KAMPANYE PRODUK MINUMAN KESEHATAN MELALUI GAMES INTERAKTIF

Rheza Ramadhyan Wicaksana, Atwar Bajari

Abstract


Aplikasi Game adalah model permainan interaktif antara manusia dengan mesin sebagai penyedia menu permainan. Memainkan game membuat orang merasa terhibur dan sekaligus memacu ekspektasi kemenangan. Bagi orang marketing, substansi atau isi permainan game dapat digunakan sebagai media persuasi bagi strategi pemasaran produk. Karakter interaktif game membangun hubungan intens antara iklan dengan calon konsumen. Tujuan penelitian ini mengupas kemampuan game interaktif sebagai media kampanye bagi tujuan pemasaran produk minuman isotonik yang berasal dari Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan terhadap game interaktif yang digunakan di Indonesia (versi Indonesia), di mana pemanfaatan game sebagai media kampanye ini tergolong baru. Sampai saat ini belum ada strategi pemasaran demikian yang dilakukan untuk memasarkan produk di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, game menjadi tools of marketing yang baik dan mendorong pengguna untuk bergerak seiring instruksi pada game. Salah satu parameternya adalah pada saat penelitian dilakukan pada 2014, game sudah didownload oleh sekitar 15.365 pengguna dengan komentar dan opini di media sosial (facebook dan twitter) untuk game iklan ini cukup tinggi.

Keywords


Game, kampanye, komunikasi pemasaran, advergame, kesehatan

Full Text:

PDF

References


Alia, S. S. (2015). Pengguna smartphone di indonesia paling suka unduh game. Diakses dari http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/581994

Cresswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: choosing among five tradition. London: Sage Publication.

Daymon, C. (2002). Riset kualitatif dalam public relations dan marketing communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Devito, J., A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group

Fill, C. (1995). Marketing communication, framework theories, application. London: Prentice Hall.

Kartajaya, H. (2005). Marketing yourself:kiat sukses meniti karir dan bisnis. Jakarta: MarkPlus&Co.

Klingemann, H. D. & Rommele, A. (2002). Public information campaigns and opinion research: a handbook for the student and practitioner. London: Sage Publications.

Mulyadi, I. (2012). Gaming your market. Jakarta: Publishing One.

Pfau, M., & Parrot, R. (1993). Persuasive communication campaigns. London: Pearson.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi pemasaran, strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2002). Kiat & strategi kampanye public relations. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Smith, B. & Pulford. (1999). Marketing communication strategy. NewYork: Sage.

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trisno, R. (2013). Pengenalan viral marketing. Diakses dari http://www.viral.web.id/artikel/pengenalan-viral-marketing-beberapa kutipan.htm

Venus, A. (2005). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

WebFinance. (2015). Advergame. Diakses dari http://www.businessdictionary.com/definition/ advergame.html#ixzz3QYmdQmvz

Windahl, S., Signitizer, B. H. & Olson, J. T. (2006). Using communication theory: an introduction to planned communication. London: Sage Publications.

Yin, K. R. (2006). Studi kasus, desain dan metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pocari Sweat. (2013). Diakses dari http://www.pocarisweat.co.id/gosweatgoion/ 25/10/2014




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v3i1.7397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Rheza Ramadhyan Wicaksana, Atwar Bajari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: