KOMUNIKASI TERAPEUTIK ORANG TUA DENGAN ANAK FOBIA SPESIFIK

Rachmaniar Niar

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami kesadaran orang tua terhadap masalah anak-anak dengan fobia spesifik, meneliti bagaimana orang tua mengidentifikasi fobia spesifik, memahami tahapan metode yang digunakan untuk mengatasi orang tua anak yang fobia spesifik, dan menjelaskan alasan orang tua menggunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengatasi fobia spesifik anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Objek penelitian ini adalah komunikasi terapeutik orang tua. Subyek penelitian adalah lima anak dari orang tua yang memiliki fobia spesifik sebagai sumber informasi utama, yaitu, ibu dari anak-anak fobia spesifik; anak-anak dan kerabat sebagai sumber pendukung informasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tiga model komunikasi terapeutik orang tua dengan anak fobia spesifik: model pengalaman perwakilan, model pengalaman nyata, dan bermain model pengalaman.

Keywords


Komunikasi terapeutik, orang tua, anak, fobia spesifik

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E., Komala, L. dan Karlinah, S. (2007). Komunikasi massa suatu pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E., Q-Anees, & Bambang. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bener, A., Ghuloum S., & Dafeeah, E. E. (2011). Prevalence of common phobias and their socio-demographic correlates in children and adolescents in a traditional developing society. African Journal of Psychiatry, 14, 140-145

Benner, D.G.(ed) & Hill, P.C.(ed) (1999). Baker encyclopedia of psychology and counseling. Michigan: Baker Academic.

Creswell, J. W. (1997). Qualitative inquiry and research design: choosing among five traditions. California: Sage Publications, Inc.

Denzim, N. K., Lincoln. (1994). Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publication, Inc.

Duvall, & Evelyn M. (1977). Marriage and Family Development. New York: J.B. Lippincott Company Philadelpia.

Effendy, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Effendy, O. U. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Rosdakarya.

Friedman, M. M. (1998). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik. Jakarta: EGC.

Ginsburg, G.S. & Walkup, J.T. (2004). Phobic and anxiety disorders in children and adolescents. Dalam Ollendick, T.H. & March, J.S. “Specific phobia”. New York: Oxford University Press.

Griffin, E. A. (2003). A first look at communication theory. 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Hawari, D. (2007). Pendekatan holistik pada gangguan jiwa, Skizofrenia. Jakarta: FKUI

Kam. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3 – Cetakan 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & Grebb, J. A. (2002). Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Psiatri Klinis. Jakarta: Binarupa Aksara.

Kartono, K. (2000). Hygiene mental. Bandung: Mandar Maju.

Lichtenstein, P., & Annas, P. (2000). Heritability and prevalence of specific fears and phobias in childhood. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 41, 927-937

Littlejohn, S. W. & Karen, A. F. (2009). Teori Komunikasi Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Mahendratto, B. (2007). Cara orang tua mengatasi anak saat mogok sekolah. Jakarta: Grasindo.

Maramis, W. F. (1994). Catatan ilmu kedokteran jiwa. Surabaya: Airlangga University Press

Moleong, L. J. (1999). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. & Solatun. (2007). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, I. (2005). Dasar-dasar komunikasi bagi perawat. Yogyakarta: Moco Medika.

Purwanto, H. (1994). Komunikasi untuk perawat. Jakarta: EGC.

Rafy, Y. A. (2004). Kamus ungkapan psikologi. Jakarta: Restu Agung.

Rakhmat, J. (1998). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sondang, E. (2010) Menghapus fobia. Diakses dari http://m.tabloidnova.com/layout/set/ print/Nova/Keluarga/Anak/MenghapusFobia

Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suryani. (2005). Komunikasi terapeutik: teori dan praktik. Jakarta: EGC.

Titisan, M. (2011). Metode maternal reflektif dalam komunikasi terapeutik (studi kasus komunikasi terapeutik pada anak tunarungu di SLB-B). FISIPOL (Ilmu Komunikasi), Vol 7, No 6 Ward, Ivan. 2003. Fobia.Yogyakarta: Pohon Sukma.

West, R., Lynn, H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Buku 1 edisi ke-3. Terjemahan. Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

Yihun, A., Anand, P., & Abebe, F. (2011). Psychological intervention of murophobia. Internet Journal of Medical Update, 6(2), 61-64.




DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v3i2.7400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Rachmaniar Niar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kajian Komunikasi Indexed by:

 

Editorial Office of Jurnal Kajian Komunikasi:

Faculty of Communication ScienceUniversitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Indonesia
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
E-mail: jurnal.kajian.komunikasi@unpad.ac.id


 site
stats View My Stats

Jurnal Kajian Komunikasi Supervised by: