi dari mulut ke mulut dari konsumen yang pernah menggunakan produknya. Berkaitan dengan biaya, Internet menjadi media alternatif untuk sarana promosi karena biayanya relatif murah dibandingkan dengan media lainnya. Kesimpulannya, pemahaman pengelola usaha kecil dan menengah terhadap fungsi media massa dan Internet untuk menyebarkan informasi dan promosi masih kurang, padahal banyak media, terutama Internet, tidak memerlukan biaya besar dalam penggunaannya.

Keywords


Penggunaan, Media Massa, Internet, Informasi, Promosi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Biagi, S. (2010). Media/Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan. 2012. 30 Sentra Industri Unggulan Kota Bandung. Diakses dari www.sentraindustribandung.com.

Effendy, O. U. (2005). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fikri. (2009). 11 Manfaat Blog: Dari Media Aktualisasi hingga Mendapatkan penghasilan. Dari http://www.zimbio.com/member/ haryantoblog/articles/ 387-9805/ 5+Manfaat+Nyata+Membuat+Blog

Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 2, No. 1, Juni 2014 hlm 85-92

Littlejohn, S. W., Foss. Karen A. (2009). Teori Komunikasi – Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Kriyantono. (2009). Riset Komunikasi. Jakarta; Kencana Persada. McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Y., Putri, Dinita A,. Shita L. (2012). Mametakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia. Laporan Berseri Engaging Media, Empowering Society: Assessing media policy and governance in Indonesia through the lens of citizens’ rights. Diunduh tanggal 9 Juli 2012 dari http:// mediarights.or.id/wp-content/uploads/downloads/2012/06/Pemetaan-Industri-Media_FINAL_v.6.pdf

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v2i1.6054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 Gumgum Gumilar, Ipit Zulfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: